Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
391


Tangis Nana pecah saat mendapati kabar kalau ayahnya mengalami sebuah kecelakaan. Nana adalah seorang ibu muda dengan seorang anak yang sebentar lagi memasuki bangku sekolah dasar. Menurut dokter, Ayah Nana mengalami cedera yang cukup serius, sehingga kalaupun ia bisa pulih, ia tidak akan bisa kembali menjalani kehidupannya dengan normal.

Otomatis, sebagai anak paling tua, Nana harus mengurusi ayahnya, baik mulai urusan dapur sampai keuangan. Bersama dengan adiknya, Nana bergantian mengurusi kebutuhan ayahnya. Nana, di lain sisi, harus mengurusi dua rumah. Orang tuanya dan keluarga kecilnya sendiri.

Ia menjalani sehari-harinya sebagai seorang ibu rumah tangga. Hal ini, kalau tidak diatasi dengan baik, tentu saja bisa melukai kehidupan pernikahannya. Cerita Nana ini ternyata nggak asing lagi buat masyarakat Indonesia.

Generasi ini, disebut sebagai generasi sandwich, yang menggambarkan kondisi terhimpit dari urusan kebutuhan, khususnya dalam hal keuangan bagi kehidupan pernikahannya, juga kehidupan orang tuanya.

Lantas, bagaimana cara yang tepat agar kondisi ini tidak menyakiti kehidupan pernikahan kita?

1. Tentukan batasan yang jelas

Jelas terhadap apa yang bisa kita lakukan dan tidak bisa lakukan akan sangat membantu hubungan kita baik dengan keluarga kecil kita maupun orang tua. Komunikasikan tentang hal ini baik kepada orang tua maupun pasangan.

Tujuan untuk menciptakan batasan ini bukan untuk menjadikan kehidupan kita jadi lebih nyaman dan mudah, tetapi membuat kita jadi punya waktu luang untuk mendekatkan hubungan dengan Tuhan dan melakukan apa yang Tuhan kehendaki dalam kehidupan kita.

Di lain sisi, kita harus bisa jadi lebih kompak dengan pasangan. Setelah menikah permasalahan ini harus diselesaikan bersama-sama. Kita juga bisa memulainya dengan menjelaskan pada pasangan tentang apa yang kita butuhkan, misalnya meminta bantuannya untuk mengasuh anak-anak saat kita harus membantu orang tua. Kekompakan kita sebagai pasangan suami istri sangatlah diperlukan untuk bisa keluar dari permasalahan ini.

2. Berikan pengampunan dan berkat bagi orang tua

Mungkin ada perasaan dimana kita merasakan kalau kondisi ini tidak adil. Kita jadi mulai menyalahkan orang tua kita atas kondisi ini. Bisa juga kita masih menyalahkan orang tua atas sesuatu hal di masa lalu. Untuk bisa membantu dengan tulus, kita harus belajar melepaskan pengampunan tersebut buat orang tua kita.

Selanjutnya, fokuskan diri untuk menjadi berkat bagi orang tua kita. Kita telah menerima segala kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita. Kini, bukankah sudah seharusnya menjadi sebuah kerinduan untuk melayani dan mengasihi orang tua sebagaimana Tuhan telah mengasihi kita?

3. Mencari tubuh Kristus

Setiap manusia pasti punya limitnya. Ketika kita merasa nggak lagi sanggup dalam mengatasi permasalahan ini, selain mengadu kepada Tuhan, tubuh Kristus atau gereja juga bisa menjadi tempat pemulihan kita.

Lewat tubuh Kristus, pemikiran kita akan jadi lebih terbuka mengenai kewajiban kita sebagai pasangan sekaligus anak. Tubuh Kristus, maksudnya adalah saudara-saudara seiman yang dapat mengangkat kita saat terjatuh, memberi kita pakaian saat pakaian kita compang camping, juga memberikan dukungan saat kita lelah dengan keadaan yang sedang dihadapi.

Kita harus mengizinkan diri kita ini mendapat dukungan lewat komunitas tubuh Kristus atau gereja ini. Kalau pun nantinya kita tidak bisa menemukan komunitas yang tepat, ingatkan pada diri kita kalau Kristus tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian.

Tuhan nggak akan pernah mengecewakan kita sebagai anakNya. Apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita ini, Tuhan adalah sumber kekuatan bagi kita. Sebab, di luar Kristus, kita tidak akan bisa berbuat apa-apa (Yohanes 15:5).

Dalam kedagingan, mungkin kita sering mengalami kegagalan. Namun, bersama dengan Roh Tuhan yang hidup di dalam kita, maka kita akan jadi lebih bersukacita dan mengasihi keluarga sekaligus memelihara kehidupan pernikahan kita.

Sumber : crosswalk

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us