Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
160


Penulis senior Dr. Shu Qin Wei dari Universitas Montreal, Kanada menyampaikan hasil penelitian terbaru bahwa mengkonsumsi vitamin D selama kehamilan terbukti bisa menurunkan risiko kematian pada janin atau neonates, kelainan bawaan dan penyakit cacat lainnya. Vitamin D juga bermandfaat untuk mengurangi risiko janin tidak berkembang di selama usia kehamilan dan bahkan mampu meningkatkan kalsium dan pertumbuhan janin selama 12 bulan pertama perkembangannya.

“Selain itu, kami menemukan kalau dosis rendah suplemen vitamin D (sekitar 2000 International Units (IU) sehari) mengurangi risiko kematian janin atau neonatal dan bayi menjadi kecil selama usia kehamilan, tapi dosis yang lebih tinggi (lebih dari 2000 IU sehari) tidak mengurangi risiko kematian perinatal dan ukuran bayi menjadi kecil selama kehamilan,” terang Wei.

Dalam hasil penelitian yang mereka buat, ditemukan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin D selama kehamilan cenderung memiliki bayi yang bongsor atau memenuhi berat badan proporsional. Selain itu ditemukan juga bahwa vitamin D menurunkan risiko kematian janin di dalam rahim.

Baca Juga :

Operasi Caesar, Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melahirkan dengan Cara Ini?

Supaya Anakmu Terlahir Cerdas, Ibu Hamil Perlu Penuhi 5 Asupan Nutrisi Ini...

Tapi sebagai catatan, suplemen ini hanya akan bekerja dengan baik jika ibu hamil mengkonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan yaitu sebanyak lebih kurang 2000 IU setiap hari. Kadar vitamin D ini dinilai pas untuk meningkatkan berat badan bayi sebesar 55% dan menurunkan kemungkinan janin meninggal dunia sebesar 65%.

Kenapa vitamin D penting dalam pertumbuhan janin?

Salah satu alasan utama kenapa vitamin D penting adalah karena kekurangan nutrisi ini selama kehamilan hanya akan memperlambat pertumbuhan janin di dalam rahim. Vitamin D berkontribusi dalam berbagai proses selama perkembangan janin termasuk pertumbuhan tulang, fungsi otot dan akumulasi lemak sehat serta fungsi jantung, perkembangan saraf dan respon imun.

Meskipun sangat penting, tapi mengkonsumsi vitamin D dalam dosis yang terlalu banyak sama berisikonya dengan kekurangan vitamin ini. Terlalu banyak mengkonsumsi suplemen ini hanya akan menyebabkan akumulasi kalsium yang berbahaya dalam jaringan lunak seperti jantung dan ginjal.

Hasil studi ini telah teruji setelah para peneliti melakukan survei kepada sebanyak 5404 ibu hamil dari 24 uji klinis. Meskipun ada beberapa kasus dimana ibu hamil yang tak mengkonsumsi vitamin D tetap melahirkan bayi yang sehat. Namun hasil ini bisa menjadi catatan bagi ibu hamil tentang manfaat mengkonsumsi vitamin D.

“Kami tahu bahwa suplemen vitamin D mencegah perkembangan rakhitis, yang merupakan gangguan tulang yang mengakibatkan tulang lemah dan peningkatan risiko patah tulang. Tapi kami tidak tahu apakah meningkatkan suplemen ini memiliki efek pada pertumbuhan intrauterine atau postnatal pada anak usia dini,” kata Dr. Bo Chawes, penulis penelitian dari Universitas Kopenhagen di Denmark.

Tapi Dr. Chawes menegaskan bahwa manfaat vitamin D sangat baik untuk mendukung perkembangan janin selama kehamilan dan mampu mengurangi risiko bayi lahir dengan kurangnya berat badan dan kematian pra-persalinan.

Nah, supaya kamu lebih yakin dengan manfaat vitamin D ini kamu bisa mencari tahu lebih dulu kepada dokter kandungan terpercaya. Dengan itu, para ibu-ibu hamil akan jauh lebih aman untuk mencoba mengkonsumsinya selama proses kehamilan.

Sumber : Charismamag.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

advertise with us