Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
773


Selama kehamilan, makanan yang dikonsumsi ibu sangat berdampak pada pertumbuhan fisik janin. Selain itu, sebuah studi baru juga menyampaikan kalau jenis makanan yang dimakan ibu sangat mempengaruhi kecerdasan bayi nantinya.

Bukan cuma makanan tapi semua hal yang dilakukan ibu selama masa kehamilan juga sangat mendukung pertumbuhan bayi, termasuk melakukan latihan fisik, mengkonsumsi nutrisi dari makanan sehat dan sebagainya.

Baca Juga : Ini Lho Manfaat Dari Babymoon Untuk Ibu Hamil

Supaya anakmu terlahir cerdas, perlu sekali bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi ini:

1. Omega 3

Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 sangat membantu dalam produksi neuron. Neuron adalah sistem saraf yang menghubungkan otak dengan bagian tubuh lainnya dan memudahkan transfer pesan melalui impuls listrik.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memenuhi sebanyak 300 gram DHA Omega 3 setiap harinya, terutama selama trisemester ketiga ketika otak janin terbentuk sempurna. Asam lemak Omega 3 ini bisa didapatkan dari makanan seperti telur, tahu, biji rami, kacang-kacangan, bayam dan sayuran hijau dan daging merah.

2. Vitamin A, B, C dan K

Vitamin A, B, C dan K serta antioksidan sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan pada otak janin. Karena itulah ibu hamil perlu mengkonsumsi buah-buahan bervitamin serta sayuran yang mengandung nutrisi tinggi.

Beberapa buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan diantaranya adalah sayuran hijau, tomat, pepaya, blackberry, blueberry, jeruk, kangkung dan lain sebagainya. Sementara kopi juga bisa jadi sumber antioksidan jika dikonsumsi dengan takaran yang pas.

Selain itu, ibu hamil juga sangat disarankan untuk memakan buah dan sayuran organik. Karena zat kimia yang banyak terdapat dalam makanan non-organik hanya akan menyebabkan kerusakan otak dan menghambat perkembangan janin.

Baca Juga : Tren Baby Shower Mulai Marak, Emang Perlu Ya Ibu Hamil Ngerayain Acara Ini?

3. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi pendukung pengembangan sel baru dan mengatur keseimbangan hormon. Kedua hal ini harus terpenuhi dalam makanan ibu hamil. Karena protein makanan yang mengandung asam amino berguna untuk membangun sel tubuh janin, termasuk pembentukan otak yang sempurna.

Sangat dianjurkan untuk memenuhi makanan berprotein tinggi selama trisemester kedua dan ketiga. Beberapa makanan yang kaya protein bisa diambil dari keju cottage, yogurt, putih telur, kacang-kacangan, daging sapi tanpa lemak, dan protein whey. Setidaknya harus memenuhi sebesar 10 gram protein setiap hari.

4. Zat Besi

Zat besi sangat penting bagi ibu hamil karena nutrisi ini berguna untuk meningkatkan produksi oksigen ke seluruh tubuh, termasuk janin.

Kekurangan zat besi dalam tubuh hanya akan menghambat pertumbuhan bayi yang sehat serta bisa mempengaruhi pertumbuhan IQ-nya. Itu sebabnya ibu hamil harus selalu memastikan jumlah zat besi di dalam tubuhnya sudah memenuhi.

Untuk mendapatkan asupan zat besi, ibu hamil bisa mengkonsumsi beberapa makanan ini seperti saging sapi tanpa lemak, kacang polong, ayam, kacang-kacangan dan sereal, tahu, hati, buah kering (seperti kismis), apricot, biji-bijian (seperti gandum dan beras merah) serta telur.

5. Vitamin D

Vitamin D adalah komponen penting yang berguna untuk pembentukan tulang yang kuat serta pembentukan sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, ibu-ibu hamil disarankan untuk memenuhi asupan vitamin D.

Sinar matahari adalah salah satu sumber dari vitamin D terbesar. Hanya dengan berjemur atau berjalan-jalan kecil di bawah matahari pagi akan sangat baik untuk pertumbuhan tulang janin. Hal ini juga bisa diterapkan saat bayi sudah lahir. Dengan menyinarinya di bawah paparan sinar matahari akan mencegah timbulnya penyakit kuning.

Tapi selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk memenuhi Vitamin D dari makanan-makanan seperti jus jeruk, telur, salmon atau ikan berlemak, susu dan sereal.

Jadi supaya anakmu kelak terlahir cerdas, semua jenis nutrisi di atas perlu kamu penuhi selama masa kehamilan. Selain itu, kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan berbagai latihan fisik yang bisa memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Selalu lakukan kontrol ke dokter kandunganmu guna mengetahui perkembangan janinmu. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sifra gracia 18 October 2018 - 17:48:37

Apa yang harus dilakukan gereja dalam memghadapi t.. more..

0 Answer

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

Konselor