Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
249


Hidup ini benar-benar penuh dengan sebuah proses yang sangat menarik. Dan masa ke masa anak-anak kita pun mengalami proses yang berbeda, dan tingkah laku yang mulai berbeda.

Hal itu tentunya tergantung pada komunitas dan teman-teman mereka.

Saya tahu mempersiapkan anak-anak remaja  untuk jadi seperti anak panah di tangan pahlawan (Mazmur 127:4) itu nggak mudah.

Nah, untuk membantu pertumbuhannya baik di masa remaja sekarang ini, persiapkanlah anak-anak kamu dengan membicarakan beberapa hal dibawah ini :

1 Bicaralah kepadanya bahwa dia mampu

Bicaralah dengan anak remaja kamu bahwa mereka mampu melakukan banyak hal untuk diri mereka sendiri. Mereka sudah remaja dan sudah besar.

Sebentar lagi dia nggak akan dirumah lagi, itu sebabnya pada masa remajanya ini kamu harus latih dia terus menerus untuk mandiri sebelum dewasa dan keluar dari rumah untuk kuliah, bekerja atau berkeluarga.

Misalnya, ajarkan dia gimana menyiapkan makanan yang sehat untuk dirinya sendiri, mengatur janji ke dokter untuk periksa kesehatan rutin, membersihkan saluran yang tersumbat, belajar naik mobil dan lain sebagainya.

Bayangkan saja dia bertambah besar dan berusia 18 tahun dan pergi ke sebuah kota atau negara dan jauh darimu, lalu dia nggak tahu bagaimana mencuci pakaian dengan mesin cuci.

Daripada bersenang-senang di masa remajanya, ajarlah dia sesuatu yang membuatnya mengerti bahwa dia memiliki kemampuan untuk mandiri!

2. Bicaralah kepadanya gimana itu menjadi orang yang percaya diri

Remaja yang percaya diri tentunya menetapkan sebuah tujuan.

Salah satu cara untuk membantu anak remaja kamu membangun kepercayaan diri mereka adalah dengan berbicara mengenai bagaimana membuat dan mencapai sebuah tujuan.

ARTIKEL TERKAIT : Sulit, Mereka Butuh Kamu Untuk Mendukungnya. Topang Doalah Orangtuamu Dengan 3 Topik Ini!

Sasaran yang mungkin bisa dia lakukan adalah pekerjaan sekolah, tugas-tugas, atau latihan olahraga.

Bicara tentang mencapai sasarannya pada tenggang waktu tertentu, karena apa yang ia kerjakan sekarang ini sangat terkait dengan dimana dia akan berada di masa depan.

Diskusikanlah kepadanya mengenai sasaran yang akan diambil dan langkah-langkah yang harus dilakukannya untuk kemajuannya.

Setelah itu rayakanlah kesuksesan dan kemajuannya itu karena itu bisa membantunya untuk bertanggung jawab terhadap sasaran yang ingin dia capai.

Keyakinan anak bisa bertumbuh dari sebuah tujuan yang sudah tercapai dan itu tentunya membangun kepercayaan dirinya.

3. Bicaralah kepadanya agar dia nggak takut sebab dia bisa menghadapi semua ini

Ada begitu banyak anak remaja yang takut membuat sebuah kesalahan dan merasa gagal. Dan perasaan itu kerap sekali membuat mereka takut mencoba hal-hal baru dan menghalanginya mencapai potensi terbesarnya.

So, kapanpun kamu bisa bicara dengan anak kamu, bicaralah bahwa mereka jangan takut akan sebuah kegagalan, sebab Tuhan memberikan mereka roh yang membangkitkan kekuatan kasih dan ketertiban (2 Timotius 1:7)).

Juga doronglah dia untuk menjadi otentik dan memiliki integritas. Karena hal itu akan membantu anak remaja kamu menjadi nggak takut tapi berpegang pada apa yang dia tahu benar.

Nah itulah 3 hal yang mungkin bisa kamu perbincangkan dengan anak remaja kamu dan didiklah mereka dengan jiwa yang kuat dan takut akan Tuhan. Mulai juga dari dirimu sendiri ya mom and dad!

 

Sumber : crosswalk | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

Konselor