Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
655


Setiap orang pasti pernah tergoda oleh sesuatu yang negatif. Misalnya, amarah, mencuri, atau godaan untuk melakukan dosa lainnya. Padahal, kita sudah rajin baca Alkitab, rajin ikut persekutuan, tetapi, iblis memang selalu punya cara agar kita sebagai anakNya ini gentar dan goyah terhadap godaan yang negatif.

Berikut ini adalah beberapa ayat yang bisa bikin kita kuat saat menghadapi godaan negatif yang menghadang.

1.  Tangkal dengan saat teduh di pagi hari

"Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri,  karena ia diseret dan dipikat olehnya. Apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut." (Yakobus 1:13-15)

Nggak ada cara yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mengambil waktu untuk berdoa agar terlepas dari berbagai godaan iblis. Lewat ayat di atas, kita menyadari kalau nggak ada hal yang nggak mungkin sebab kita punya Tuhan yang jadi sumber kekuatan. Hal ini termasuk juga menangkal godaan yang sering hadir dalam kehidupan kita.

2. Memahami tentang godaan lewat firman Tuhan

"Lalu pergilah Yesus ke luar kota dan sebagaimana biasa Ia menuju Bukit Zaitun. Murid-muridNya juga mengikuti Dia. Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: "Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."" (Lukas 23:39-40)

Isi Alkitab penuh dengan kisah ketidaksempurnaan manusia. Kita sering digodai dan jatuh dalam pencobaan, dan bagi mereka yang tidak bisa menahannya, maka akan jatuh ke dalam dosa. Ada banyak kisah yang bisa kita jadikan sebagai bahan perenungan.

Salah satunya adalah kisah Adam dan Hawa yang nggak bisa menahan godaan si iblis untuk memakan buah dari pohon pengetahuan. Mempelajari kisah-kisah seperti ini dapat membuat kita lebih hati-hati dan menghindari untuk melakukan kesalahan yang sama.

Melalui ayat di atas, Yesus mengajarkan bahwa salah satu cara menghindari godaaan adalah dengan berdoa. Karena saat kita merendahkan diri kita di hadapan Tuhan dan memohon perlindungan-Nya, maka tangan Tuhan akan membimbing dan melindungi kita.

Baca juga: Wow! Memberi Perhatian Lebih Bisa Kembalikan Kedekatan Hubungan, Kenali Caranya Ini

3. Bertanya pada orang lain

"Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.." (Matius 6:13)

Meskipun terdengar memalukan dan sulit, salah satu cara untuk menghindari godaan adalah dengan datang pada seseorang yang telah menghadapi perjuangan serupa. Kehidupan kita sebagai anak Tuhan adalah tentang membangun hubungan yang baik dalam komunitas.

Datang pada teman satu komunitas di gereja dan bertanya mengenai masalah yang kita hadapi bisa menjadi bekal buat kita dalam menghadapi godaan dan pencobaan. Menghindari godaan dan pencobaan itu tidak mudah, tetapi dalam Tuhan, tidak ada yang mustahil.

Tuhan telah memberikan orang-orang yang baik di sekitar kita. Bersikap jujur dan terbuka akan pencobaan atau godaan yang kita alami bisa menjadi kunci agar kita terlepas darinya. Luangkanlah waktu untuk berbicara dan mencari jawaban yang tepat untuk menanggapi pencobaan dan godaan yang kita alami.

Sebagai pribadi yang tinggal dalam Tuhan, seharusnya kita tidak perlu lagi khawatir dengan pencobaan dan godaan yang datang pada kita. Sebab, kita selalu mengetahui bahwa Tuhan akan selalu ada dan berjalan bersama-sama dengan kita. 

Sumber : pureflix

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

Konselor