Saat Ibu Minum Kopi Sembari Menyusui, Baikkah Bagi Bayi?
Sumber: MomJunction

Health / 26 September 2018

Kalangan Sendiri

Saat Ibu Minum Kopi Sembari Menyusui, Baikkah Bagi Bayi?

Lori Official Writer
1876

Menyusui bisa jadi aktivitas yang melelahkan, terutama saat di awal-awal kelahiran dimana bayi harus terbangun karena kehausan.

Rasa ngantuk selama masa menyusui sudah pasti akan menyerang setiap ibu-ibu. Dan meneguk secangkir kopi di pagi hari bisa jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Tapi benarkah ibu menyusui bisa minum kopi? Sementara kita tahu kopi mengandung zat kafein yang tinggi dan dikuatirkan akan berdampak pada produksi asi.

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari menyimak penjelasan di bawah ini.

Kopi dan menyusui

Banyak ibu menyusui yang dilarang untuk tidak mengkonsumsi kafein selama masa kehamilan karena kandungan kafein bisa merusak plasenta dan menghambat pertumbuhan janin. Tapi dalam kasus menyusui, minum kafein kemungkinan kecil bisa mempengaruhi anak.

Saat seorang ibu menyusui meminum kopi, tubuh akan lebih dulu memproses sebagian besar kandungan kafein sebelum mencapai asi.

Baca Juga :

Pantangan Ibu Menyusui

Wow,Ternyata Kopi Bermanfaat Bagi Kesehatan Reproduksi!

Risiko minum kopi saat menyusui

Seorang ahli Medis dan Ibu Menyusui, Dr. Thomas Hale menyampaikan bahwa hanya terdapat 1 persen kafein yang akan masuk ke dalam asi setelah seorang ibu mengkonsumsi secangkir kopi. Dengan jumlah kafein ini, sangat dipastikan tidak akan membahayakan bayi.

Pendapat ini juga didukung oleh hasil studi tahun 2012 dengan melibatkan 885 bayi di Brasil. Studi ini menemukan bahwa tak ada dampak siginifikan yang dialami bayi yang disusui oleh ibu yang mengkonsumsi kafein.

Senada dengan itu, sebuah penelitian di Korea juga tidak menemukan risiko serius minum kopi dengan menyusui, terutama saat ibu mengkonsumsi beberapa cangkir kopi dalam sehari.

Meski begitu, supaya hal ini tak menimbulkan kecemasan kepada setiap ibu. Akan lebih baik bagi ibu menyusui untuk tetap memperhatikan jumlah asupan kafein yang dikonsumsi setiap hari. Sangat disarankan untuk hanya mengkonsumsi 300 miligram (mg) per hari atau sekitar 2-3 cangkir kopi saja.

Walaupun studi di atas memastikan mengkonsumsi kafein lebih dari jumlah tersebut tidak akan membahayakan bayi, namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tetap menghimbau supaya para ibu mengkonsumsi kafein tidak lebih dari 10 cangkir sehari. Karena efek dari kandungan kafein yang masuk ke dalam asi bisa menyebabkan bayi rewel dan merasa gelisah.

Nah, supaya lebih aman lagi akan lebih baik bagi ibu untuk menyusui anak lebih dulu sebelum minum kopi. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami