Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
651


Melibatkan anak dalam pelayanan di gereja memang hal yang sangat baik. Misalnya, ikut dalam pelayanan musik, set up dan visual atau tim usher juga oke.

Tapi rata-rata orangtua dan gereja tidak melakukan hal itu dan cenderung melibatkan orang dewasa dalam pelayanan mingguannya. Mendorong anak-anak ikut terlibat dalam pelayanan di gereja penting sekali untuk mendorong mereka bertumbuh secara rohani di masa dewasanya. Dan hal inilah yang melatarbelakangi orangtua melibatkan anak ikut dalam pelayanan gereja sedini mungkin atau kira-kira di usia beranjak 9 tahun.

Tuhan sendiri senang saat anak-anak terlibat aktif dalam pelayananNya. Dia mau supaya setiap orangtua mempersiapkan anak-anak mereka sejak dini untuk melayani Dia. Ingat sebagaimana dilakukan oleh Hana terhadap Samuel anaknya. Sejak usia yang sangat muda, Samuel sudah diserahkan kepada Tuhan untuk menjadi hambaNya.

“Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.” (1 Petrus 4: 10)

Baca Juga :

Bangun Mezbah Pujian Keluarga Itu Baik Buat Anak Loh!

Bikin Terenyuh! Ayah Ini Kejutkan Putri Kecilnya yang Sakit Leukimia dengan Tarian

Setiap orang dipersiapkan oleh Tuhan untuk melayani sesama. Dan hal ini bisa dimulai dari gereja (Galatia 5: 13-14).

Anak-anak kita adalah penerima anugerah dan karunia Tuhan. Mari bantu mereka menemukan cara untuk terkoneksi dengan orang lain dan memberi kesempatan kepada mereka untuk melayani.

Sebagai orangtua, doronglah anak-anakmu terlibat dalam pelayanan di gereja dengan cara ini:

  • Mulailah dengan mengajarkan anak tentang apa itu pelayanan. Saat sekolah minggu orangtua bisa mengingatkan anak untuk rendah hati mau menolong temannya yang membutuhkan bantuan.
  • Berdoalah bersama sebagai keluarga dan libatkan anak untuk turut ambil bagian dalam doa.
  • Minta anak untuk ikut membantu saat kalian sedang tugas pelayanan di gereja. Kalau kamu sedang minum the di pagi hari, minta mereka untuk membuatnya sendiri. Atau saat kamu sedang menyambut tamu, minta anak untuk mengambil alih pekerjaanmu.
  • Ambil waktu khusus untuk mengajarkan anak soal pelayanan gereja. Ajarkan bahwa terlibat dalam pelayanan gereja bukan hanya mengemban tugas-tugas besar seperti menjadi bagian dari tim musik, tim media atau tim besar lainnya. Tapi melayani juga bisa dengan melakukan hal-hal yang sederhana seperti membantu membersihkan ruang gereja, membereskan mainan yang berantakan di ruang sekoalh minggu atau ikut membagikan konsumsi kepada jemaat gereja.

Tentunya masih banyak cara lain yang bisa orangtua lakukan untuk mendorong anak-anak tertarik melayani. Saat mereka sudah menikmati pelayanan ini dan mulai bertumbuh dewasa secara jasmani dan rohani, orangtua pun akan lebih mudah mengarahkan anak untuk memilih pelayanan spesifik yang benar-benar sesuai dengan minat mereka.

Apapun jenis pelayanan yang anak-anak kita lakukan, tentunya akan menyenangkan hati Tuhan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

Konselor