Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
185


Lagi batuk yang disertai sesak napas? Kondisi ini mungkin menadakan gejala batuk popcorn. Apa itu batuk popcorn?

Secara medis batuk ini disebut juga dengan bronchiolitis obliterans. Kondisi ini merusak saluran udara kecil paru-paru sehingga menyebabkan penderita merasa sesak napas dan batuk semakin lama semakin bertambah parah. Batuk jenis ini juga kadang disebabkan karena menghirup zat kimia yang digunakan untuk membumbui popcorn saat dimasak di microwave.

Tapi faktor lain juga bisa menyebabkan batuk ini terjadi ketika menghirup zat kimia acetaldehyde yang terkandung dalam rokok elektrik dan ganja. Zat kimia ini bisa merusak lapisan mulut, tenggorokan dan perut. Selain itu bahan kimia lainnya yang bisa menyebabkan batuk popcorn adalah sulfur dioksida, formadehida, asap oksida logam, klorin, asam hidroklorat, belerang mustar, amonia dan nitrogen oksida. Penyakit seperti pneumonia atau bronchitis serta rheumatoid arthritis juga bisa jadi penyebabnya.

Dalam kondisi normal, biasanya darah mengambil oksigen dari paru-paru. Saat napas ditarik, udara akan mengalir ke paru-paru melalui batang tenggorokan. Pipa tenggorokan terbagi menjadi bronkus menuju paru-paru kanan dan kiri. Tabung-tabung kemudian berpisah lagi, tabung terkecil itu disebut bronchioles. Bronkiolus ini berakhir di alveoli. Oksigen diambil oleh darah di alveoli.

Baca Juga :

Batuk Berat? Coba 5 Obat Batuk Racikan Rumahan Ini

Yuk Cek Apakah Jenis Batukmu Pertanda Alami 4 Penyakit Ini…

Tapi saat mengalami batuk popcorn, saluran udara yang paling kecil akan meradang dan iritasi. Bekas lukanya akan menyebabkan penyempitan. Hal inilah yang menyebabkan penderita sesak napas.

Batuk Popcorn berisiko kematian

Untuk kasus medis transplantasi paru-paru, batuk popcorn biasanya akan mengindikasikan terjadinya penolakan terhadap organ baru. Karenanya banyak penderita yang menjalani transplantasi paru-paru berujung pada kematian.

Karena risiko batuk ini cukup berbahaya, sangat dianjurkan untuk bisa mengenali gejalanya lebih awal dan melakukan pencegahan sedini mungkin.

Beberapa gejala umum dari penyakit ini diantaranya:

- Sesak napas

- Batuk kering

- Gejalanya bisa muncul setelah dua minggu sampai dua bulan

- Batuk setelah melakukan beberapa aktivitas berat atau olahraga

- Mudah merasa lelah

Jika mengalami gejala-gejala ini, segeralah melakukan CT Scan dada. Gambaran lengkap untuk mengetahui kondisi paru-paru adalah setelah melakukan beberapa kali sinar-x. Selain itu, dokter juga harus memastikan kondisi paru-paru.

Atau kamu bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan diantaranya:

• Jika teridentifikasi bahwa penyebab paru-paru popcorn bernafas dalam bahan kimia berbahaya atau beracun, maka perlu memastikan untuk tetap jauh dari gas beracun ini dengan segala cara. Kenakan alat pelindung saat bekerja di lingkungan yang terpapar zat beracun. Sangat disarankan jika perlu tinggalkan pekerjaan tersebut.

• Obati peradangan di saluran udara dengan menggunakan steroid atau antibiotik.

• Bronchioles dapat dicegah dari kerusakan permanen dengan menggunakan obat yang berfungsi untuk memperlambat sistem kekebalan tubuh.

• Jika batuk tidak tertahankan, mintalah resep khusus dari dokter untuk meredakannya. Oksigen diberikan pada kasus-kasus berat ketika bernapas menjadi sangat sulit.

Semoga informasi ini berguna dan mengingatkan kita semua untuk selalu menjaga kesehatan ya. Tetaplah aware dengan lingkungan dimana kamu berada!

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7272

advertise with us