Lori

Official Writer
7128


Iklim yang tidak menentu seperti yang terjadi didua bulan belakangan ini menimbulkan penyebaran virus dan bakteri. Virus dan bakteri ini kemudian masuk lewat saluran pernapasan dan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Akibatnya, batuk, flu dan pilek pun muncul dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Obat menjadi pilihan utama yang perlu dikonsumsi untuk meredakan serangannya. Bagi Anda yang mungkin tidak suka dengan obat-obatan medis, tidak berarti tidak bisa mencoba obat-obatan tardisional yang bisa Anda racik sendiri di rumah.

Beberapa racikan obat batuk rumahan ini bisa Anda coba.  

#1 Wedang Tomat

Saat tenggorokan kering dan gatal, tidak enak karena infeksi virus penyebab flu dan batuk, salah satu minuman hangat yang pas untuk meredakan rasa sakitnya adalah wedang tomat. Resep obat batuk rumahan ini terbilang mudah karena hanya memerlukan tomat, gula pasir/madu dan air hangat. Tomat hanya perlu diiris kecil-kecil, lalu dituang kedalam gelas, setelah itu ditambahkan gula pasir/madu sesuai selera lalu dicampurkan dengan air hangat/panas.

Kandungan antioksidan tomat mampu meringankan rasa sakit ditenggorokan dan sekaligus meredakan flu.

#2 Campuran madu, lemon dan minyak kelapa

Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu menangkal segala jenis virus penyebab flu dan batuk. Sedang madu mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin pembunuh infeksi, pelega tenggorokan dan menyembuhkan infeksi pada tenggorokan. Obat batuk racikan lemon ini bisa menjadi pilihan terbaik. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan mempersiapkan dua sendok teh air perasan lemon, satu sendok madu dan minyak kelapa (panaskan terlebih dahulu). Lalu campurkan ketiga bahan ini dalam gelas, aduk hingga rata dan minum.  

#3 Jahe, bawang putih dan madu

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang berguna untuk meredakan batuk. Dengan campuran bawang putih dan madu, jahe akan semakin baik sebagai pereda batuk. Cara meraciknya pun mudah, hanya dengan menghaluskan jahe dan bawang putih secara terpisah. Lalu mencampurkan ketiga bahan ini dalam sebuah gelas, kemudian ditambahkan air panas. Komsumsi racikan obat batuk ini setidaknya tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

#4 Campuran bubuk cabai, lemon dan madu

Cabai adalah bahan dapur yang ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena kaya vitamin C. Perpaduan kandungan vitamin A, B dan C pada cabai akan semakin memaksimalkan fungsi cabai sebagai obat Pereda batuk, flu dan pilek. Jadi saat batuk, cobalah racikan bubuk cabai, lemon dan madu ini.

Caranya dengan mempersiapkan dua sendok teh perasan lemon, sedikit bubuk cabai dan madu secukupnya. Aduk ketiga bahan ini dalam air hangat hingga merata, lalu minum perlahan.

#5 Racikan kunyit bubuk, lada hitam, kayu manis dan madu

Selain jahe, kunyit ternyata ampuh meredakan batuk. Caranya, cukup memasakan segelas air, lalu ditambahkan dengan satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok teh lada hitam serta kayu manis. Lalu rebus semua bahan selama tiga menit. Setelah itu, tambahkan madu dan minum secara rutin hingga batuk mereda.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

 

Sumber : Jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us