Apakah Ini Pesan Terselubung Dari Perkataan Keras Paus Fransiskus Pada Mafia di Sisilia?
Sumber: The Guardian Nigeria

Internasional / 17 September 2018

Kalangan Sendiri

Apakah Ini Pesan Terselubung Dari Perkataan Keras Paus Fransiskus Pada Mafia di Sisilia?

Puji Astuti Official Writer
2334

Dalam kunjungannya ke Sisilia pada Sabtu lalu (15/09/2018), Paus Fransiskus memberi pesan kepada para mafia di wilayah itu untuk berubah, dan jangan hanya memikirkan diri sendiri dan uang saja. Kedatangan Paus ke Sisilia dalam rangka memberikan penghormatan kepada pastor yang dibunuh oleh kaki tangan para mafia karena pastor tersebut melindungan para remaja di sana dari cengkeraman organisasi kejahatan itu.

“Ini saya katakan kepada para Mafiosi: berubah, saudara dan saudari. Berhenti memikirkan diri sendiri dan uangmu,” demikian pesan Paus Fransiskus dalam kotbahnya.

Paus melakukan kunjungan singat di kepulauan Mideteranian dalam peringatan 25 tahun saat Mafia membunuh Rev. Giuseppe “Pino” Puglisi. Pastor tersebut kemudian dinyatakan sebagai martir oleh Vatikan dan di beatifikasi pada tahun 2013, sebuah proses formal menganugerahan gelar “kesucian”.

Baca juga :

Ribuan Orang Irlandia Protes Paus Fransiskus Terkait Pelecehan Seksual di Gereja Katolik

Lagi, Gereja Katolik Diselidiki Terkait Kasus Pelecehan Seksual! Kali Ini Di Missouri

Tribut Paus Fransiskus untuk pastor yang berjuang bagi para remaja agar tidak terlibat dalam organisasi mafia tersebut diduga sebagai tindakan perlawanan atas gencarnya pemberitaan tentang pengungkapan kasus pelecehan seksual oleh para pastor dan imam Katolik di berbagai negara.

Baru minggu lalu, Vatikan mencopot kardinal Amerika Serikat Theodore McCarrick dari jabatannya terkait keterlibatannya dalam menutupi kasus pelecehan seksual para pastor dan imam, dan juga memecat seorang pastor di Chilie karena menghadapi tuduhan melakukan pelecehan.

Tentu hal ini goncangan berat bagi gereja Katolik dan Vatikan. Apa yang dilakukan Paus Fransiskus saat ini mungkin ingin mengatakan bahwa di antara banyaknya kasus kejahatan pelecehan seksual yang menjerat para imam dan pastor, masih banyak juga para pastor dan juga suster Katolik yang mengabdi dan melayani sungguh-sungguh yang bahkan rela kehilangan nyawanya untuk menolong para remaja dan umat, seperti yang dilakukan oleh Pastor Puglisi. 

Sumber : CBS News
Halaman :
1

Ikuti Kami