Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
167


Sudah beranjak dua tahun, tapi anak balitamu masih belum bisa mengucapkan kosakata umum dengan jelas? Hal ini bisa membuat orangtua frustrasi karena merasa cemas kalau-kalau anak mengalami masalah.

Umumnya, ada banyak anak normal yang memang mengalami proses terlambat bicara dan hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, seperti kesehatan dan lingkungan.

Masalah pendengaran bisa jadi faktor utama dalam keterlambatan bicara. Banyak orangtua yang tak menyadari kalau anak mereka mengalami gangguan pendengaran seperti infeksi telinga yang berlebihan atau penumpukan cairan di telinga yang menyebabkan anak kehilangan pendengarannya. Akibatnya, anak sama sekali tak bisa mendengar kata-kata baru dan tak lagi tertarik untuk berbicara.

Dalam beberapa kasus, keterlambatan bicara pada anak bisa jadi tanda cacat intelektual atau sosio-emosional. Inilah sebabnya kenapa penting sekali untuk memeriksakan anak secara teratur ke dokter.

Tapi selain itu, orangtua juga bisa melakukan beberapa cara bermanfaat ini untuk membantu anak belajar berbicara.

1. Baca buku bersama

Membaca buku bersama adalah kebiasaan yang bermanfaat bagi anak. Di usia berapapun itu, membaca harus selalu jadi agenda harian. Karena minat membaca anak bisa meningkat dan membantu mereka mengomunikasikan apa yang mereka baca atau lihat di dalam buku.

Jangan pernah memaksakan anak kalau mereka tidak suka. Setidaknya sediakanlah buku-buku bacaab di rumah yang bisa mereka baca.

2. Ajak anak bernyanyi

Lagu bisa memperkuat memori dan emosi seseorang. Pernahkah kamu mendengar lagu masa kanak-kanakmu dan langsung teringat tentang masa hidupmu? Menyanyikan lagu seperti ‘Balonku ada lima’ atau ‘Nina Bobo’ dan lagu-lagu penghantar tidur lainnya bisa memperkuat ingatan anak tentang suara-suara itu.

Banyak anak yang telat bicara akan mulai bicara dengan normal jika kebiasaan bernyanyi ini sering dilakukan dan diikuti dengan gerakan tubuh.

3. Aktif ngobrol dengan anak

Walaupun anak mungkin gak ngerti, tapi mengajak anak berbicara soal hal-hal yang orangtua lakukan itu penting. Anak yang mengalami keterlambatan berbicara bisa dibantu dengan mengajak mereka tetap aktif berbicara.

Kamu hanya perlu menceritakan hal-hal sederhana yang ada di sekitar. Seperti, ‘Nak, mama mau masak loh kamu sukanya dimasakin apa?’ atau ‘Nah, waktunya anak mama mandi sore” dan sebagainya.

Baca Juga :

Tahu Ayahnya Bunuh Diri, Ketiga Anak Pendeta Andrew Stoecklein Alami Ini….

Bikin Terenyuh! Ayah Ini Kejutkan Putri Kecilnya yang Sakit Leukimia dengan Tarian

4. Buat Daily Words

Nah, cara ini sangat sederhana sekali. Orangtua hanya perlu mempersiapkan satu kata setiap hari dan mengajak anak untuk memahami dan mengenalinya. Ucapkanlah kata-kata itu berulang kali dan bila perlu pakailah kata itu di dalam kalimat sederhana yang bisa dimengerti oleh anak. Lakukan hal ini setiap hari dan saksikan perkembangan yang akan anak alami.

5. Ajak anak bermain teka teki

Bermain teka teki akan mendorong anak untuk berpikir dan mengingat kata-kata baru yang didengarnya. Meskipun bermain teka teki memang tak akan secara langsung membuat mereka berbicara, tapi cara ini bisa mengaktifkan memori anak untuk mengingat kata.

6. Meniru suara hewan

Suara-suara yang terdengar dari sekitar bisa membuat anak merasa penasaran. Nah, orangtua bisa memanfaatkan hal ini untuk mengajar anak kosakata baru yang belum bisa mereka ucapkan. Misalnya, bunyikanlah suara salah satu binatang seperti bunyi ‘meong’ untuk kucing, ‘auuuuggg’ untuk anjing dan sebagainya.

Proses berbicara pada setiap anak memang berbeda-beda. Kecuali disebabkan faktor kesehatan, anak yang mengalami keterlambatan bicara pada akhirnya akan bisa mengejar keterlambatannya dari anak lain hanya saja jika orangtua membantu anak setiap hari dengan cara-cara sederhana di atas.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us