Saat Khawatir dan Galau Melanda, Pakailah 3 Cara Ini Untuk Kembali Pada Tuhan
Sumber: https://hbr.org/resources/images/article

Single / 8 September 2018

Kalangan Sendiri

Saat Khawatir dan Galau Melanda, Pakailah 3 Cara Ini Untuk Kembali Pada Tuhan

Inta Official Writer
6553

Filipi 4:6, "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur." Lewat ayat di atas, kita kembali diingatkan kalau dalam kondisi khawatir atau galau, hal terbaik yang harus kita lakukan adalah berdoa.

Berdoa dapat memberi kelegaan buat hati dan pikiran kita. Saat kita percaya kalau Tuhan itu sangat mengasihi dan akan menangani setiap kebutuhan yang kita perlukan, maka kita nggak akan lagi perlu merasa khawatir, cemas, apalagi galau. Sebab Alkitab sendiri berkata kalau kita mendekat pada Tuhan, maka Ia juga akan mendekat kepada kita (Yakobus 4:8).

Selain berdoa, kita juga perlu mengingatkan diri dengan melakukan 3 hal di bawah ini.

1. Jangan biarkan iman kita kendur

Sangat manusiawi sekali kalau kita merasa Tuhan nggak adil dan nggak menyertai kita saat ada permasalahan yang sangat berat sedang hadir dalam kehidupan kita. Keadaan ini bisa membuat hubungan kita dan Tuhan makin menjauh.

Ingatlah kalau Tuhan selalu punya harapan dan rencana yang terbaik buat kita. Tuhan adalah pribadi yang mendengarkan dengan baik. Jangan biarkan rasa takut, cemas, galau, khawatir menjadi fokus kita. Saat kita percaya pada rencana Tuhan yang indah, maka semua perasaan negatif itu akan digantinya dengan kelegaan dan sukacita.

2. Tuhan akan pulihkan keadaan kita

1 Petrus 5:7, "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu." Ayat ini nggak sekedar sebuah nasihat, sebab kenyataannya kalau rasa depresi dan kecemasan dapat kita lawan dalam nama Tuhan Yesus. Ia adalah seorang tabib yang ajaib.

Bukankah selama ini kita telah banyak mendengar kesaksian di dunia ini? Alkitab mengatakan kalau Tuhan Yesus diutus untuk menyembuhkan orang-orang yang patah hati, termasuk kita. Ia tidak hanya menyembuhkan, tetapi juga memberi kekuatan kita untuk memerangi segala hal yang membuat kita khawatir.

3. Ingatkan pada diri untuk senantiasa mendengar perkataan Tuhan

Setiap kita berbicara, Tuhan selalu mendengarkan kita, termasuk juga hal yang kita cemaskan dan butuhkan. Saat kita merasa kesepian, dilingkupi perasaan cemas, khawatir, takut dan galau, penting buat kita untuk mengingat bahwa nggak cuma Tuhan yang harus mendengarkan kita, tetapi kita juga perlu mendengarkanNya.

Kita hanya bisa mendengar Tuhan kalau kita punya niat tulus untuk bisa mendengarkanNya. Tuhan punya banyak cara untuk berbicara pada kita, salah satunya adalah melalui Alkitab. Firman Tuhan adalah cara Tuhan untuk berbicara kepada kita, tugas kita adalah mengindahkan dan mengalami firman tersebut.

Berjuang dengan perasaan takut, cemas, galau, dan khawatir nggak sama sekali mudah. Namun, keadaan ini nggak berarti kita harus menyerah. Kita harus bisa mengingat kalau Tuhan selalu ada bagi kita, Ia adalah pribadi yang mengenal siapa kita.

Sumber : beliefnet
Halaman :
1

Ikuti Kami