Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
387


Even olahraga besar seperti Asian Games pastinya menyadarkan kita kalau olahraga itu ternyata penting bagi kesehatan.

Sebagian dari kita juga pastinya mengaku kagum dengan ketahanan tubuh para atlet yang ikut bertanding. Karena selama pertandingan mereka harus dalam kondisi fit dan bugar.

Kamu pasti pengen tahukan rahasia di balik tubuh sehat dan bugar para atlet selama Asian Games. Nah, inilah 5 tips yang perlu kamu catat.

1. Jaga pola makan

Jenis makanan yang kita makan sangat menentukan tingkat stamina tubuh. Nutrisi penting yang berguna untuk meningkatkan energi dan kesehatan otot dan tulang perlu dikonsumsi. Beberapa makanan ini diantaranya yang kaya akan vitamin C maupun D, kemudian protein yang tinggi, karbohidrat kompleks dan zat besi yang berfungsi mendobrak energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perbaikan jaringan.

“Agar memiliki stamina dan mampu berprestasi harus ditunjang asupan gizi optimal dengan mengkonsumsi protein lebih banyak ketimbang karbohidrat serta buah-buahan berwarna cerah. Protein yg mudah dikonsumsi atlet dari bahan kedelai seperti tahu dan tempe atau bisa juga jamur. Sedangkan protein hewani meliputi daging, telur, dan ikan,” terang Berry Juliandy, dosen peneliti sekaligus Chief Editor Hayati Journal Bioscience (HJB).

Beberapa makanan sehat ini diantaranya, pisang, oatmeal, selai kacang, telur, daging tanpa lemak, sayuran hijau, ayam dan jus bit.

2. Istirahat yang cukup

Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin, penting sekali bagi para atlet untuk memperhatikan jam istirahat. Sangat disarankan supaya setiap atlet yang memiliki jadwal pertandingan setiap harinya untuk selalu beristirahat dengan cukup. Setidaknya memenuhi standar minimal yang baik untuk tidur yaitu kurang lebih 8 jam.

Jadi buat yang suka begadang sampai malam karena main HP atau lembur kerja perlu dicatat ya, tidur yang cukup gak hanya pening buat para atlet. Bagi kita yang melakukan kegiatan sehari-hari juga perlu melakukan hal ini untuk memastikan tubuh kita tetap fit sepanjang hari.

Baca Juga :

Atlet-atlet Ini Sumbang Emas Indonesia di Asian Games

5 Atlet Kristen Ini Persembahkan Medali Emasnya Bagi Tuhan

3. Penuhi cairan tubuh lewat minum yang cukup

Supaya gak mudah dehidrasi dan kehilangan tenaga, minum air putih yang cukup jadi tips sehat para atlet. Selain harus memenuhi konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari (sekitar 2 liter), para atlet juga perlu memilih jenis air mineral yang tepat, seperti minuman berisotonik tinggi yang berfungsi mengganti cairan tubuh yang hilang selama bertanding.

Tentu saja sangat dilarang mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, susu dan alkohol.

4. Latihan yang teratur

Untuk melatih tubuh tetap aktif dan produktif, para atlet rupanya punya kebiasaan lain yaitu dengan melakukan latihan yang teratur dan cukup. Sangat disarankan supaya atlet tidak latihan secara berlebihan. Karena latihan yang terlalu menguras tenaga hanya akan membuat atlet merasa kelelahan selama pertandingan.

5. Tetap berpikir positif

Pikiran yang tenang dan rileks juga sangat membantu tubuh tetap fit dan bugar. Berbeda halnya kalau pikiran mulai stres dan penuh tekanan, maka hormon stres akan mulai meningkat dan menguras tenaga dari dalam tubuh. Kalau sudah begitu atlet akan mulai kehilangan tenaga dan juga fokus.

Buat kamu yang rencananya mau pengen mulai hidup sehat, bisa nih nyoba ikutan tips-tips ini.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us