Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1168


Seiring pertumbuhan anak, setiap orangtua pasti gak bakal sadar kalau anak tumbuh sebegitu cepatnya. Mereka yang hanya bisa meniru ucapan orangtuanya saat masih balita, kita sudah mendapat sejumlah kosakata baru, entah dari si mbak di rumah, dari video Youtube, dari teman-temannya maupun dari lingkungan.

Bahkan saking banyaknya sumber informasi yang didapatkan anak, kata-kata bermakna jelek atau kurang baik (semacam kata-kata tabu) pun kerap diucapkan. Di usia yang beranjak 5 dan 6 tahunan anak-anak mudah sekali menyerap kosakata baru. Tapi di usia ini juga waktu yang tepat bagi orangtua untuk bisa mengarahkan anak memahami tentang bahasa yang baik dan yang tidak baik untuk digunakan.

Ajarkan anak bahwa kata memiliki makna yang begitu kuat. Karena itu penting untuk menyaring dan membedakan kata-kata yang baik dan tidak baik untuk diucapkan.

Berikut 5 langkah yang bisa orangtua lakukan untuk ajarkan anak soal berbicara yang baik.

1. Ingatkan anak soal pemilihan kata yang tepat sesuai dengan waktu dan tempatnya

Kata-kata yang sering diucapkan dan dianggap bukan masalah besar di rumah bisa jadi bumerang saat diucapkan kepada orang lain di lain tempat pula. Jadi, ingatkanlah anak untuk bisa memilah perkataan mereka saat berhadapan dengan orang lain. Dengan kata lain, bahasa yang tepat di waktu dan tempat yang tepat.

2. Bantu anak memperkaya kosakata mereka

Orangtua bisa mencegah anak mengarah pada penggunaan kosakata yang kurang baik jika sejak dini mereka diperkaya dengan kosakata-kosakata yang baik di rumah. Dan ingatkan anak untuk berhati-hati memakai kata-kata yang kurang baik saat mereka mendengar atau menemukannya dari berbagai sumber informasi.

3. Ingatkan kalau kata-kata yang buruk bisa melukai hati orang lain

Ada banyak kata-kata jelek yang suka diucapkan oleh orang-orang dewasa di depan anak-anak. Dan tanpa sadar anakpun terbiasa mengucapkannya tanpa tahu betul makna dibalik ucapan itu. Jadi, supaya anak tak mudah terpancing dengan kata-kata semacam itu, orangtua perlu memberikan anak pemahaman tentang dampak buruk atau negatif dari kata-kata itu. Beritahu anak bahwa kata-kata bisa melukai hati orang lain. Jadi, jangan pernah main-main dengan itu.

Baca Juga :

Setiap Guru Berharap Semua Orangtua Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Antarkan Anak ke Sekolah

Saat Anak Bertanya Soal Neraka, Jelaskanlah Dengan 5 Jawaban Ini

4. Ucapan mencerminkan pribadi

Aku pikir kita semua tahu betul soal ungkapan ini. Ya, perkataan atau ucapan kita adalah cerminan dari pribadi kita. Jadi, sampaikanlah hal ini kepada anak. Jangan biarkan mereka merusak citra diri mereka dengan ucapan-ucapan yang kosong, penuh sumpah serapah dan makian, baik diucapkan secara langsung ke orang lain atau lewat postingan di sosial medianya.

5. Awasi media yang bisa diakses anak

Sebagai orangtua yang memiliki otoritas tertinggi atas anak, orangtua wajib memberikan perhatian besar kepada aktivitas anak. Apa media yang mereka tonton, mainkan atau lihat perlu sekali orangtua tahu. Jangan biarkan anak bebas mengakses semua media, yang justru bisa membawa mereka jatuh dalam kebiasaan negatif.

Kehadiran orangtua adalah hal terpenting yang harus didapatkan anak. Kalau perlu, perkenalkanlah anak sejak dini dengan firman Tuhan dan sampaikan bahwa perkataannya selalu dinilai oleh Tuhan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us