Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1114


Teruntuk semua orangtua, apakah kamu tahu apa yang sebenarnya guru-guru sekolah harapkan untuk membantu anakmu sukses di masa depan?

Kamu mungkin akan terkejut bahwa guru juga punya harapan terselubung yang kalau bisa disampaikan ke orangtua, hati mereka akan sangat lega. 5 harapan itu diantaranya adalah:

1. Luangkan waktu untuk berbicara dengan anak setiap hari

Banyak guru yang mengeluh saat mendapati banyak dari anak muridnya yang baru masuk sekolah rupanya masih sangat buta dengan angka, huruf ataupun kata.

Karena itulah, para guru berharap anak-anak ini bisa dibantu oleh orangtuanya setiap hari. Caranya, dengan membangun komunikasi setiap hari. Entah berbicara tentang hal apa saja setiap sarapan di pagi hari. Atau mengajari mereka tentang hal-hal mendasar, misal soal warna, kata dan sebagainya saat malam hari. Selain membuat anak lebih cerdas, guru di sekolah juga akan lebih terbantu loh!

2. Melibatkan anak dalam rutinitas di rumah

Saat anak sudah cukup usia masuk sekolah taman kanak-kanak (TK), sudah waktunya pula buat mereka untuk diberikan tanggung jawab tertentu. Misalnya, mandi sendiri, makan sendiri, mengerjakan PR, mengikat tali sepatu atau bahkan merapikan tempat tidur sendiri.

Berilah anak tanggung jawab itu di rumah. Karena dengan hal itu pula mereka bisa bertanggung jawab melakukan bagiannya saat menjalani rutinitas sekolah. Orangtua tentu saja senang bukan saat menyaksikan anaknya melakukan tugas dengan mandiri?

Baca Juga :

Saat Anak Bertanya Soal Neraka, Jelaskanlah Dengan 5 Jawaban Ini

3. Bacakan anak cerita harian

Siapa bilang membacakan cerita ke anak gak penting? Hal ini penting membentuk anak lebih cerdas loh. Jadi, orangtua bisa melakukan kebiasaan membaca ini sebelum tidur.

4. Membatasi anak mengakses layar

Entah itu layar ponsel atau komputer, orangtua harus benar-benar tegas memberi kontrol atau pembatasan pemakaiannya kepada anak. Biasakanlah untuk tegas di rumah supaya anak juga bisa melakukannya di sekolah.

5. Ajarkan anak bersikap murah hati

Sebagai orang Kristen, mendidik anak sudah wajib dilakukan sejak masa kecilnya. Jadi, perkenalkanlah anak lebih dulu dengan Tuhan dan firmanNya. Ajak mereka ikut sekolah minggu dan kegiatan-kegiatan gereja lainnya. Di rumah, orangtua juga harus memberi teladan kepada anak soal bersikap kasih sebagai orang Kristen.

Jangan kaget kalau kamu bisa ketemu dengan seorang anak yang begitu mandiri, cerdas dan sikapnya yang sopan saat menyapa orang lain. Tentu saja anak tersebut sudah lebih dulu dibentuk dengan pola asuh orangtua yang tepat di rumah.

Nah, apa kamu mau anak kamu juga begitu?

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us