Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
889


Dalam sebuah acara bincang-bincang di salah satu tv swasta baru-baru ini, Pendeta (Pdt) Jacky Manuputty menyampaikan penyesalan sekaligus pertobatannya. Pasalnya, di saat terjadi konflik Maluku (Ambon) 19 tahun lalu, ia adalah salah satu hamba Tuhan yang memberkati para petempur Kristen.   

“Satu hal yang harus saya katakan, sebelum saya menjadi seorang pendeta, saya adalah aktivis sosial. Artinya bekal rasionalitas pada saya cukup untuk menghadapi itu, tetapi diperhadapkan konflik yang seperti itu, seluruh rasionalitas hilang,” ujar Pdt. Jacky dalam acara Rosi episode “Belajar Damai Dari Maluku” yang disiarkan oleh Kompas TV.

Lebih lanjut Pdt. Jacky mengatakan bahwa apabila terjadi konflik yang antah berantah alangkah lebih baik kita menghindarinya.

“Ketika kita dilempar di situ, tidak ada pilihan seperti Ronald (Pimpinan Pasukan Anak Kristen di Ambon ketika itu, red) dan Iskandar (Pimpinan Pasukan Jihad, red) katakan, itu dialami sangat banyak, bahkan oleh tokoh agama. Tidak banyak pilihan, selain ya kalau kita tidak memberikan justifikasi, pembenaran, dan pemberkatan. Orang-orang seperti Ronald, mereka menafsirkan Alkitab sendiri-sendiri dan itu lebih liar, mereka akan berdoa sendiri dan saya alami ya,” jelas Pdt. Jacky.


(Ronald (kiri) dan Iskandar (kanan) yang pernah berseteru saat konflik Ambon kini menjadi sahabat / Sumber: BBC Indonesia)

Dengan bahasa lebih lugas, pendiri Lembaga Antariman Maluku Aksi Kemanusiaan (LAIM) mengatakan bahwa situasilah yang memaksanya dan para pemuka agama lain melakukan hal tersebut.

Pdt. Jacky Manuputty mengaku bahwa titik balik dari yang dulu turut ambil bagian mendukung pihak Kristen menjadi pembawa perdamaian di Maluku (Ambon) adalah ketika ia mengunjungi New York pada 1999.   

“Saya ingat titik balik saya pertama ketika saya di New York pada 99 diundang oleh Sidney Jones waktu itu masih di sana, kami mengunjungi sebuah pusat sinode Presbyterian di New York. Saya berpikir Amerika Kristen, apalagi di gereja dan saya akan cerita dari perspektif Kristen menjadi korban. Tiba-tiba pertanyaan disampaikan kepada saya, ‘Anda cerita Kristen korban, kami baru dari Indonesia dan kami tahu muslim juga korban, kenapa Anda cerita hanya Kristen?’ Itu membuat saya malu luar biasa. Dari situ saya berpikir bahwa ‘tidak, ini soal kemanusiaan, bukan soal agama’,” tutur Pdt. Jacky.  

Alumnus Sekolah Tinggi Teologi Jakarta ini menegaskan bahwa upaya untuk mengubah paradigmanya dari seorang pendukung salah satu pihak menjadi pendukung perdamaian bukanlah hal yang mudah. Ia menyatakan bahwa fakta di lapangan yang membuatnya masuk kembali ke wilayah abu-abu.

Baca Juga: Pernah Bermusuhan, Mantan Petempur Kristen dan Islam Saat Konflik Ambon Kini Bersahabat!

Namun, seiring perjalanan proses, Pdt. Jacky Manuputty mengungkapkan bahwa dirinya akhirnya konsisten untuk menjadi Provokator Perdamaian di tanah kelahirannya.  

“Ketika pada saya selalu ditanyakan kenapa Anda total terlibat dalam pekerjaan perdamaian, saya katakan saya membayar hutang saya untuk masa depan. Apa yang pernah saya tanam, sekarang saya tuai dan melihat kehancuran anak-anak grass root dan lain-lain yang pernah kita doakan untuk berperang, sekarang mereka disingkirkan oleh masyarakat, mereka bertarung sendiri, tidak ada trauma healing, tidak ada trauma counseling yang secara serius dilakukan kepada mereka dan mereka membangun nasibnya sendiri, itu yang membuat kita, membuat saya bilang kita harus membayar hutang,” pungkasnya.  

Sumber : Kompas.TV

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 4