Gaji Besar Hutang Menumpuk? Nih 4 Tips Bikin Gaji Tinggi Bisa Nabung!

Finance / 24 August 2018

Kalangan Sendiri

Gaji Besar Hutang Menumpuk? Nih 4 Tips Bikin Gaji Tinggi Bisa Nabung!

Naomii Simbolon Official Writer
2090

Bicara soal keuangan, saya percaya sebagaian dari kamu mengalami masalah dalam keuangan.

Meskipun sudah berlatih untuk mengatur anggaran dan keuangan, tetap saja kita tidak berhasil menyeimbangkan keuangan pribadi maupun dalam pernikahan.

Itu dia mengapa uang sering sekali menjadi pemicu pernikahan retak ataupun seseorang jatuh ke dalam dosa.

Tahun 2015, saya sempat bicara banyak hal soal keuangan dengan beberapa teman di komunitasku.

Saya suka mewawancarai mereka soal kehidupan pribadi dan keuangan.

Tanpa menyebut nama, seorang teman saya melakukan sebuah pengakuan sebelum dia mengenal Kristus.

"Zaman terus berputar, hari terus berganti, kita butuh uang nggak cuma makan dan minum tapi memenuhi gaya hidup dan kebutuhan lainnya. Karena gaji saya tidak cukup untuk kebutuhan saya, saya memutuskan untuk menjadi pengedar narkoba dan gigolo. Berlangsung sekian lama hingga saya sempat masuk penjara."

Yap! Uang bisa menghancurkan apapun. Iblis sering sekali bermain dengan kita dan membawa tawaran yang menggiurkan apalagi ketika kita sedang menghadapi suatu masalah yang sedang membutuhkan uang.

Kalau kita tidak bijak dalam meresponi ini, maka Iblis akan benar-benar menghancurkan kita.

Gimana dengan kamu? Apakah selama ini kamu sudah berhasil mengatur keuangan dan anggaran dalam rumah tangga dan pribadi kamu dengan baik dan benar?

Ya, kita harus mulai belajar mengenali di mana kita berdiri saat ini dalam soal keuangan, karena dari situlah kita akan mulai belajar dan tahu melakukan sesuatu.

1. Setelah mengenali kondisi keuangan kamu sekarang ini, maka buatlah anggaran keuanganmu dengan benar

Menyingkirkan beberapa list barang yang tidak begitu dibutuhkan banget adalah cara yang baik untuk bisa bersahabat dengan anggaran keuangan kamu, atau mungkin kamu bisa mengurangi jumlah barang yang harus kamu beli di list belanja kamu.

Misalkan, anggaran sabun sebulan adalah 2 pcs, kamu mungkin bisa mengurangi menjadi satu dan mulai menggunakannya dengan irit.

Jadi pada intinya adalah atur ulang anggaran keuangan kamu dengan baik dan benar. Periksa apa saja yang bisa dikeluarkan setiap bulan, hal ini cuma sementara sampai keuangan kamu membaik.

2. Sebelum membuat anggaran belanja, pastikan kamu menyisihkan uang untuk melunasi hutang

Saya percaya, rata-rata orang yang punya masalah dengan keuangan adalah orang yang punya banyak utang.

Saya mengenal seorang teman yang sudah bertobat di masa lalunya, dia bekerja dengan gaji yang cukup tinggi di sebuah perusahaan Jepang. Meskipun demikian, setiap bulan dia selalu mengeluh soal keuangan. Dia bukan seseorang yang suka belanja.

Tapi dia menumpuk hutang yang banyak demi membeli barang-barang yang belum saatnya untuk dibeli.

Dia membeli mobil mahal dimana cicilannya begitu tinggi, demi sebuah pengakuan dari teman-temannya.

Dia suka menghabiskan uang untuk pesta dengan teman-teman dan mengutang demi kesenangan. Jadi gajinya nggak selalu bisa menutupi utang dan dia menjadi kesulitan.

Nah, sebaiknya tahan dulu selera kamu untuk melakukan sesuatu yang menghamburkan uang. Mending cicil utang sampai lunas supaya merasa bebas dan keuangan kamu sehat.

Fokuslah untuk menuntaskan sementara ini.

3.  Temukan cara untuk mengendali keuangan kamu

Selain menahan selera, mungkin salah satu caranya adalah mencari kerja sampingan. Ini penting banget juga untuk meningkatkan kemampuan kamu terhadap pekerjaan lain yang mungkin berbeda dengan pekerjaanmu sekarang.

Meskipun lelah, itu sudah menjadi sebuah konsekuensi dan kamu  harus tahan uji.

Lakukan itu sampai keuangan kamu baik.

4. Pelajari cara menyimpan uang

Nah, setelah mencari kerja sampingan dan kamu mampu mengendalikan keuangan kamu, saatnya untuk menabung.

Pelajari cara menabung. Zaman sekarang, ada begitu banyak bank  yang nawarin cara menabung kok, misalnya investasi dan lain sebagainya.

Kamu bisa mencoba tabungan berjangka dan lain sebagainya. Pikirkan dan pelajarilah hal ini, baik buat masa depanmu bahkan anak-anakmu jika sudah menikah.

Selain 4 hal di atas, jangan lupa berdoa dan minta hikmat dari Allah Bapa, berikan dirimu padaNya sehingga kebijaksanaan daripadaNya  benar-benar memenuhimu dalam keuanganmu ini. Diberkatilah!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami