Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Contributor
429


Pada Rabu, 15 Agustus 2018 tim OBI bergerak ke Desa Sigar Penjalin yang terletak di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Dusun Cupek. Sesampainya di tempat pengungsian terlihat puluhan tenda pengungsi yang didominasi oleh tenda- tenda berukuran besar. Para pengungsi tersebut berasal dari 5 dusun yang ada di sekitar dusun Cupek. Tim segera berkoordinasi dengan penduduk setempat dan beberapa tim kesehatan yang sudah ada di sana. Setelah berkoordinasi tim OBI akhirnya bisa melakukan pengobatan kepada para pengungsi bersama tim dari  PSI TNI, HIMPSI, KCI dan Universitas Hasanuddin.

Keadaan di sana sebagian besar sama dengan tempat-tempat di pengungsian lainnya; kekurangan air bersih, sanitasi buruk dan ketersediaan logistik. Tetapi karena besarnya area pengungsian, terlihat di beberapa titik pengungsi mendirikan MCK darurat yang justru semakin memperburuk  sanitasi di sekitar tenda. Ditambah lagi kotoran dari ternak dan banyaknya debu membuat keadaan penampungan jauh dari kata layak, terutama bagi anak-anak.

Baca juga : 

Cerita Dari Lombok, 8 Hari Bersama Mereka Yang Sedang Berbeban Berat

Kisah Nyata Dari Lombok: Mukjizat Tuhan untuk Putri

Masalah kesehatan benar-benar menjadi perhatian tim medis OBI. Di tempat pengungsian ini tim dokter OBI bekerjasama dengan relawan dokter lainnya. Tim medis bahkan harus mendatangi tenda pengungsi satu per-satu karena ada beberapa lansia yang tidak kuat jalan. Setidaknya ada 4 warga yang mengalami patah tulang pada kaki akibat tertimpa reruntuhan rumah mereka dan semuanya adalah wanita. Mungkin karena pada saat gempa terjadi belum adanya tim medis yang datang mereka akhirnya mendapatkan pengobatan dari tukang urut tulang, sehingga mereka tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Setelah melihat kondisi mereka,  tim memutuskan untuk membawa mereka ke RSUD Tanjung agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih baik lagi. Tapi sayangnya mereka menolak. Mereka lebih memilih tinggal di tenda pengungsian sambil melihat perkembangan yang ada. Keberadan para tim medis di tempat pengungsian Dusun Cupek itu menjadi kekuatan yang dasyat. Dengan bahu-membahu dan sinergi antar tim, segala sesuatu dapat dilakukan dengan maksimal, agar setiap para korban gempa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang terbaik. 

Apakah kamu terbeban untuk menolong dan meringankan beban para pengungsi di Lombok ini? Yuk salurkan sumbanganmu melalui Obor Berkat Indonesia, kirimkan donasimu melalui rekening BCA cabang Lippo Cikarang, A c. 522 030 9292 atas nama Yayasan Obor Berkat Indonesia. Cantumkan berita/ pesan: GEMPA LOMBOK.

Sumber : Ferdyanto Thana/Obor Berkat Indonesia

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us