Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
286


Rata-rata orang menghabiskan akhir pekan tidur seharian di rumah atau bermain ke rumah teman dan saudara, apalagi kalau kamu anak kos. Selain itu, akhir pekan juga untuk nonton dan bermain ke mall dengan orang-orang tersayang. Lah, kalau begitu terus kegiatannya tiap minggu, sepertinya akan jadi liburan weekend yang membosankan bukan sih?

Selain itu, akan cukup menguras banyak uang dari dompet kalau jalan-jalan ke mall, dan kalau melulu ke rumah teman atau saudara, kira-kira mereka bosan atau merasa terganggu nggak ya?

Nah, biar nggak pada pusing. Di bawah ini saya mau membagikan beberapa tips atau ide kegiatan libur weekend anti mainstream yang seru banget!

Pertama, Membaca dan Menulis

Serius, membaca dan menulis? Yap, saya rasa kamu nggak salah baca kok. Saya tau ada banyak orang yang menolak ide yang pertama ini.  Alasannya karena di kantor sudah membaca baik itu artikel dan pekerjaan, apalagi kalau kamu seorang penulis content seperti kami. Selain itu alasan lainnya adalah  menulis hanya dilakukan oleh penulis bukan kamu yang kerjanya pengusaha dll.

Kalau kamu ingin mendapatkan sensasi liburan yang berbeda, membaca dan menulis di weekend atau pas liburan panjang dapat memberikan pengalaman unik lho . Pengalaman unik itu seperti mendapatkan pengetahuan baru yang pastinya tidak semua temanmu tahu. Lalu, kamu bisa melatih kemampuan menulismu dan bahkan bisa menyicil sebuah karya tulis yang nantinya bisa menjadi sebuah buku. Apalagi kalau kamu punya rencana untuk menulis buku.

Untuk memulai liburan weekendmu yang seru dan berbeda dari yang lain, kamu bisa melakukannya dengan membaca buku yang kamu sukai. Atau kamu bisa membaca Alkitab, biar semakin mengenal Kristus.

Setelah selesai satu bagian, kamu bisa menulis reviewnya. Atau renungannya. Teruslah melakukan itu hingga nanti menjadi sebuah kebiasaan. Melakukan hal itu akan membantu daya ingat dan pemahamanmu terhadap buku yang kamu baca.

Liburan  atau weekend dihabiskan membaca buku dan menulis pasti tak kalah seru loh! Gak percaya? Cobain aja!

Kedua, menjadi relawan sosial

Kalau kamu ingin liburanmu bermanfaat untuk banyak orang, kamu bisa lho menjadi relawan sosial. Cara termudah ialah dengan bergabung bersama organisasi sosial yang telah ada dan ikut andil dalam tiap kegiatannya.

Apalagi sekarang ini Lombok sedang butuh banyak banget bantuan. Beberapa waktu yang lalu saya melihat broadcast dari teman yang mencari seorang dokter yang bersedia membantu sahabat-sahabat kita di Lombok. Nah jika kamu lagi libur kerja atau mungkin punya hari weekend ditambah cuti, kamu bisa pergi kesana sekarang!

Jika tidak bisa jadi relawan, kamu bisa melakukan hal-hal yang kecil kok. Seperti seperti membagikan barang-barang lamamu kepada orang-orang yang membutuhkan. Mungkin tetanggamu atau orang lain sambil pengijilan. Ajak komunitas gerejamu dan lakukan kunjungan.

Manfaat mengisi liburan menjadi seorang relawan ialah kamu memiliki perspektif lain dari suatu masalah. Terbiasa melihat suatu hal dari perspektif berbeda akan menumbuhkan rasa solidaritas yang kuat terhadap sesama.

Kamu pun akan memiliki banyak keterampilan lain yang tentunya akan membantumu di kemudian hari. Cobain deh!

Ketiga, Berjualan Online

Sebenarnya sih nggak pas weekend atau liburan doang. Pas nggak libur atau hari kerja juga kamu bisa jualan online tapi harus bijak menggunakan waktu sih.

Nah, pas weekend begini saya rasa nggak ada waktu sedikitpun membatasi kamu  untuk aktif berjualan online dan melayani konsumen kamu. So, gunain waktu itu semaksimal mungkin.

Siapa tahu weekend ini kamu mendapat orderan lebih banyak dibanding hari kerja kan?

Kalau misalkan kamu belum mulai jualan online, kenapa nggak mencoba lirik isi lemarimu dan sisihkan baju-baju atau barang barang yang nggak kepakai lagi ? Lalu jual deh di toko  online. Lumayan banget kan kalau laku banyak!

Berjualan juga memiliki dampak positif untukmu. Kamu bisa memahami proses perilaku ekonomi yang mungkin selama ini kamu nggak begitu paham. Selain itu, kamu berhasil menjadikan rumah atau kosan kamu nggak sesak karena banyaknya barang yang sudah tidak terpakai.

Keempat, Jalan-Jalan Ke Museum atau Galeri Seni

Kebanyakan  orang pas weekend mengisinya dengan jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, seperti mall. Kalau kamu tidak ingin terjebak dengan kebiasaan itu, kamu bisa kok mengisi liburan dengan mengunjungi museum dan galeri seni.

Manfaatnya yang akan kamu rasakan cukup banyak. Kamu secara tak langsung belajar memahami sejarah dan budaya. Kamu bisa mendapat banyak pengetahuan baru yang tentunya menarik untukmu.

Lalu, kamu bisa refreshing tanpa mengeluarkan uang untuk berbelanja barang yang tak penting. Kelemahan ketika kamu jalan-jalan di mall ialah kamu akan tergoda untuk membeli satu atau dua barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Godaan seperti itu kiranya tidak akan kamu rasakan bila kamu jalan-jalan ke museum atau galeri seni.

Tak hanya itu, kamu pun memiliki pengalaman berkesan selama weekend yang pastinya berbeda dengan teman-temanmu. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih menghargai benda peninggalan sejarah dan karya seni.

Itulah beberapa ide liburan weekend anti mainstream yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu ingin  berkesan, lakukanlah ide liburan weekend yang anti mainstream.  So, berencana mau melakukannya minggu depan?

 

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us