Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
358


Otak merupakan bagian terpenting dalam organ tubuh manusia. Sebagai pusat kendali gerak dan laku, kita wajib menjaga otak agar berada dalam kondisi terbaik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Dikutip dari Mirror Co, ternyata bahan makanan berwarna-warni di bawah ini punya pengaruh positif pada kinerja otak. Yuk cari tahu mengenai variasi warna makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak kita ini.

1.  Biru

Belum lama ini sebuah penelitian mengimbau kita untuk memperbanyak konsumsi blueberry. Hal ini karena blueberry dapat menunda penuaan otak hingga dua setengah tahun. Ahli gizi Cassandra Barns menjelaskan kalau warna biru yang ada dalam blueberry diduga karena kandungan polifenol yang baik untuk mendukung kesehatan otak. Mengonsumsi blueberry dalam sehari-hari juga memberikan efek positif pada memori dan menambah konsentrasi selama lima jam ke depan akibat kandungan antioksidan yang merangsang aliran darah.

2.  Jingga

Warna jingga yang bisa kita dapat dari kunyit sebagai bahan rempah-rempah juga sangat baik untuk kesehatan otak. Peneliti menjelaskan kalau salah satu rempah-rempah ini punya manfaat kesehatan yang tidak terhitung jumlahnya, mulai dari persendian, kulit, jantung, hingga gangguan pencernaan.

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit, terdapat juga kandungan aromatik turmeron yang dapat memberikan efek positif pada sel induk saraf beruba peningkatan produksi sel saraf. Sehingga setelah kamu mengonsumsi kunyit, sel-sel otak akan beregenerasi dan menghindarkan kamu dari penyakit degeneratif seperti alzheimer atau stroke.

3.  Pink

Ikan sangat dikenal dengan kandungan omega 3 yang baik untuk otak. Otak kita terdiri dari 60% asam lemak, sehingga mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak dapat meningkatkan kinerja otak kita. Namun, tidak semua ikan punya kandungan yang sama.

Warna merah muda yang ada dalam salmon, misalnya. Salmon mengandung astazantin antioksidan yang memberi perlindungan pada otak. Mengonsumsi salmon dapat meningkatkan fungsi kognitif saat kita bertambah tua nanti. Orang yang mengonsumsi ikan juga cenderung mengalami tingkat penurunan mental yang lebih lambat. Selain salmon, makarel dan tuna juga merupakan sumber omega 3 yang baik.

4.  Hijau tua

Kita pasti sudah mengetahui kalau mengonsumsi makanan hijau sangat baik untuk kesehatan. Namun, tahukah kamu kalau makin tua warna hijau dalam makanan, maka makin baik juga khasiatnya? Sayuran seperti daun kale dan bayam kaya akan magnesium dan kalsium. Mineral-mineral ini sangat baik untuk menghubungkan antara tubuh dan otak.

Begitu juga rumput laut yang biasa dikonsumsi di Jepang. Rumput laut kaya dengan magnesium dan sumber yodium super yang mendukung fungsi kognitif seperti penguatan memori, penalaran, pembelajaran, dan lain sebagainya.

5.  Kuning

Makanan dengan warna kuning seperti kuning telur sangat kaya akan lutein. Lutein adalah vitamin yang dikenal baik untuk mata. Padahal, selain mata, kandungan ini juga dapat melindungi otak, sama halnya seperti omega 3 yang penting bagi otak dan daya ingat.

Kandungan vitamin A, D, E, K, B6 dan kolin menjadikan kuning telur sebagai bahan bakar penting untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian di Boston University menjelaskan kalau dari 1400 orang dewasa yang rajin mengonsumsi kuning telur selama 10 tahun terakhir, mereka yang mengonsumsi kadar kolin lebih tinggi punya performa lebih baik dalam beberapa tes memori.

Menjaga kesehatan otak penting buat dilakukan sedini mungkin. Selain makanan, kinerja otak juga bisa kita tingkatkan melalui kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan tersebut misalnya, beraktivitas fisik atau kegiatan lain yang memicu kreatifitas.  

Sumber : mirror

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us