Jalin Percakapan Yang Lebih Dekat Dengan Kepribadian Introvert Lewat 5 Cara Ini, Yuk
Sumber: https://cdn.idntimes.com/content-images/

Single / 16 August 2018

Kalangan Sendiri

Jalin Percakapan Yang Lebih Dekat Dengan Kepribadian Introvert Lewat 5 Cara Ini, Yuk

Inta Official Writer
3762

Seperti magnet, perbedaan sering menarik perhatian kita. Apalagi kita menyadari kalau setiap orang adalah unik dan punya caranya masing-masing untuk menjalin sebuah kedekatan satu sama lain. Salah satunya tipe orang yang akan kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah mereka yang introvert.

Seorang ekstrovert dengan mudah bisa menyambung sebuah percakapan selama 30 menit ke depan hanya untuk menjawab pertanyaan 'bagaimana kabarmu? Sementara mereka yang introvert, cukup membutuhkan waktu selama 2 detik dengan jawaban 'baik, kok.'

Hal ini nggak berarti kita tidak bisa menjalin sebuah pertemanan karena perbedaan karakter ini, kok. Nah buat menjalin kedekatan dengan mereka yang introvert, 6 tips ini bisa kita coba untuk lakukan.

1.  Pilih tempat dimana fokus kita hanya padanya

Orang introvert cenderung merasa nyaman saat berbicara satu lawan satu, bukan dalam sebuah grup. Sikapnya ini tidak selalu mengharuskan kita bertemu dengannya di sebuah caffee atau rumah yang sifatnya lebih privasi, kok.

Justru, hal ini adalah sebuah pertanda untuk memilih tempat yang bisa mendukung fokus pada percakapan bersama teman introvert kita tersebut. Dengan cara ini, kita jadi bisa menjalin sebuah percakapan yang lebih berkualitas.

2. Cerita lebih dahulu

Pernah nggak sih kita mendapat pertanyaan "bagaimana kabarmu” tapi nggak bisa berkata apapun untuk menjawabnya? Nah hal ini sering terjadi pada mereka yang tidak terbiasa dengan orang baru atau kelompok orang lain.

Bercerita terlebih dahulu bisa mencairkan suasana saat kita berhadapan dengan mereka yang introvert. Cerita ini tidak perlu yang berat-berat, cukup dimulai dari pengalaman yang kita jalani sepanjang hari ini. Kemudian, jangan lupa untuk berkata kepadanya kalau kita senang karena punya kesempatan untuk duduk dan bercakap-cakap dengannya pada saat ini.

3. Ajukan pertanyaan yang open-minded dan selalu tanyakan informasinya lebih lanjut

Kalau kita lebih ke ekstrovert, cobalah untuk sedikit bermain dengan pertanyaan kita. Pertanyaan yang terlalu umum hanya akan membuat percakapan kita dengan mereka yang introvert menjadi lebih membosankan.

Introvert sangat dikenal dengan kepiawaiannya dalam mendengarkan. Biasanya, orang introvert punya banyak pikiran di kepalanya. Kini, tugas kita adalah untuk pandai-pandai menggali isi pikirannya tersebut dengan pertanyaan yang sesuai.

Penting juga untuk diingat kalau kita mencoba untuk membawa seorang introvert dalam sebuah percakapan yang lebih berkualitas, pastikan untuk mengklarifikasi setiap perkataan mereka sebelum akhirnya melanjutkan percakapan selanjutnya.

4.  Berikan mereka ruang untuk sendiri

Saat seorang introvert memilih untuk diam, jangan anggap mereka itu kaku. Justru sebenarnya mereka itu sedang berpikir. Buat mereka, diam itui emas. Berikan waktu bagi mereka untuk berpikir sebelum akhirnya kembali melanjutkan pembicaraan kita.

5 Selalu tawarkan bantuan padanya

Introvert juga sangat terkenal karena kemampuannya untuk fokus pada suatu hal. Ketika kita mengganggunya ditengah-tengah pekerjaannya, mungkin mereka akan menunjukkan sikap ketidaksukaannya. Meskipun demikian, hal ini tidak berarti kalau mereka suka diabaikan. itu, menawarkan sebuah bantuan padanya dapat menjalin kedekatan bersamanya.

Introvert, ekstrovert, atau ambivert punya caranya masing-masing untuk berkomunikasi. Sebagai seorang teman, sudah seharusnya kita bisa membiasakan diri dengan perbedaan sikap dari setiap kepribadian yang ada tersebut. 

Sumber : verymag
Halaman :
1

Ikuti Kami