Sudahkah Kita Punya Gambaran Bapa Yang Baik?
Sumber: The Church of Jesus Christ of Latter-day

Kata Alkitab / 15 August 2018

Kalangan Sendiri

Sudahkah Kita Punya Gambaran Bapa Yang Baik?

Inta Official Writer
3801

Adakah dari kita pernah bertanya mengenai gambaran Bapa disurga? Pete punya gambaran yang menyimpang mengenai Bapa di surga. Hal ini karena sosok ayahnya. Sebagai seorang pengusaha yang terkenal, ayah Pete tidak pernah meluangkan waktu untuk keluarganya. Pete beranggapan kalau Bapa di surga sama seperti ayahnya yang sulit untuk dijangkau, yang tidak peduli dengannya.

Begitu juga dengan Mel yang punya hubungan kurang baik dengan ayahnya. Ayah Mel sangat pemarah, ia juga pemabuk dan sering memukuli Mel dan saudara-saudaranya. Mel berpikir kalau Bapa di surga tidak akan pernah mengerti keadaannya dan tidak mengasihinya.

Terakhir, ada Erick yang tidak pernah sama sekali mengenal ayahnya. Erick kehilangan ayahnya sejak ia berada di kandungan. Erick tidak mengetahui sosok ayah yang nyata, sehingga ia tidak pernah memahami bagaimana kasih dari seorang ayah.

Sama seperti Pete, Mel dan Erick, kita juga sering keliru tentang gambaran Bapa di surga. Kita menilai Bapa di surga sebagaimana kita melihat sosok ayah kita di dunia ini. Misalnya saat ayah kita adalah pribadi yang hangat, sangat mengasihi kita, sering memberikan hadiah atau imbalan, maka gambaran ini juga akan melekat pada Bapa kita di surga.

Begitu juga kalau sebaliknya, kita akan menganggap Bapa itu pemarah, tidak peduli, dan sulit di jangkau saat kita memiliki sosok ayah yang suka memukul, kasar atau cuek terhadap kita. Kita harus menyadari kalau pandangan seperti itu adalah salah.

Saat kita merasa sendirian dan kesepian, Bapa berjanji untuk tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian. Sejahat apapun orang-orang memperlakukan kita, Bapa akan menjadi tameng kuat untuk melindungi kita.

Bapa di surga adalah pribadi yang punya belas kasihan dan lembut. Saat kita merasa kalau Bapa di surga jauh dari kita dan tidak peduli, ingatlah kalau sejak kita berada dalam kandungan pun Bapa sudah merancang hari depan kita (Mazmur 139:13-18).

Mulai sekarang, ayo miliki gambaran yang benar mengenai Bapa. Jangan mau dibohongi si jahat yang menyamakan bapa di dunia sama dengan Bapa di surga. Ingatlah kalau ayah di dunia kita bersikap buruk, Bapa di surga tidaklah demikian.

“Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.” (Mazmur 103:13)

Sementara saat Bapa di surga adalah pribadi yang menyenangkan, Bapa kita disurga jauh lebih menyenangkan dari mereka. Bapa di surga adalah Allah dari Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus. Kita bisa mulai mengenali pribadi Bapa lewat AnakNya, Tuhan Yesus. Sebab Bapa di surga tinggal di dalam Kristus dan Kristus berada di dalam Bapa.

Kita punya Bapa yang penuh kasih, Tuhan Yesus mengingatkan kita betapa baiknya Bapa di surga bagi kita sebagai orang percaya. Yohanes 14:14, "Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami