Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
806


Masih ingat cerita Musa saat membawa keluar Bangsa Israel? Ada banyak mujizat yang dilakukan oleh Musa, salah satunya adalah dengan membelah laut menjadi dua agar Bangsa Israel bisa terbebas dari kejaran Bangsa Mesir.

Hanya dengan menggunakan sebuah tongkat yang dipegang oleh Musa, Laut Merah terbelah menjadi dua bagian pada beribu-ribu tahun yang lalu. Kisah pengejaran yang dilakukan oleh Bangsa Mesir terhadap Bangsa Israel ini bisa kita temukan dalam Keluaran 13 sampai 15.

Ditengah-tengah kondisi pengejaran yang mendesak tersebut, Bangsa Israel menemukan titik buntu, yaitu Laut Teberau. Melalui Musa, Tuhan melakukan mujizatnya dengan meminta Musa untuk mengangkat tongkatnya dan membelah laut tersebut menjadi dua agar Bangsa Israel bisa melewati laut tersebut.

Nama Laut Merah justru disebutkan dalam Perjanjian Baru

Saat itu, Bangsa Israel sedang melakukan perjalanan keluar dari Mesir menuju Kanaan, tanah perjanjian Tuhan. Pada Keluaran, nama Laut Merah disebutkan sebagai Laut Teberau.  Kisah Para Rasul 7:36, "Dialah yang membawa mereka keluar dengan mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di tanah Mesir, di Laut Merah dan di padang gurun, empat puluh tahun lamanya."

Juga pada Ibrani 11:29, "Karena iman maka mereka telah melintasi Laut Merah sama seperti melintasi tanah kering, sedangkan orang-orang Mesir tenggelam, ketika mereka mencobanya juga." Lewat dua ayat ini, kita mengetahui kalau laut yang dimaksud dalam kitab Keluaran disebut sebagai Laut Merah.

Baca juga: Fakta Alkitab: Kota Nazaret, Kota Dimana Yesus Dibesarkan

Benarkan merah dalam sebutan Laut Merah dimaksudkan untuk banyaknya pertumpahan darah orang Mesir?  

Ada banyak orang yang mengartikan Laut Merah karena laut ini telah menewaskan banyak pasukan Mesir. Padahal, Laut merah atau Red Sea (Inggris) dari kata Ibrani bukanlah suatu terjemahan yang sesuai dengan kata dalam teks bahasa asli ibrani atau Septuaginta Yunani.

Dalam Bahasa Ibrani, laut ini disebut Yam Suph, dan kata ini muncul sebanyak 23 kali dalam kitab Perjanjian Lama. Yam yang berarti laut, sementara Suph berarti gelagah, teberau, alang-alang air, jenis tanaman air.

Sementara alang-alang disebut sebagai reed dalam Bahasa Inggris. namun, terjadi kesalahan untuk menyebut reed menjadi red. Pada musim panas, air di Laut Merah terlihat kemerahan akibat warna dari alang-alang, ganggang, dan ekosistem yang berada di bawahnya tersebut.

Dimanakah tepatnya Bangsa Israel menyeberangi Laut Merah?

Diperkirakan bahwa tempat penyeberangan Bangsa Israel yang tepat saat itu adalah kota Nuweiba di Teluk Aqaba. Nuweiba sendiri merupakan kependekan dari Bahasa Arab Nuwayba'al Muzayyinah yang berarti air yang dibelah Musa.

Teluk ini ada di Laut Merah. Teluk Aqaba dan Teluk Suez merupakan dua teluk yang menjorok dari ujung utara Laut Merah, dan teluk Aqaba terletak di sebelah timur Teluk Suez. Teluk Aqaba, yang juga disebut sebagai Laut Merah merupakan teluk yang dibicarakan oleh sebagian besar orang Ibrani saat mengacu pada Laut Merah.

Ayat-ayat yang mengacu pada Teluk Aqaba: Keluaran 23:31, Bilangan 21:2, Ulangan 2:1, Hakim-hakim 11:16, 1 Raja-raja 9:26. Sementara Teluk Suez hanya disebut dengan Laut Merah satu kali dalam Keluaran 10:19.

Jembatan dalam laut

Ryon Wyatt sebagai seorang Arkeolog amatir pernah menyelam di lokasi dan mengambil foto roda kereta mesir kuno pada tahun 1978. Dengan panjang 160 km dan lebar 24 km, dan titik kedalamannya mencapai 1850 m di bagian tengah.

Sebuah penemuan menjelaskan kalau tempat dimana bangsa Israel menyeberang merupakan 'jembatan' dasar laut yang memiliki panjang 17.7 km, lebar 11-16 km, dan kedalamannya hanya 800 m, sementara kiri dan kanan 'jembatan' ini kedalamannya dapat mencapai lebih dari 1600 m.

Sekarang, teluk ini menjadi salah satu situs utama dunia untuk menyelam karena kaya akan karang dan keanekaragaman hayati laut lainnya.

 

 

 

Sumber : jc channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7273

advertise with us