Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
747


Apakah kamu pernah memiliki saat-saati dimana kamu ngerasa seolah-olah kamu berjalan sendirian dalam menjalani pernikahan kamu?

Apakah kamu pernah merasakan hal-hal yang nggak bisa kamu pahami ketika pria yang kamu kasihi membuat luka dalam pernikahan kamu?

Mulai dari sekarang, sebagai orang Kristen, kamu nggak perlu menyimpan rasa sendiri tersebut, berdirilah menjadi wanita yang menginspirasi suami kamu, belajarlah menjadi istri yang bisa menarik hatinya sehingga kamu bisa lebih dekat kepadanya.

Titik awal untuk sebuah perubahan yang nyata dalam pernikahan ataupun suami kamu adalah dirimu sendiri.

Gary Thomas, penulis buku Sacred Marriage and Sacred Influence, mengatakan bahwa, "Kamu nggak bisa membuat suami kamu melayani kamu dan perduli kepada kamu setiap saat, tapi kamu bisa fokus untuk membantu dia sesering mungkin karena tindakan itu akan mendorongnya untuk melayani dan peduli kepada kamu, bahkan sikap kamu itu akan melepaskan pengalaman spiritual yang luar biasa  dalam hidupmu sendiri."

1. Ikut dan dampingilah suami kamu

Dalam Kejadian 2:18 setelah Allah menciptakan Adam, Ia melihat bahwa "... Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja." Jadi Allah membuat penolong yang sepadan atau yang tepat untuk dia.

Penolong yang dimaksud oleh Allah adalah seorang wanita,

Sering sekali kita mengkategorikan bahwa wanita menduduki kelas rendah karena hidupnya untuk membantu suami, padahal Allah katakan , wanita adalah penolong dan itu sangat penting.

Ketika Tuhan berkata bahwa Ia akan membuat penolong yang cocok untuk Adam,  maka Ia juga menggunakan kata yang sama untuk menggambarkan peran dan pelayanan Roh Kudus dalam hidup kita.

Dalam perjanjian baru, Roh Kudus disebut sebagai penolong, selain itu Dia juga penasihat kita, penghibur, pendoa syafaat dan pembela.

"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran." (Yohanes 14:16-17a)

Penolong diterjemahkan dalam bahasa Ibrani yang berarti sebagai orang yang membawa kekuatan dan kualitas yang unik untuk orang lain. Sifat-sifat ini yang seharusnya dimiliki oleh wanita, supaya bisa melengkapi dan menyatukan suami dan istri dalam pernikahan.

Jadi itulah mengapa bahwa menjadi penolong yang baik adalah salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk suami kita. Hadapi semuanya dengan tenang dan dengan penuh doa menantikan apa yang Tuhan ingin kamu ketahui mengenai kebuthan suami kamu dan gimana kamu menanggapi kebutuhan itu dengan baik. Sama seperti Roh Kudus, Ia melayani hati kita dan kamu juga bisa dengan tenang melayani suami kamu dengan menjadi penolong yang baik tanpa dia sadari.

2. Bantu suami kamu agar terus terlihat baik

Aku ingat seorang teman beberapa tahun yang lalu, dimana pernikahannya penuh dengan ricuh karena keuangan dan suaminya suka bermabuk-mabukan.

Buatku, sah-sah aja jika dia bertujuan menceritakan semuanya kepada saya agar perasaannya lega, tetapi sayangnya dia menceritakan hal yang sama kepada orang lain. Bahkan menjelek-jelekkan suaminya dan mencari pembenaran di depan teman hingga keluarganya.

Sebaiknya sebagai istri dalam Kristus, kita tidak seharusnya bersikap menjadi musuh dan menunjukkan dendam kepada pasangan, tapi perlakukan dia dengan cara yang sama seperti kamu ingin diperlakukan. Dia akan melihat hal ini dan seiring waktu menyadari bahwa kamu benar-benar penuh kasih. Inilah yang seharusnya dilakukan seorang istri.

BACA JUGA YA : Untuk Suamiku, Aku Ingin Terus Menjadi Penolongmu Di Setiap Musim Hidupmu

3. Dorong dan motivasi dia secara pribadi

Meskipun suami begitu menyebalkan dan menyakiti kita, tetap kasihi dia. Memang itu tidak mudah, tapi saya tahu bahwa kamu akan berhasil melakukannya sebab Tuhanpun demikian kepada kita.

Tunjukkan bahwa kamu sangat mengasihi dia. Lakukan hal-hal kecil seperti meningalkan catatan tempel di cermin kamar mandi dan mengatakan bahwa dia adalah suami yang luar biasa.

Jangan meremehkan kata-kata yang keluar dari mulut kamu untuk suami, karena itu sangat penting sekali untuk menyembuhkannya dan mengangkatnya untuk berubah.

Dorong dan motivasi suami kamu dengan cara yang disengaja, tentu saja!

Mungkin kadang, kamu nggak begitu tertarik untuk mendengar mengenai rapatnya di kantor, ide baru atau tim olahraga favoritnya. Tapi ingat, dorongan dan kata-kata kamu menguatkan dia loh, jadi kamu haruslah tetap ada untuknya apapun kondisinya.

Kamu bisa menjadi dampak yang besar dalam pernikahan kamu, kehidupan kamu, pekerjaan dan kesejahteraan pribadi kamu hanya dengan memberikan suara yang tegas, senyum positif dan sentuhan yang lembut.

Sebagai Penulis dan Konselor, Elyse Fitzpatrick mengatakan, " Saya tahu bahwa itu nggak mudah dilupakan, tapi sebagai seorang istri, karena kedekatannya dengan suami, biasanya akan menghasilkan pengaruh yang besar dalam kehidupan suaminya."

Menjadi seorang istri yang berdiri dalam kebenaran dan kasih memang kadang-kadang tidak begitu mudah, tapi sebenarnya itulah pilihan terakhir yang harus kita lakukan selama-lamanya. Pertahanan yang kuat dalam sebuah pernikahan dan rumah tangga adalah istri, itu sebabnya wanita harus terus menjadi tiang doa dan jangan berhenti!

Sumber : crosswalk | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth