Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
661


Kata 'teologi' mungkin kedengaran berat di telinga kita. Tapi tahukah kamu kalau kata ini dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) artinya adalah pengetahuan ketuhanan soal pengenalan akan sifat Allah, dasar kepercayaan kepada Allah dan agama, terutama berdasarkan pada kitab suci.

Sebagai keluarga Kristen, setiap orangtua harus tahu kalau sebenarnya mengajarkan teologi ke anak itu penting loh. Ada 5 manfaatnya loh buat anak.

1. Membantu anak belajar soal Kitab Suci

Pengenalan anak akan Tuhan harus didapatkan lewat Kitab Suci (Ulangan 6: 6-7; Mazmur 78: 1-8). Itu sebabnya orangtua harus mengenalkan anak soal Tuhan dan firmanNya sejak bayi karena hal itu berguna untuk membuat anak lebih tertanam di dalam iman kepada Kristus (2 Timotius 3: 15). Jadi saat orangtua mengajarkan soal teologi secara otomatis anak juga akan belajar soal kitab suci.

2. Membantu gemar membaca Alkitab

Saat anak membaca Alkitab, mereka akan DNA ilahi di dalam diri mereka, baik dalam cara pemikiran dan pandangannya akan diubahkan. Sehingga setiap hal yang hendak mereka tahu akan selalu diuji lebih dulu berdasarkan firman Tuhan. Karena itulah mereka akan selalu terdorong untuk gemar membaca Alkitab.

3. Sadar kalau teladan hidup jadi orang percaya itu penting

Sebagai orangtua, kamu mungkin pernah diserang dengan serangkaian pertanyaan dari anak balitamu. Mungkin mereka bertanya, “Kenapa sih kita harus membaca Alkitab? Siapa sih malaikat itu? Nah, inilah waktunya buat orangtua untuk memberikan jawaban secara teologi. Sekalipun mereka akan tahu banyak soal firman Tuhan, tetap ingatkan bahwa teladan hidup adalah hal yang lebih penting daripada hanya sekadar mengetahui isi firman Tuhan.

Baca Juga : Cegah Anak Jadi Korban Perdagangan, Rumah Faye Fokus Lakukan 3 Program Ini

4. Teologi membuat anak teguh dan kuat dalam menghadapi tantangan

Anak jaman sekarang dikelilingi oleh beragam godaan negatif dari sekelilingnya. Sekali mereka lemah dalam iman, maka anak anak sulit untuk ditolong. Salah satu cara untuk memampukan anak berdiri teguh adalah dengan mengajarkan mereka soal teologi iman Kristen. Membesarkan anak kuat secara teologi memastikan stabilitas masa depan mereka dan melindungi mereka dari setiap tantangan hidup.

5. Membentuk karakter anak dan mendewasakan mereka dalam tindakannya

Mengajarkan anak tentang teologi sejak balita membentuk karakter dan tindakan mereka sesuai dengan sifat Allah. Lewat teologi, anak bisa memilah kehendak manusia maupun kehendak Tuhan. Sehingga setiap tindakan yang mereka lakukan akan ditentukan oleh pandangan mereka tentang kebenaran.

Firman Tuhan adalah pelita bagi kaki kita dan terang bagi jalan kita. Hal ini juga berlaku buat anak-anak kita. Jadi, perkenalkanlah mereka sejak hari ini dengan Alkitab.

Sumber : Crosswalk.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muhammad fachri Nasution 23 September 2019 - 03:07:04

I spoken word

0 Answer

Alfian Febriyan Official 22 September 2019 - 23:51:09

perbedaan sco unix dan sun unix

0 Answer

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3