Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1347


Indonesia punya beberapa agama yang diakui oleh negara. Ada Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Keberagaman ini dilengkapi dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta jiwa dari berbagai latar belakang. Ditengah pluralisme ini, apakah hubungan cinta antara dua orang dengan berbeda keyakinan harus dihindari?

Pada dasarnya, hukum di Indonesia tidak mengatur secara khusus perihal ini. Pernikahan dianggap sah apabila dilakukan sesuai dengan agama dan kepercayaannya sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang menyatakan:  “Perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.”

Hal tersebut berarti undang-undang perkawinan menyerahkan ajaran dari agama masing-masing. Pacaran beda agama sering menjadi isu bagi kalangan anak muda untuk memulai hubungan tanpa pikir panjang. Sehingga kemudian, hubungan ini malah membawa mereka pada sebuah hubungan yang lebih serius dan membawa kebingungan ditengah-tengah hubungannya.

Kali ini, Kata Alkitab mengenai pacaran beda agama, Raditya Oloan menjelaskan kalau Alkitab tidak bilang jelas mengenai dating atau hubungan pacaran, yang ada hanyalah pernikahan.

Dalam kekristenan sendiri, pacaran merupakan membina hubungan dimana Kristus ada di tengah-tengah mereka. Pacaran sendiri juga merupakan sarana atau zona yang digunakan untuk saling mengenal satu sama lain untuk melangkah ke tahap yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Pacaran adalah tentang kesiapan hati kita, bukan kebutuhan

Kebanyakan anak muda, memilih pacaran bukan karena kesiapan, melainkan karena kebutuhan. Padahal, pacaran seharusnya berada dalam konteks kalau kita siap untuk mengasihi seperti Kristus. Jelasnya, bagaimana cara kita mengasihi seseorang, sementara diri kita sendiri kosong, sehingga akhirnya kita butuh kehadiran akan seseorang.

Konsep mengasihi saat menjalin hubungan pacaran

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah dengan bertanya pada diri kita soal kesiapan hati, atau karena kita memang menginginkan mengambil sesuatu dari orang lain. Misalnya kita menginginkan perhatian dari orang lain atau ingin waktu dari seseorang untuk dihabiskan bersama. Sikap ini tidak dibenarkan dalam konsep pacaran, sebab kasih, cinta adalah tentang memberi, bukan menerima. Menjalin hubungan tentang saya dan saya, baik itu berada dalam satu agama maupun tidak, bisa dipastikan kalau hubungan tersebut akan berantakan.

Kalau sudah terlanjur cinta, gimana?

Cinta memang bisa berasal dari perasaan, tapi harus berakhir pada sebuah komitmen. Kembali pada prinsip bahwa pacaran bertujuan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, dimana pernikahan adalah dua orang yang menjadi satu.

Tanyakan pada diri sendiri, bagaimana cara kita menjadi satu kalau Tuhannya saja sudah beda, prinsipnya beda, nilai-nilai yang dianut juga sudah berbeda. Bukankah jauh lebih baik sakit hati karena melepaskannya sekarang, dibandingkan harus menunggu di kemudian hari menderita untuk selamanya.

Baca juga: Bikin Nggak Damai Sejahtera, Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Segera Hilangkan Akar Pahit!

Arti sepadan dan seimbang

Sepadan berbicara mengenai sebuah nilai. Kita perlu tahu kalau seorang suami adalah imam dalam pernikahan, sementara istri merupakan penolong. Pernikahan bertujuan pada Kristus. Sepadan disini berbicara tidak hanya mengenai agama, melainkan keyakinan.

1 Yohanes 2:9, "Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang." Meskipun kita mendapati seorang saudara yang tidak memiliki tujuannya kepada Kristus, kita tidak bisa lantas berkata kalau orang tersebut sepadan dengan kita.

Jadi, pacaran berbeda agama dalam Alkitab adalah tidak, sebab pacaran kekristenan bertujuan bersama dengan Kristus. Saat menjalin sebuah hubungan atas nama cinta, kita harus menyadari kalau cinta sendiri adalah Kristus. Berarti saat kita menjalin sebuah hubungan beda agama, sama halnya kita berjalan tanpa adanya Kristus yang hadir di tengah-tengah hubungan kita tersebut.

Sumber : jc channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7190

Gempa Lombok