Muridkan Anak Dengan Doa. Berdoalah Bersama Mereka Dengan Cara Seperti Ini!

Parenting / 27 July 2018

Kalangan Sendiri

Muridkan Anak Dengan Doa. Berdoalah Bersama Mereka Dengan Cara Seperti Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
1772

Sejak kecil, biasanya anak-anak suka sekali meniru orang -orang di sekitar mereka.

Misalnya, mereka pura-pura berdandan, atau ambil handphone dan taruh di telinganya dan melakukan percakapan satu arah.

Kadang-kadang mereka juga suka seperti meniru suara orangtua mereka, dan memeriksa hewan peliharaan mereka.

Sikap meniru ini juga berlaku dan terlihat di area kerohanian mereka. Anak-anak mulai belajar dan meniru dari kita sebagai orangtua bagaimana cara kita berdoa. Mereka akan mendengarkan dan memerhatikan cara kita berdoa, mungkin mereka akan melipat tangan seperti kita dan berkata "amin" di akhir doa ketika doa bersama.

Mereka juga akan belajar dengan cepat untuk meminta pertolongan dari Tuhan, kesembuhan, dan kebutuhan mereka, hal itu karena memang anak-anak belajar dan memperhatikan apapun yang kita lakukan.

Itu dia mengapa, sebagai orangtua kita harus benar-benar menjadi role model yang baik dan memuliakan nama Allah, supaya anak-anak kita juga bertumbuh demikian.

Selain itu, kita juga perlu mendoakan mereka agar sekiranya kita tetap bisa memuridkan mereka dalam kebenaran dan pertumbuhan yang dasyat di dalam Tuhan.

Berikut ada 4 cara yang bisa kita lakukan ketika berdoa untuk anak-anak kita :

1. Dalam Pengenalan Akan Tuhan

Ajak anakmu untuk memuji Tuhan atas kehebatan, kebaikan dan kasihNya, saat itu anak-anak juga akan belajar mengenai karakterNya.

Sewaktu kita memuji dan menyebutkan semua tentang siapa Kristus dan didengarkan anak-anak, maka mereka akan belajar mengenal bahwa Allah adalah penuh kuasa dan mengendalikan segala sesuatu. Allah juga penuh belas kasihan, penuh kasih, murah hati, pemaaf, kudus dan adil.

Pujilah Allah sedemikian, sehingga ketika anak mendengar mereka mengetahui dan menirunya.

Semakin banyak dan semakin sering anak-anak mendengar sifat-sifat dan karakter Allah maka semakin banyak kebenaran yang ditanamkan di hati mereka.

2. Dalam soal pertobatan

Sebagai orangtua, berdoalah untuk pengampunan, sebab itulah aspek yang penting banget dalam sebuah doa. Sebagaimana 1 Yohanes 1:9 mengatakan "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."

Ketika kita berdoa dengan sungguh-sungguh bersama anak-anak dan memasukkan kata-kata minta ampun, dan pertobatan dalam doa-doa kita, maka mereka akan belajar betapa kita butuh sebuah pengampunan dan hanya Allah yang bisa mengampuni kita. Kita juga bisa berdoa melalui firman Allah, menyuarakan firmanNya dengan penuh rasa syukur mengenai apa yang telah Kristus lakukan bagi kita di dalam kehidupanNya yang sempurna, dimana kematianNya dikorbankan dan mengenai kebangkitannya yang penuh dengan kemenangan untuk menebus dosa-dosa kita.

3. Dalam Tujuan

Anak-anak kita belajar tentang tujuan doa dengan mendengarkan doa kita. Jika doa-doa kita hanya mengenai meminta dan meminta terus kepada Tuhan, maka mereka juga akan berpikir bahwa itulah arti dari sebuah doa. Jika kita berdoa hanya ketika kita mengalami kesulitan, maka mereka akan berpikir bahwa doa hanya untuk keadaan darurat saja. Namun ketika kita berdoa dalam segala keadaan, beberapa kali sehari, memuji Tuhan, berterimakasih kepada Tuhan, bertobat kepada Tuhan dan meminta kebutuhan kita juga orang lain dipenuhi, maka mereka akan belajar banyak hal mengenai doa.

4. Dalam kepercayaan

Dikutip dari Crosswalk, John Calvin menulis bahwa doa itu kebanyakan untuk kebaikan kita, bukan untuk kebaikan Tuhan. Itulah yang harusnya membuat kita semakin percaya dan bergantung pada Pencipta dan Juruselamat kita. Ketika kita menyaksikan Tuhan bergerak dalam hidup kita dan menanggapi doa-doa kita, maka iman kita akan semakin bertumbuh dan kita semakin ingin berdoa.

Ketika kita berdoa bersama anak-anak kita, kita juga harus merenungkan dengan rasa syukur atas cara Tuhan menjawab doa-doa kita. Kita harus bersukacita bersama anak-anak kita ketika Tuhan menyelamatkan sanak keluarga kita yang hilang, menyembuhkan orang yang sakit dan menyediakan kebutuhan yang kita doakan.

Doa adalah hak istimewa yang luar biasa, karunia dan sebuah anugerah. Nggak cuma buat kita, tetapi untuk anak-anak kita juga. Ketika kita berdoa bersama anak-anak kita, doa-doa kita menginstruksikan dan mengajari mereka untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang Tuhan, siapa kan Tuhan dan apa yang telah Dia lakukan.

Sebagai orangtua, marilah kita belajar untuk memuridkan generasi kita.

Sumber : crosswalk/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami