Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
934


Pernah mengalami timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh? Biasanya kulit mengalami ruam atau bercak-bercak merah karena gigitan serangga atau alergi tertentu. Namun, kalau bercak merah yang timbul cukup banyak dan nampak seperti jerawat tapi tidak berisi, maka bisa jadi kita terkena biang keringat.

Penyebab biang keringat

Biang keringat yang merupakan nama ganti dari miliaria merupakan gejala ruam kulit yang terjadi saat keringat, sel kulit mati, atau bakteri terperangkap di bawah kulit, atau bisa juga terjadi karena keringat yang tersumbat.

Umumnya, biang keringat timbul di area punggung, ketiak, dada, siku atau pangkal paha. Biasanya, biang keringat akan hilang hanya dalam hitungan hari. Meski demikian, ada beberapa kasus yang serius sehingga menyebabkan gangguan mekanisme regulasi panas pada tubuh.

Biang keringat seringkali membuat tubuh kita merasa nggak nyaman karena menimbulkan rasa gatal pada area ruam merah. Kalau kita garuk, bisa-bisa bikin kulit jadi luka. Nah, buat kamu yang sedang mengalami biang keringat, yuk simak beberapa cara di bawah. .

1. Hindari tempat yang panas dan terpapar sinar matahari secara langsung

Kondisi panas dari paparan sinar matahari bisa memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat, dimana keadaan ini dapat membuat ruam merah semakin parah. Ada baiknya kita memilih untuk berada di tempat yang dingin dan sejuk saat mengalami biang keringat. Usahakan untuk minum dengan jumlah yang cukup agar kita tidak terkena dehidrasi yang ditimbulkan oleh cuaca panas.

2. Pilih pakaian yang menyerap keringat dan longgar

Salah satu bahan pakaian yang baik untuk digunakan adalah bahan katun. Poliester atau serat sintetis adalah jenis bahan-bahan yang justru menyerap panas dan memicu tubuh untuk memproduksi keringat berlebih. Selain itu, buatlah tubuh menjadi lebih nyaman dengan menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat.

Baca juga: Bahaya! Kelamaan Habiskan Waktu Di Depan Layar Berisiko Pada Mata, Ini Kata Ahli

3. Rutin ganti pakaian, sprei dan handuk

Salah satu penyebab timbulnya biang keringat adalah bakteri yang ada pada kulit kita. Pakaian, sprei dan handuk bisa menjadi tempat timbulnya bakteri-bakteri buruk yang menyebabkan biang keringat semakin buruk. Keringat kita juga seringkali menempel pada pakaian, sprei dan handuk, itulah sebabnya ada baiknya kalau kita menggantinya secara berkala.

4. Lekas mandi setelah tubuh berkeringat

Keringat menyebabkan beberapa bagian tubuh kita menjadi lembab. Ada baiknya untuk membersihkan tubuh dengan menyeluruh saat kita berkeringat. Sebab keringat pada bagian kulit jauh lebih mudah tercampur dengan kotoran, sel kulit mati atau bakteri yang dapat menyebabkan biang keringat. Namun, perlu diingat untuk mengeringkan tubuh dari keringat terlebih dahulu sebelum mandi.

Kapan kita harus ke dokter karena biang keringat?

Untuk meredakan rasa gatal, melansir dari Hellosehat, ada baiknya kita menggunakan losion calamine, krim hydrocortisone, tablet antihistamin dan steroid topikal. Saat area ruam merah terasa panas, sakit atau bengkak. Timbulnya nanah hingga demam juga memungkinkan terjadi pada kasus yang cukup serius. Saat mengalami gejala seperti itu, segeralah menghubungi dokter saat mengalami gejala-gejala di atas.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

advertise with us