Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
379


Dikutip dari Wikipedia, empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspeltif orang lain. Gampangnya, kita menempatkan diri kita pada posisi orang lain, itulah yang bisa kita sebut sebagai empati.

Rasul Paulus dalam 1 Petrus 3:8, "Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati," mengajak kita untuk berempati. Untuk memulainya, kita harus bisa memahami keadaan orang tersebut, kemudian kita berbagi perasaan yang tumbul dalam dirinya karena keadaan tersebut.

Memiliki sikap yang empati dapat membantu kita dalam mengasihi sesama dengan tulus, juga menjadikan kita sebagai pendengar dan teman yang baik, bahkan sampai memberikan perasaan bahagia dalam jiwa kita.

Sikap empati harus dimulai dengan kepekaan dari diri kita sendiri, untuk itu, yuk lakukan 3 cara ini agar kita bisa menjadi jauh lebih peka terhadap orang lain.

1.  Kenali lebih banyak orang

Tahun 2015 lalu, dalam sebuah penelitian di Swiss, para ahli mengemukakan kalau manusia belajar berempati ketika menghabiskan banyak waktu bersama orang-orang baru. Memiliki pengalaman yang positif bersama beberapa orang yang punya latar belakang dan ceritanya masing-masing dapat membantu kita berkomunikasi sekaligus menjadikan kita sebagai pribadi yang jauh lebih peka.

2. Mengalami keadaan dengan banyak tekanan

Berada dalam tekanan bisa menjadikan diri kita semakin jauh lebih peka. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi pada tahun 2017 yang menjelaskan kalau saat kita berada di dalam tekanan dan merasa sedikit stres atas sebuah pekerjaan, otak kita akan berada dalam 'emphatic circuit.'

Keadaan inilah yang membantu kita membayangkan emosi, rasa sakit dan menghubungkan semuanya dalam satu perasaan, kemudian tertuang saat kita melakukan suatu aktifitas tertentu. Melalui tekanan, stres, dan emosi, kita jadi mengetahui apa yang orang rasakan saat sedang berada di posisi yang sama dengan kita.

Baca juga: Menjalin Hubungan Dengan Dia Yang Pernah Bercerai, Bolehkah?

3. Cari teman baru, dan jalin kedekatan bersama mereka

Sebuah percobaan di McGill tahun 2015 menemukan kalau rasa empati punya efek langsung pada pengalaman kita mengenai rasa sakit. Dalam percobaan tersebut, ada dua orang yang diminta untuk memasukkan tangan mereka masing-masing ke dalam sebuah ember berisi air es. Orang-orang  tersebut adalah mereka yang sama sekali tidak mengenal satu sama lain, sementara orang lainnya ada pula dari mereka yang sudah menjalin hubungan pertemanan.

Anehnya, percobaan ini menunjukkan kalau mereka yang sudah menjalin hubungan pertemanan mengaku mengalami rasa tidak nyaman yang lebih parah dibandingkan saat melakukannya bersama orang yang tidak dikenalnya. Melalui studi ini kita bisa mengetahui kalau hubungan kedekatan dengan seseorang bisa meningkatkan rasa empati yang kita miliki.

Untuk memperbaiki rasa empati, penting bagi kita untuk membuka pintu bagi setiap pengalaman, baik itu hal yang baik maupun buruk. Empati membuat kita menyadari sebuah kasih yang tidak mementingkan diri sendiri. Lewat empati, kita juga menyadari kalau memberikan dorongan pada seseorang tidak hanya mengenai suatu hal yang tidak terlihat. 

Sumber : bustle.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

Konselor