Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
733


Nazaret (bahasa Arab an-Nasirah; bahasa Ibrani Baku Nazerat, Ibrani Tiberias Naserat adalah sebuah kota kuno di utara Israel. Kota tempat dimana Yesus dibesarkan ini kini merupakan kota Arab terbesar di Israel.

Nama Nazaret sendiri diyakini berasal dari akar kata Ibrani, Netzer yang berarti tunas atau taruk yang tumbuh, juga dipercayai bahwa Nazaret berarti kembang bunga yang sedang mekar. Nazaret terletak dibagian utara Israel di wilayah Galilea, kira-kira 30 km di bagian Barat danau Galilea. Dengan ketinggian sekitar 375 meter di atas permukaan laut.

Yesus membuat mujizat pertama di kota dimana Ia dibesarkan

Masih ingat cerita tentang pernikahan di Kana? Di Kana inilah pertama kali Yesus membuat mujizat, seperti yang tertulis dalam Yohanes 2:1-12. Kana terletak agak ke utara  bagian timur kota Nazaret dan kira-kira 10 km di bagian tenggara terdapat Gunung Tabor, tempat dimana Yesus mengubah wajahNya di hadapan para murid.

Sebutan Yesus Orang Nazaret

Yesus Kristus dibesarkan di Nazaret sehingga orang banyak menyebutnya Yesus orang Nazaret. dalam Matius 2:23, Yesus disebut sebagai orang Nazaret yang dalam bahasa Yunani Nazaraios atau Netzeri dalam bahasa Ibrani. yang berarti orang yang berasal dari Nazaret atau 'Sang Tunas'.

Ini adalah nubuatan Nabi Yesaya dalam kitab Yesaya 11:1, "Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah." Dengan demikian, sebutan di atas kayu salib Yesus 'INRI' yang biasa diartikan Yesus Orang Nazaret Raja Orang Yahudi dapat juga diartikan Yesus Sang Tunas Raja Orang Yahudi.

Kebenaran keberadaan Kota Nazaret

Uniknya, sebelum Yesus, dalam seluruh Perjanjian Lama di Alkitab maupun di dalam literatur-literatur kuno. Kota Nazaret tidak pernah disebut-sebut. Namun, menurut penelitian para ahli Arkeologi, sejak abad ke-10 sebelum masehi telah ditemukan jejak-jejak kehidupan manusia di kota kecil ini.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya banyaknya gudang, sumur-sumur tempat penyimpanan air hujan serta batu penggilingan gandum yang diperkirakan telah digunakan sekitar 3000 tahun  yang lalu.

Nazaret pada masa Perjanjian Baru

Pada masa Yesus, Nazaret hanyalah sebuah kita kecil dengan panjang seluas 2700 m dengan lebar sekitar 200 m. Dalam Injil Lukas, Nazaret pertama kali di deskripsikan sebagai A Town Of Galilee yang dalam bahasa Indonesia berarti satu kota Galilea.

Desa kecil ini juga dikenal sebagai kota kediaman Bunda Maria. Sekarang, Nazaret adalah sebuah ibukota dan merupakan salah satu kota terbesar di distrik Israel bagian utara. Nazaret terletak di antara celah selatan di Pegunungan Libanon, di kaki bukit yang terjal, sekitar 23 kilometer dari Laut Galilea dan sekitar 6 km barat Gunung Tabor, pada ketinggian kaki.

Kota modern ini terletak lebih rendah di kaki bukit di banding zaman kuno. Dengan populasi 75.922 orang pada tahun 2016, mayoritas penduduk kota Nazaret adalah Arab-Israel dengan sekitar 35-40%nya merupakan orang Kristen dan sisanya adalah Muslim. Pemerintah Israel membuat Kota Baru  pada tahun 1950-an di sebut Natzra Illit atau Nazaret Atas dan mengisinya dengan komunitas Yahudi.

 

Sumber : jc channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7190

Gempa Lombok