Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Saat Bertemu Penghalang Jalan, Putarlah Arah Jalanmu dan Ikuti Panduan Tuhan! Sumber : milewalk.com

16 July 2018

 826
[Daily Devotional]

Saat Bertemu Penghalang Jalan, Putarlah Arah Jalanmu dan Ikuti Panduan Tuhan!

Yeremia 29: 11

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 17; Matius 17; Amos 3-5

Kadang Tuhan menempatkan rintangan di depanmu supaya kamu segera mengambil keputusan untuk berhenti atau berjalan ke arah yang lain.

Beberapa jalan yang Tuhan tunjukkan bisa ssangat jelas kamu ikuti. Tapi di sisi lain, kamu harus memilih arah sesuai dengan petunjukkan Roh Kudus.

Aku mendengar bagaimana orang-orang di perlintasan kereta api yang melihat lampu merah berkedip, bel berbunyi, berdentang, kereta mendekat dan mereka masih terus mencoba untuk melintasi rel kereta api dengan laju yang sangat kencang. Mereka yang cukup beruntung melewati rel itu melaju secepat mungkin.

Hal serupa berlaku bagi mereka yang mengemudi di sekitar jalan tergenang air saat banjir. Orang-orang ini melihat air tenang dari permukaan, kelihatannya rendah dan aman untuk disebrangi. Sayangnya, saat hendak melintasinya banyak kendaraan yang terjebak di dalam genangan air yang ternyata cukup dalam. Kendaraan mereka harus ditarik keluar oleh tim penyelamat. Atau lebih buruknya, para pengemudi justru ikut tersapu oleh aliran air.

Berapa kali kita begitu keras kepala dan  mengabaikan semua tanda yang terlihat? Kalau kamu tak menaati pimpinan Roh, kemungkinannya kamu akan berakhir dengan kegagalan yang lebih besar daripada berakhir dengan kesuksesan. Saat segala sesuatunya tak berjalan sesuai dengan rencanamu, kamu harus percaya bahwa Tuhan sudah menempatkan tanda penghalang jalan untuk melindungi dirimu sendiri.

Pendetaku, Rick Godwin pernah bilang, “Saat kamu diperhadapkan dengan sebuah penghalang jalan, ambillah jalan memutar. Jalan memutar bisa jadi jalan raya antarnegara yang mengarahkanmu menuju impianmu. Itu bukan ujung jalan tapi sebuah tikungan jalan.”

Allah menginginkan supaya umatNya Israel meninggalkan Mesir dan kembali ke Tanah Perjanjian. Setelah 400 tahun penawanan, saatnya tiba ketika Firaun membiarkan umat Tuhan meninggalkan Mesir. Alih-alih membawa mereka melalui jalan pintas, Dia malah membawa mereka melalui padang gurun sebelum mencapai Tanah Perjanjian (Keluaran 13: 17-18).

Mungkin jalan hidup yang kamu lalui sepertinya gak sesuai dengan tujuan yang kamu mau. Bahkan mungkin terlihat salah arah. Tapi, jangan kuatir kalau Tuhan membawamu menuju jalan memutarNya karena kamu akan selalu tiba di tempat yang benar.

Contoh lain yang dituliskan di Alkitab adalah seperti kisah Paulus dan Silas. Mereka adalah dua pria Perjanjian Baru yang berkeliling mengabarkan injil. Kedua orang ini setia pada jalan kebenaran dan pergi kemana pun Tuhan membimbing mereka. Di dua kesempatan di Kisah Para Rasul 16, Roh Kudus menghalangi mereka untuk pergi ke tempat yang sudah mereka rencanakan.

“Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.”

Kalau saja Paulus dan Silas pergi mengikuti rencana mereka, Tuhan tahu persis apa yang akan terjadi. Dengan bijak, mereka memilih untuk memperhatikan bimbingan batin dari Roh Kudus dank arena ketaatan mereka Allah menyatakan kepada Paulus jalan yang benar untuk mereka ikuti. Paulus tahu pentingnya menyediakan waktu untuk mencari Tuhan dalam doa. Aku yakin kalau dia dipanggil untuk Tuhan dan meminta konfirmasi dari Tuhan soal perjalanan selanjutnya.

“Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya, katanya: "Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!”(Kisah 16: 9)

Mudah sekali merasa kesal kepada Tuhan saat kamu berada di tengah rintangan. Tapi, tak adil rasanya kalau Tuhan hanya ingin membuatmu berada di jalan yang benar. Dia tak di sana untuk menghalangi jalanmu. Justru Dia di sana untuk membantumu mengetahui apa yang harus kamu pilih. Jadi, pada saat kamu diperhadapkan dengan penghalang jalan, kembalilah ke pemandu tur pribadimu yaitu Tuhan, dan Dia akan mengarahkanmu ke rute sisa perjalananmu.


Tuhan saja memelihara dan mendandani rumput di ladang, apalagi kamu biji mataNya. Percayalah sepenuhnya kepada Dia!

                      

Hak cipta Jacqueline J. Overpeck, diterjemahkan dari Cbn.com

Sumber : Cbn.com/Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

advertise with us