Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1583


Keterbatasan dana kerap jadi masalah bagi pendiri lembaga Non-Profit yang bersifat kemanusiaan, sosial maupun keagamaan. Karena itulah, beragam cara dilakukan untuk bisa mendapat sokongan dana dari para kalangan dermawan.

Hari-hari ini, seiring munculnya media sosial kita bisa lihat ada banyak orang yang terlibat dalam berbagai bentuk event fundraising (penggalangan dana) untuk menyokong sebuah lembaga non-profit yang membutuhkan bantuan.

Mungkin gak secara kebetulan juga, kamu yang lagi baca artikel ini sedang membangun komunitas atau organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk kebaikan banyak orang. Dan mungkin saja saat ini kamu sedang mengalami masalah yang sama yaitu terkendala dana untuk mengembangkan pekerjaan mulia ini. Jangan kuatir! 7 cara fundraising kreatif ini mungkin bisa membantumu mendapatkan dana yang kamu butuhkan dalam waktu yang cukup singkat.

1. Running Event

Cara fundraising yang satu ini sedang ngetren-ngetren-nya belakangan ini. Kalau kamu tahu, lembaga non profit seperti Wahana Visi Indonesia, Obor Berkat Indonesia dan juga pusat konservasi hewan juga melakukannya. Aktor ganteng Chicco Jerikho adalah salah satu yang mencoba cara ini untuk mendapat dukungan dana bagi keselamatan satwa di Indonesia. Chicco bahkan harus ikut lomba ke Inggris loh hanya demi mengumpulkan dana untuk membantu lembaga non profit yang didukungnya.


2. Online Volunteer

Banyak orang suka ikut mission trip (trip misi) ke luar negeri untuk terlibat menolong anak-anak miskin, melakukan pelayanan kemanusiaan dan sebagainya. Tapi buat kamu yang posisinya sedang menjalankan sebuah lembaga non profit pastinya tak kepikiran untuk melakukan hal ini. Nah, cobalah mengambil kesempatan ini untuk mengajak orang-orang yang mendukung lembaga sosialmu jadi sukarelawan secara online untuk ikut dalam kegiatan-kegiatan semacam itu. Kamu bisa mengirim mereka sebagai ambassador untuk memperkenalkan lembagamu ke orang-orang yang mereka temui dan mengajak untuk ikut berpartisipasi menyokong kegiatan yang akan kalian lakukan.

3. Kerja Sama Dengan Orang Terkenal atau Berbakat

Seperti halnya yang dilakukan Chicco Jerikho, kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan orang-orang terkenal atau berbakat. Hal ini juga dilakukan oleh lembaga anak Wahana Visi Indonesia yang menggandeng penyanyi cantik Monita Tahalea sebagai duta anaknya. Cara ini bisa dibilang berhasil karena pengaruh dari mereka akan jauh lebih besar dan menarik minat publik untuk mendukung pelayananmu.


4. Buat Campaign Lewat Sosial Media

Penggalangan dana lewat sosial media adalah cara yang sangat mudah dilakukan dan hampir semuanya berhasil. Fundraising yang paling sukses biasanya adalah dukungan untuk membantu pengobatan seseorang yang sakit keras.

Kasus yang kamu hadapi mungkin berbeda dengan hal ini. Tapi gak usah kuatir, kamu juga bisa mengoptimalkan stratgei media sosial untuk mencari dana lewat 7 langkah ini:

  • Pilih platform yang tepat (entah Facebook, Twitter, atau Instagram)
  • Susun strategi
  • Sampaikan ceritamu soal lembaga yang sedang kamu jalankan
  • Buat kampanye
  • Bangun hubungan dan kepercayaan
  • Aktifkan pendukung
  • Pastikan kamu selalu transparan dan apa adanya

Kalau kamu melakukan semua langkah ini, percayalah orang-orang akan tergerak untuk membantumu.

5. Ikut Challenge

Masih ingat sama Ice challenge? Ya, ide ini juga banyak dipakai orang-orang untuk fundraising. Sebagian lainnya ada juga yang ikut challenge menggundul rambut sampai botak sembari mengajak orang-orang untuk memberi donasi. Inilah yang dilakukan yayasan pendamping anak-anak penderita kanker yaitu Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia dengan gerakan #ShaveForHope dan Yayasan Kanker ANak Indonesia dengan #BeraniGundul.

6. Birthday Fundraising 

Yang dimaksud dengan Birthday Fundraising itu adalah semacam mencari donasi lewat perayaan ulang tahun. Kalau biasanya kamu merayakan ulang tahun untuk diri sendiri, kali ini kamu merayakannya untuk menolong orang lain. Caranya, kamu bisa minta kado ulang tahu berupa donasi yang akan diberikan langsung kepada orang yang membutuhkan.

7. Website Fundraising

Fundraising kreatif yang terakhir ini adalah bentuk penggalangan dana yang bisa mengumpulkan dana sebesar yang kita butuhkan. Hal inilah yang dilakukan oleh situs Kitabisa.com untuk menolong orang-orang yang membutuhkan baik secara personal maupun korporasi. Banyak lembaga non profit yang kemudian meminta bantuan kampanye di situs ini dan pada akhirnya berhasil mengumpulkan donasi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dalam waktu tertentu. Kamu bisa coba ya!

Nah, daripada bingung harus cari dana gimana supaya lembaga sosial kemanusiaanmu bisa lebih banyak menolong orang, cobalah salah satu dari fundraising di atas dan tentunya jangan pernah lupa untuk tetap mengandalkan Tuhan lewat doa.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us