Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
726


Kefas, yang disebut Simon Petrus, merupakan murid pertama Yesus. Setelah kenaikan Yesus, Petrus menjadi pemimpin dari kedua belas rasul. Bersama dengan Yakobus dan Yohanes, Petrus dipilih oleh Yesus untuk hadir dalam beberapa pelayanan pentingNya. Petrus adalah sosok yang sangat dekat dengan Yesus dan merupakan salah satu tiang bagi gereja mula-mula.

Galatia 2:9, "Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;"

Yuk kenalan lebih jauh tentang sosok Petrus lewat 5 hal ini.

1. Sebelumnya, Petrus merupakan pengikut Yohanes Pembaptis

Simon bertemu dengan Yesus lewat saudaranya, Andreas yang telah mengikuti Yesus setelah mendengar dari Yohanes Pembaptis bahwa Yesus adalah Anak Domba Allah. Petrus, yang juga disebut sebagai Simon merupakan pengikut Yohanes Pembatis dan merupakan salah satu murid pertama yang mendapat panggilan dari Kristus, bersama dengan saudara lelakinya, Andreas (Yohanes 1:35-39).

Saat bertemu dengan Petrus, Yesus memberinya nama baru: Kefas yang berasal dari bahasa Aram dan Petrus yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'batu'.Kemudian pada Lukas 5, Yesus secara resmi mengajak Petrus untuk menjadi pengikutNya. Untuk menjadi murid Yesus, Petrus meninggalkan semuanya, termasuk pekerjaannya sebagai penjala ikan.

2. Merupakan orang pertama yang memanggil Yesus sebagai Anak dari Allah yang hidup

Tidak hanya menjadi murid pertama Yesus, Petrus juga menjadi juru bicara dalam gerombolan tersebut. Petrus juga merupakan orang pertama yang memanggil Yesus dengan sebutan Mesias (Markus 8:29).

Petrus menyadari identitas Yesus, sehingga ia merasa tidak layak untuk berada bersamaNya (Lukas 5:6-8). Meskipun demikian, tidak ada keraguan dalam diri Yesus untuk menjadikan Petrus dan Andreas sebagai penjala manusia (markus 1:17).

Petrus merupakan saksi hidup atas mujizat yang diperbuat oleh Yesus. Petrus, bersama Yakobus dan Yohanes juga melihat kemuliaan Allah Bapa saat berada di atas gunung (Matius 17:1-9).

Baca juga: Sukses Sendiri Atau Bersama? Yuk Kita Teladani Cara Rasul Paulus Untuk Sukses Ini

3.  Ada saat dimana Petrus bertindak gegabah

Petruslah orang yang mengikuti Yesus untuk berjalan di atas air (matius 14:28-29), tapi kemudian dirinya ketakutan dan mulai tenggelam (Matius 16:23). Petrus juga pernah mengomel pada Yesus saat Ia berbicara mengenai kematiannya (Matius 16:22) yang kemudian membuat Yesus langsung mengoreksi perbuatannya tersebut dengan mengatakan kalau pemikirannya tersebut merupakan pikiran manusia, bukan pikiran Allah (Matius 16:23).

Matius 17:4 menuliskan bahwa Petrus menawarkan kepada Yesus untuk membangun tiga kemah untuk kemuliaan Musa, Elia dan Yesus. Dirinya juga tersungkur dan ketakutan saat mendengar perkataan Allah yang memperkenalkan siapa itu Yesus (Matius 17:5-6).

Pada saat Yesus ditangkap, Petrus berani menghunuskan pedangnya pada hamba Imam Besar (Yohanes 18:11). Petrus merupakan orang yang mengatakan kalau imannya tidak akan tergoncang, meskipun orang lain akan melakukannya (Matius 26:33), tapi kemudian ia menyangkal Yesus (matius 26:70-74).

Kita sudah membaca 3 dari 5 fakta tentang Simon Petrus, yuk baca 2 lainnya di artikel pada jumat nanti.  

Sumber : beliefnet

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 3


7233

advertise with us