Bethany Hamilton: Putus Asa Bukanlah Jawabannya
Sumber: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/image

Finance / 1 July 2018

Kalangan Sendiri

Bethany Hamilton: Putus Asa Bukanlah Jawabannya

Gracia Irene Contributor
2446

Bethany Meilani Hamilton merupakan seorang peselancar profesional yang lahir di Lihue, Hawaii, Amerika Serikat pada 8 Februari 1990. Ia merupakan anak perempuan satu-satunya di keluarganya. Ia memiliki dua kakak laki-laki.

Tanggal 31 Oktober 2003 akan selalu menjadi hari yang dikenang oleh Bethany. Pada usianya yang ke 13 ia selamat dari serangan ikan hiu yang menyebabkannya kehilangan lengan kirinya. Dirinya pergi bermain selancar di sepanjang Tunnels Beach, Kauai  dengan teman akrabnya Alana Blanchard, ayah dan saudara laki-laki Alana. Saat itu ia berbaring di atas papan selancar dengan lengan kirinya menggantung bebas di dalam air. Seketika seekor ikan hiu sepanjang kurang lebih 5 meter menggigit lengan Bethany hingga putus.

Keluarga Blanchard dalam seketika langsung membantu mengayuh Bethany kembali ke pantai. Dengan bantuan ayah Alana, mereka dapat membuat balutan dari sebuah pengikat papan selancar untuk dibalutkan di sekitar pangkal lengan, sebelum melarikannya ke rumah sakit Wilcox Memorial Hospital. Saat sampai di rumah sakit Bethany sudah kehilangan darah sebanyak lebih dari 60%. Ia pun akhirnya harus melewatkan 7 hari di rumah sakit tersebut.

Meskipun dibayangi akan kejadian tersebut, Bethany tidak putus asa. Ia bertekad untuk bisa bermain selancar lagi. Kurang dari sebulan setelah peristiwa serangan tersebut, Bethany sudah mulai beselancar lagi. Awalnya ia bermain di atas papan yang dirancang khusus, lebih panjang dan tebal, untuk memudahkannya mendayung. Setelah berlatih sendiri untuk bermain selancar dengan satu lengan, pada tanggal 10 Januari 2004, ia mulai berlaga dalam pertandingan utama. Sekarang ia bertanding dengan papan pendek untuk pertandingan. Pada bulan Juli 2004, Hamilton memenangkan Best Comeback Athlete ESPY Award (Atlet terbaik yang bertanding kembali). Ia juga mendapatkan penghargaan "courage award" dari Teen Choice Awards tahun 2004.

Melalui pengalamannya, Bethany menuliskan buku otobiografinya "Soul Surfer: A True Story of Faith, Family, and Fighting to Get Back on the Board" yang terbit tahun 2004, menginspirasi sangat banyak orang. Pada bulan April 2011, sebuah film Soul Surfer mulai ditayangkan, berdasarkan bukunya dan wawancara tambahan.

Berikut Karier Selancar Bethany Hamilton:

1998: Rell Sun MenehuneL Juara 1

2002: Open Women’s Division of the National Scholastic Surfing Association: Juara 1

2004: NSSA Regional Event: Juara 5

2005: NSSA National Competition: Juara 1

2005: O'Neill Island Girl Junior Pro tournament: Juara 1

2006: NSSA National Championship: 18-and-under Finalist: Juara 5

2006: Hawaii Team Highlights: 4th at Brazil event and 5th at World Games event in USA.

2007: NSSA Regionals: Juara 5

2007: Women’s Pipeline Championship: Juara 4

2008: US Open of Surfing - Huntington Beach, CA: Juara 5

2008: Roxy Pro Surf Festival - Phillip Island, AUS: Juara 3

2009: Rio Surf International in Rio de Janiero, Brazil: Juara 3

2009: Billabong ASP World Junior Championship - AUS: Juara 2

2014: Surf ‘n’ Sea Pipeline Women’s Pro

2015: Swatch Women’s Pro

2016: Fiji Women’s Pro

Dari tokoh ini kita bisa belajar untuk mensyukuri diri kita apa adanya. Jika kita mau berhasil kita harus berusaha terus dan tidak putus asa walau menghadapi tantangan dan cobaan. Jangan pernah putus asa. Jangan lupa untuk selalu mengandalkan Tuhan sebab hanya Tuhan yang bisa memutuskan jalan kita ke depannya.


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, kamu juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapatmu tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gerejamu dengan menguploadnya langsung melalui UGC di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.    

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami