Waktu Anak Bertanya Soal Malaikat, Jawablah dengan Cara Ini Parents!
Sumber: 66Viral.com

Parenting / 29 June 2018

Kalangan Sendiri

Waktu Anak Bertanya Soal Malaikat, Jawablah dengan Cara Ini Parents!

Lori Official Writer
3948

Waktu kecil, kita pasti suka takut di tengah kegelapan. Bahkan waktu tidur, kita takut kalau lampu kamar harus dimatikan. Imajinasi liar kekanak-kanakan kita soal monster yang tiba-tiba muncul di tengah kegelapan atau hantu dengan wajah mengerikan adalah alasan utama kita takut gelap.

Tiba-tiba, saat kita beranjak sekolah. Guru kita mengenalkan kita tentang sosok malaikat. Orangtua kita juga meyakinkan kalau malaikat itu datang dari surga dan dikirim oleh Tuhan. Kita diyakinkan supaya saat merasa takut, kita harus berdoa dan meminta Tuhan untuk mengirimkan malaikat-Nya melindungi kita.

Tapi benarkah anak bisa percaya segampang itu tentang malaikat? Bagaimana menjelaskan soal hal ini ke anak supaya mereka bisa mendapat pemahaman yang benar sesuai dengan firman Tuhan?

Parents, inilah yang perlu kamu lakukan. Pertama, perkenalkan anak soal malaikat sesuai dengan apa yang tertulis di dalam Alkitab.

Berikut beberapa ayat yang menyebutkan soal peran malaikat:

1. “sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.” (Mazmur 91: 11)

2. “Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.” (Mazmur 34: 5)

3. “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.” (Matius 18: 10)

Dengan ayat-ayat ini, parents bisa mengajarkan soal sosok malaikat yang sebenarnya, sebagaimana dituliskan di dalam ayat Alkitab. Hal ini bisa membantu anak terhindar dari informasi kurang tepat soal malaikat sesuai dengan apa yang disampaikan oleh orang lain, yang mungkin berasal dari keyakinan berbeda seperti Yahudi, Muslim atau kepercayaan lainnya.

Baca Juga :

Karena Menangis, Babysitter Ini Pukulin Anak Majikannya di Dalam Lift. Duh Bikin Geram!!

Evan, Malaikat Kecil yang Ubahkan Hidup Sang Ayah

Daripada anak percaya dengan informasi berupa takhayul yang belum tentu benar, orang tua Kristen sudah seharusnya menjelaskan ke anak soal apa yang mereka tanyakan sesuai dengan kebenaran Alkitab. Kita perl mengajarkan anak-anak kita untuk mengtuji semua hal dan selalu berpegang teguh dalam kebenaran Alkitab. “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.” (1 Tesalonika 5: 21)

Berikut, cara kedua yang bisa orang tua lakukan untuk memberitahukan anak soal sosok malaikat bisa dengan:

1. Saat kita memberitahukan anak soal malaikat, pastikan kalau pembicaraan ini berpusat kepada Tuhan dan firmanNya. Pastikan kalau semua peran khusus yang dilakukan malaikat adalah untuk kemuliaan dan hormat bagi Allah sendiri (baca Kolose 1: 16; Wahyu 19: 9-10)

2. Pastikan kalau anak-anak percaya soal sosok malaikat hanya dari Alkitab. Jangan biarkan pikiran mereka tercemari dengan informasi-informasi lain yang kurang benar sumbernya (baca 1 Yohanes 4: 1-3; 2 Korintus 11: 14)

Ajarkan pula mereka soal kisah nyata tokoh-tokoh di dalam Alkitab yang pernah bertemu malaikat Tuhan, seperti halnya dialami Abraham, Daniel, Maria ibu Yesus dan masih banyak lagi. Ceritakanlah kisah-kisah mereka dengan bahasa yang bisa dimengerti anak-anak kita.

Percayalah, saat parents sudah melakukannya dengan benar maka hasilnya pasti gak bakal sia-sia. Berdoalah supaya pengetahuan yang sudah kamu berikan berguna dalam hidupnya dan menolongnya dalam situasi yang dia hadapi.

Sumber : Faithgateway.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami