Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

teresajade

Contributor
386


Aduh, berantem mulu nih sama dia! Capek gak sih kalo hubungan pertemanan kalian selalu dipenuhi rasa bermusuhan? Terkadang, kita berantem karena hal sepele seperti adanya perbedan pendapat. Perbedaan pendapat dapat terjadi karena adanya perbedaan kepercayaan atau cara berpikir, adanya perbedaan kepentingan setiap individu, atau bahkan karena adanya perbedaan selera antar kalian.

Perbedaan adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam pergaulan. Tuhan sendiri, telah menciptakan setiap manusia unik dan berbeda dengan manusi lain. Maka, tidaklah heran kita sering mengalami konflik akibat adanya perbedaan pendapat walaupun kita sudah berusaha untuk menghindari hal itu. Namun setiap manusia pasti menginginkan adanya perdamaian dalam pergaulan. Betul kan? Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat membantu mengurangi konflik dengan teman kalian. Berikut adalah tipsnya:

1     Pikirkan dulu apa yang akan kita katakan

Sebelum kita berbicara, ada baiknya kita pikirkan secara matang apakah omongan kita pantas untuk didengar sehingga tidak salah ngomong dan lawan bicara kita juga gak gagal paham dengan maksud kita.

2     Hargai pendapat lawan bicaramu

Walaupun kalian tidak setuju dengan pendapatnya, tetap tunjukan sikap hormat pada lawan bicaramu sehingga mereka merasa dihargai dan tidak diremehkan. Jangan merasa egois walaupun mungkin pendapatmu lebih baik.

3      Pertimbangkan dan diskusikan kembali pendapat kalian

Akan lebih baik, jika kalian mempertimbangkan kembali pendapat teman kalian dan pendapat kalian bersama. Sehingga dapat menghasilkan keputusan akhir yang baik.

4      Jangan egois dan merasa paling benar

Dalam mengutarakan pendapat, rendahkanlah nada bicara kalian agar kamu menunjukan sikap terbuka pada lawan bicaramu. Tetap dengarkan teman kalian sampai mereka selesai menyampaikannya.

5      Cobalah mengerti orang tersebut

Setiap orang terlahir dengan latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, cara berpikir mereka pun berbeda. Dengan mencoba memahami mereka, maka kita dapat mengerti maksud mereka serta tujuannya.

Dimanapun kita bersosialisasi, dimanapun kita berada maka konflik pun akan selalu ada. Namun, itu semua tergantung dengan cara kita menanggapi hal tersebut. Secara tidak sadar, respon kita yang salah dapat memicu konflik dengan teman kita. Teruslah menghargai sesama kita, sama seperti Tuhan yang terus menyayangi dan mencintai kita tanpa henti. 


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, kamu juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapatmu tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gerejamu dengan menguploadnya langsung melalui UGC di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us