Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
424


Media sosial sedikit banyak sudah jadi bagian dari kita. Sedikit-sedikit, kita akan mengunggah sebuah status yang menceritakan kebosanan kita, sedang bersama siapa, lengkap dengan foto makanan yang disantap tadi siang. Bahkan buat beberapa orang mereka menceritakan kisah percintaan, keluarga, sampai kekecewaan mereka melalui media sosial.

Beberapa waktu ke belakang, informasi personal seperti itu biasanya akan kita simpan sebaik-baiknya agar tidak menjadi bahan omongan. Kehidupan dewasa ini nampak sangat berbeda. Batasan antara hal-hal yang bersifat pribadi dan umum nampaknya sedikit tidak jelas. Beberapa menganggap kalau sharing atau berbagi tentang permasalahan pribadi seakan-akan diterima melalui media sosial.

Baca juga: Kapankah Waktu Yang Tepat Untuk Melibatkan Tuhan?

Apakah oversharing itu?

Oversharing adalah sebuah tindakan saat kita berbagi kepada khalayak, bisa melalui orang lain maupun media sosial secara berlebihan. Sikap ini membuat kita cenderung merasa sangat butuh menceritakan sesuatu pada orang lain.

Memang apa salahnya oversharing?

Kita selalu diingatkan untuk datang pada Tuhan terlebih dahulu sebelum mengadu pada orang lain. Media sosial memang nampaknya indah, sebab kita bisa menerima banyak simpati dari sana. Namun tidak selalu dibenarkan untuk dilakukan. Menggunakan media sosial seperti buku harian dan memperlakukan teman-teman virtual di sana seperti tempat 'pelarian' bisa menimbulkan konsekuensi.

Kebiasaan ini bisa membuat kita berada dalam bahaya, terutama saat kita sudah mengungkapkan terlalu banyak fakta tentang kehidupan pribadi kita dan hal ini diterima oleh orang yang salah. Bayangkan kalau orang tersebut mengambil kesempatan ini untuk mencelakakan kita.

Biasanya, mereka melakukan kebiasaan ini dengan beberapa alasan, diantaranya:

1.  Untuk menarik simpati

Berbagi tentang kesalahan yang pernah kita lakukan melalui media sosial akan sangat di benarkan jika tujuannya adalah untuk menolong orang lain untuk belajar melalui kisah kita tersebut. Tapi sayangnya, kebanyakan orang oversharing melakukan hal ini agar dikasihani. Orang yang oversharing biasanya mengharapkan simpati dari lawan bicara saat menceritakan hal-hal yang bersifat sangat pribadi.

Baca juga: Single Bikin Kita Jadi Teman Terbaik Karena 4 Alasan Ini

2.  Pengin cepat dekat dengan seseorang  

Kebanyakan orang akan membangun sebuah kedekatan terlebih dahulu sebelum akhirnya percaya untuk menceritakan hal-hal yang bersifat pribadi. Tidak bagi mereka yang punya kebiasaan oversharing, tanpa adanya kepercayaan dan hubungan yang baik pun dirinya akan tetap menceritakan kisahnya. Sikap ini cenderung egois sebab biasanya mereka yang oversharing tidak peduli kalau orang lain sebenarnya tidak nyaman atas sikapnya ini.

3.  Mencoba jadi diri sendiri

Kebiasaannya dalam menceritakan segala hal di media sosial dianggap sebagai sebuah upayanya dalam bersikap jujur dengan diri sendiri. Padahal, dengan kita menceritakan atau membagikan cerita kehidupan yang sangat pribadi tidak menjamin kalau dirinya telah jujur pada dirinya sendiri.

Sebelum kita berbagi informasi dengan orang lain, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri tentang alasan mengapa kita harus melakukannya. Apakah untuk mendapat simpati? Atau karena memang orang tersebut adalah orang yang bisa dipercaya?

Cobalah pikirkan kembali alasan dan apa konsekuensi yang akan terjadi jika melakukan hal tersebut. Ingat deh, kita tetap bisa jadi orang yang up to date dan jujur walau tidak menceritakan segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita, kok.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us