Demam Tik Tok di Kalangan Anak Muda? 5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Soal Aplikasi Ini
Sumber: Gusvira Yusel

Single / 19 June 2018

Kalangan Sendiri

Demam Tik Tok di Kalangan Anak Muda? 5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Soal Aplikasi Ini

Lori Official Writer
4186

Sejak akhir tahun 2017, aplikasi Tik Tok berhasil menggeser pamor Musical.ly yang juga sempat digandrungi anak muda Indonesia. Mengejutkannya, Tik Tok sudah diunduh sampai lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Kebanyakan pengguna pun berasal dari kalangan remaja sampai anak muda. Tapi karena dianggap lucu sekaligus menghibur kalangan anak-anak sampai orang tua pun ikut-ikutan memakai aplikasi ini. Biasanya video pendek yang dikombinasi dengan musik ini banyak dibagikan di platform sosial media lain seperti Instagram dan juga Facebook.

Tahukah kamu kalau aplikasi ini ternyata gak cuma nge-trend di Indonesia loh. Hampir di semua negara bagian Asia Tenggara pun lagi demam Tik Tok.

1. Tik Tok Populer di Asia Tenggara

Buat yang belum tahu, Tik Tok rupanya adalah aplikasi versi Internasional dari video pendek populer yang berasal dari Tiongkok (China) ‘Dou Yin’ loh! Toutiao adalah sosok dibalik pembuatan aplikasi ini. Dari aplikasi ini dia bahkan sudah mendapat keuntungan sebesar 30 miliar dolar loh! Banyak banget kan ya?

Sampai saat ini, Tik Tok berada di urutan 10 besar aplikasi terlaris di Asia Tenggara. Di Google Play, aplikasi ini mendapat rating yang cukup bagus yaitu 4.6.


2. Fitur yang Ada di Aplikasi Tik Tok

Tik Tok adalah platform sosial video singkat yang diisi dengan fitur-fitur menarik dan fun. Selain bisa mengeskpresikan diri, para pengguna juga bisa narsis, nari, atau nyanyi dengan gaya bebas sembari diiringi dengan musik. Tik Tok juga memungkinkan pengguna membuat video pendek unik dengan sangat mudah dan membagikannya ke teman-teman dekat ataupun ke sosial media lainnya.

Kebanyakan kalangan pengguna Tik Tok memang berasal dari anak remaja dan anak muda. Berdasarkan data statistiknya, hampir 50% pengguna berusia di atas 24 tahun. 60% diantaranya adalah wanita, lebih dari 60% berasal dari lulusan perguruan tinggi dan sekitar 405 tinggal di kota kecil dan urban area.

3. Tik Tok Mudah Digunakan

Aplikasi video pendek yang satu ini mudah sekali digunakan. Para pengguna bisa memilih tempat favorit untuk mmebuat video. Kasur atau tempat tidur dipastikan adalah tempat paling favorit yang banyak dipakai para penggunanya. Rata-rata Tik Tok akan dibuka selama 20.5 menit per hari.

Bisa dibilang setiap pengguna bisa membuat sebanyak 82 video per hari dengan masing-masing durasi 15 detik per video.

Baca Juga :

Demi Tenar di Instagram Bikin Wanita Ini Rela Ngutang Ratusan Juta, Duh!

4. Tik Tok Dilengkapi Sistem Anti-Kecanduan

Kalau banyak sosial media yang bikin kita lupa waktu karena saking asyiknya dengan aktivitas itu, maka penemu Tik Tok malah baru saja meluncurkan sistem Anti- Kecanduan. Lewat sistem ini, akan ada semacam alarm pengingat bagi penggunanya saat mereka sudah menghabiskan banyak waktu di aplikasi tersebut.

5. Dianggap Alay

Gak dipungkiri kalau penggunaan Tik Tok memang berubah fungsi jadi aplikasi untuk adu pamer. Dianggap alay karena sebagian penggunanya membuat video berlebihan.

Meski begitu, Tik Tok akan sangat bermanfaat loh kalau dipakai sesuai dengan fungsinya. Bukan cuma jadi aplikasi hiburan atau lucu-lucuan saja. Tapi Tik Tok juga bisa membantu penggunannya bisa :

  • lebih kreatif membuat video, entah itu tarian, bernyanyi atau berakting.
  • Bisa jadi tempat untuk menggali potensi anak muda yang gak pernah diekspos.
  • Bisa jadi tempat untuk memasarkan bisnis atau brand sendiri, dan
  • Jadi media untuk membuat video 15 detik yang bisa viral di sosial media.

Jadi, buat kamu yang lagi demam Tik Tok, yuk mulai memakai aplikasi ini sesuai dengan fungsinya dan jangan berlebihan. Gimanapun mengekspresikan diri tetap punya batasan ya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami