Buat Si Orangtua Karir, Ikuti 3 Kiat Ini Untuk Seimbangkan Waktu Kerja Dengan Keluargamu
Sumber: http://ak6.picdn.net/shutterstock/videos

Parenting / 12 June 2018

Kalangan Sendiri

Buat Si Orangtua Karir, Ikuti 3 Kiat Ini Untuk Seimbangkan Waktu Kerja Dengan Keluargamu

Naomii Simbolon Official Writer
2635

 

Pada akhir hidup, kita nggak akan menyesal mengenai keputusan yang tidak kita ambil tetapi mungkin kita akan menyesal karena tidak menghabiskan waktu yang baik dengan suami, teman, anak bahkan orangtua kita.

Perjuangan untuk mencapai keseimbangan antara waktu bersama keluarga dan waktu kerja adalah sebuah kenyataan. Perjuangan ini sangat nggak mudah dan bisa menyisakan kesedihan bahkan rasa bersalah dalam diri  kita sendiri. Apakah saya sudah menghabiskan waktu yang cukup bersama anak-anak saya sehingga mereka nyaman bersamaku? Apakah waktuku bersama dengan keluarga sudah kuhabiskan dengan bermakna dan berkualitas? Serta banyak pertanyaan lainnya.

Kabar baiknya adalah bahwa selalu ada solusi dan tips yang bisa kita terapkan hari ini untuk mencapai keseimbangan yang baik antara waktu kerja kita dengan keluarga kita.

Dibawah ini adalah beberapa kiat - kiat yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan waktu kamu dengan keluarga dan anak-anak :

1. Jadikan acara keluarga sebagai prioritas

Kalau pekerjaan masih bisa dikesampingkan sebaiknya tinggalkan dulu sebentar, saatnya bergabung dengan keluarga.

Ketika  anak kita sedang melakukan pertandingan disekolahnya dan meminta kamu untuk datang, maka upayakanlah untuk datang disana.

Jika kamu seorang karyawan, izin sebentar ke atasan untuk melihat mereka, dan jadikan mereka prioritasmu.

Bahkan sesibuk apapun dikantor dengan masalah bisnis perusahaan dan lain sebagainya, prioritaskanlah anakmu dan pergilah untuk menghadiri ulang tahunnya.

Ketika kamu ada disana, maka anak akan merasakan kehadiranmu dalam hidupnya. Artinya kamu sedang berusaha menjadi orangtua yang baik bagi mereka.

Namun jika misalnya kamu sangat sibuk sekali dan  harus melewatkan acara dan permintaan sang anak, usahakanlah untuk menggantikannya. Misalnya pergi nonton bersama dan liburan bersama, serta lain sebagainya dimana kamu hadir di kehidupan mereka.

Hubungan itu sangat penting dalam kehidupan keluarga. Itu akan terus membekas dalam hidup anak-anak kita bahkan sampai kita meninggal dan mereka berkeluarga.

2. Jadwalkan kalendar kamu untuk keluarga

Jika kita benar-benar menghargai keluarga kita, maka kita harus melibatkan keluarga kita dalam jadwal mingguan kita.

Entah itu bermain bola, malam kencan keluarga, pesta liburan, menonton dan lain sebagainya.

Kita harus memastikan bahwa kita memiliki waktu untuk keluarga terutama anak-anak.

Meluangkan waktu untuk keluarga berarti menjadikan keluarga sebagai prioritas daripada yang lain.

Jika hari ini kamu memiliki jadwal untuk gym, ambil sedikit waktu itu untuk menemani anak kamu latihan bola atau balet dan lain sebagainya.

Bahkan kamu juga bisa sesekali mengajaknya menemani kegiatan kamu. Yang jelas usahakan dalam seminggu, kamu selalu memiliki waktu untuk mereka.

3. Tetapkan batasan kerja kamu

Kamu adalah seorang pemimpin dalam pekerjaan kamu, namun jangan lupa bahwa kamu juga dibutuhkan dalam keluarga.

Seimbangkan keduanya dengan membatasi jam atau waktu kerja kamu.

Jangan izinkan pekerjaan kamu melebihi jangka waktu dengan keluarga kamu.

Jangan biarkan keluarga kamu dikecewakan oleh pekerjaan kamu.

Jika memang kamu sibuk dan harus pulang terlambat, bicarakan kepada keluarga kamu dan jangan selalu begitu setiap hari.

Itulah 3 kiat penting yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan keluargamu. Jangan biarkan anak-anakmu kehilangan kasih sayang dan perhatian hanya karena sebongkah berlian yang hanya sementara. Uang memang perlu, tetapi sebagai orangtua Kristen, Tuhan mempercayakan kita anak-anak untuk dijaga dan dirawat dengan baik sesuai dengan kebenaran firman Allah, bukan semata-mata hanya memenuhi mereka dengan uang.

 

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami