Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
137


Berkendaraan untuk perjalanan panjang bukan cuma melelahkan dan bikin pengemudi stress. Tapi penumpang juga bisa dapat imbasnya. Itu sebabnya kenapa penting sekali buat pengemudi harus mengambil waktu rehat sejenak di tengah perjalanannya.

Buat kalian yang sedang merencanakan perjalanan panjang dengan mobil atau motor, perlu tahu betul kapan sih waktu yang tepat buat istirahat. Yang pasti hal ini akan bikin kamu lebih nyaman dan aman deh selama perjalanan.

Pertama-tama, kita harus pastikan kalau keselamatan adalah hal terpenting. Itu sebabnya istirahat yang cukup ssangat dibutuhkan pengemudi. Semakin lama waktu istirahat, semakin baik dan amanlah perjalanan. Rata-rata yang dibutuhkan pengemudi beristirahat dalam setiap perjalanan adalah ssekitar 10-15 menit tapi akan jauh lebih baik kalau kamu mengambil waktu yang lebih lama dari itu.

Selain itu, ada 9 tips aman dan nyaman yang harus kamu terapkan.

1. Pastikan istirahatmu cukup sebelum perjalanan dimulai

Jangan sekali-kali mengemudi saat kamu kurang istirahat sehari sebelum pergi. Pikirkanlah bahwa kelelahan sebelum memulai perjalanan hanya akan merugikanmu. Setidaknya, usahakan untuk istirahat selama tujuh jam selama dua malam berturut-turut sebelum rencana keberangkatan. Selain itu, hindarilah mengemudi antara jam 1 sampai 3 sore, karena kondisi tubuh di jam ini rentan dengan rasa ngantuk.

2. Pastikan kondisi fisik juga sehat

Selain dapat istirahat yang cukup, pengemudi juga harus memastikan kondisi fisik dalam kondisi sehat. Kalau perlu konsumsilah makanan sehat yang kaya akan vitamin. Selain itu, jangan lupa untuk membawa stok makanan selama perjalanan panjang.

3. Tetap terhidrasi

Sekalipun akan sulit berhenti untuk buang air kecil di tengah jalan, tapi setidaknya kamu harus tetap menjaga tubuh supaya tak dehidrasi. Minumlah air putih secukupnya selama perjalanan.

4. Rencanakan jadwal berhenti

Salah satu tips paling penting yang harus kamu lakukan saat dalam perjalanan panjang adalah menentukan jadwal beristirahat. Keluar sejenak dari mobil dan merenggangkan kaki setiap dua jam sekali atau lebih sangat disarankan. Kamu mungkin bisa melakukannya saat jam makan tiba atau sengaja berhenti di tempat-tempat menarik saat dilintasi.

5. Persiapkan permen karet

Mengunyah selama perjalanan sangat membantu pengemudi tetap fokus dan waspada. Hal inilah yang jadi alasan kenapa kamu harus menyediakan stok permen karet selama perjalanan panjang.

Baca Juga:

6 Cara Nikmati Perjalanan Mudik Tanpa Bosan

Ingin Mudik Sehat dan Aman? Persiapkan 6 Hal Ini

6. Pastikan mobil tak membuat penumpang mual

Kalau para pengendara motor justru harus memastikan memakai masker supaya tak terkontaminasi dengan polusi debu. Maka pengendara mobil justru harus memastikan bahwa aroma ruang mobil tetap fresh. Kondisi AC yang sudah lama tak dibersihkan tentu akan membuat ruang mobil pengap dan sering kali bisa membuat penumpang mual dan muntah. Jadi, supaya tak mengalami kondisi ini, alangkah baiknya memastikan AC tetap bersih dan memasang pewangi dengan aroma segar di dalam mobil.

7. Pastikan duduk dengan tegak

Duduklah dengan posisi yang benar selama perjalanan. Hindari duduk miring, supaya aliran darah mengalir maksimal ke seluruh tubuh. Tarik napas dalam-dalam untuk merilekskan ketegangan. Kalau pinggul kananmu terasa sakit, condongkanlah tubuhmu ke sisi yang lain.

8. Ciptakanlah suasana menghibur di dalam mobil

Bepergian dengan keluarga, khususnya anak-anak pasti akan sedikit melelahkan. Apalagi kalau anak cenderung suka bertengkar. Daripada harus stress menghadapi kondisi ini, mending menciptakan suasana happy. Misalnya, mengajak anak bermain di mobil atau bercanda dengan melibatkan semua orang.

9. Siapkan koleksi lagu atau bahan komedi suara selama perjalanan

Mendengar lagu atau mendengar komedi yang menghibur selama perjalanan sangat berguna untuk menjaga otak tetap aktif. Karena itu, sangat disarankan untuk mempersiapkannya sebelum perjalanan.

Gak ada yang lebih penting daripada selamat sampai tujuan ketika kita harus menempuh perjalanan panjang. Jadi, persiapkanlah keperluan perjalanan kalian dengan maksimal, termasuk mengecek kondisi kendaraan yang akan dibawa.

Selamat liburan ya!

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

johny santoso 18 June 2018 - 14:02:48

perceraian

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7437

advertise with us