Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1054


Soal memberi perpuluhan ke gereja bisa saja jadi masalah baru dalam pernikahan. Misalkan saja istri udah mutusin bakal memberi perpuluhan dengan jumlah yang sudah dia tentukan, tapi ternyata suami malah gak setuju sama sekali. Masalah ini bisa-bisa menimbulkan ketegangan jangka panjang antara istri yang beriman dengan suami yang kuatiran.

Perkara memberi 10% dari penghasilan untuk gereja memang adalah urusan antara suami istri dengan Tuhan. Tapi tentu saja saat suami istri gak sepaham soal hal ini, bisa jadi masalahnya terletak pada pemahaman pasanganlah yang kurang soal perpuluhan.

Jadi, mari mencoba menyusuri apa sih perpuluhan dan kenapa kita harus memberikannya ke gereja? Sebagai pasangan menikah, kalian harus tahu bahwa apa yang kamu miliki sebenarnya bukan milikmu. Semua yang kita punya adalah milik Tuhan. Tuhan mau kita memberi perpuluhan kita yang hanya 10% dari penghasilan yang kita dapat kepada gereja-Nya sebagai ucapan syukur atas apa yang sudah Tuhan berikan dalam hidup kita.

Tapi perlu kita tahu kalau memberi persepuluhan bukanlah seperti menaati Hukum Taurat. Tuhan memberlakukan persepuluhan kepada orang Israel di masa Perjanjian Lama. Karena orang-orang Israel harus mendukung pembangunan rabernakel dan bait suci Tuhan di masa itu dengan persembahan persepuluhan mereka (baca Imamat 27: 30; Ulangan 14: 22).

Saat seseorang masih belum menikah, tentu saja perpuluhannya akan diberikan sendiri. Tapi berbeda halnya ketika sudah menikah, karena kamu dan pasangan sudah jadi satu. Yang artinya, kalian harus bersepakat untuk memberikan persepuluhan sesuai dengan penghasilan yang kalian dapatkan.

Sebagai pasangan menikah, bahkan kalau kamu punya penghasilan terpisah, semua penghasilan pasti adalah milik kalian berdua. Walaupun kalian mungkin punya tabungan terpisah, kalian tentu saja akan lebih dulu menyepakati penyisihan uang ini.

Baca Juga :

Penting, Apakah Memberi Persepuluhan Bisnis itu dari Pendapatan Bersih atau Kotor ya?

Apakah Memberi Persepuluhan ke Gereja Adalah Kewajiban?

Tapi kalau pasanganmu adalah orang yang gak terlalu kuat dalam hal rohani, mereka pasti tidak akan pernah berpikir untuk memberi uangnya sebagai perpuluhan untuk gereja. Kalau sudah begitu apa sih yang harus kamu lakukan?

Apakah perpuluhan bisa diberikan tanpa sepengetahuan pasangan?

Dalam Markus 10: 8, dituliskan bahwa suami istri adalah satu. Idealnya, suami istri harus mendiskusikan pemberian mereka dan sampai pada kesepakatan bersama. Kalau nyatanya pasangan tidak sepakat, bukan berarti kamu bisa mengambil alih wewenang pasangan dengan memberikan persepuluhan secara diam-diam.

Karena bagaimanapun hal itu hanya akan membuat pasangan tidak lagi percaya. Kalau sudah begini, kita bisa bayangkan apa yang akan terjadi berikutnya.

Jadi, sekalipun kamu mungkin ingin sekali memberi perpuluhan tapi pasanganmu justru tak setuju, jangan sekali-kali melakukannya dengan sembunyi-sembunyi. Sekalipun memang tujuannya adalah baik tapi Tuhan pun tentu saja tak suka dengan cara ini.

Kamu mungkin sedang dalam kondisi seperti itu saat ini, dimana memberi perpuluhan ke gereja rasanya sulit karena pasangan tak setuju. Jangan buru-buru bertindak dengan caramu sendiri, tapi mintalah supaya Tuhan memberikan solusi terbaikNya.

Mungkin kamu bisa melakukan cara lain yang lebih jujur.

Kamu mungkin bisa berkompromi dengan pasangan. Kalau kalian masing-masing punya penghasilan, alangkah baiknya kalau meminta pasangan untuk memberikan perpuluhan dari penghasilanmu sendiri saja.

Tapi kalau salah satu pasangan saja yang bekerja, mungkin kondisinya akan sedikit lebih rumit. Tapi bukan tidak mungkin kamu bisa membujuk pasangan untuk memberikan perpuluhan dari setengah penghasilan yang masuk. Tapi kalau dia tetap masih tak setuju dengan pilihan ini, mungkin kamu perlu melakukan tindakan-tindakan berikut:

  • Jangan biarkan uang jadi penyebab kehancuran pernikahanmu, bahkan hal itu menyangkut perpuluhan. Alangkah baiknya kalau kalian berusaha untuk saling memahami dan mencari solusi terbaik. Kalau memang pasangan tetap gotot tak ingin memberi perpuluhan untuk gereja, itu artinya kamu perlu butuh banyak waktu berdoa untuk dia.
  • Tetaplah bertumbuh dan menjalankan peranmu sebagai suami atau istri. Walaupun mungkin kamu jauh lebih rohani dari pasangan, tetaplah melakukan cara-cara sesuai dengan firman Tuhan. Seperti istri harus menghormati suami dan sebaliknya suami mencintai istri.
  • Jangan merahasiakan apapun soal keuangan dari pasangan, terutama menyangkut perpuluhan. Karena rahasia hanya akan merusak hubungan kalian.

Tuhan tentu senang saat pasangan suami istri taat memberi perpuluhan. Apalagi ketika keduanya punya pemahaman yang sama soal hal ini. Karena sesuatu yang diberikan dengan kesepahaman, kesehatian dan sikap menghormati Tuhan akan sangat bernilai di mata Tuhan. Jadi, teruslah berdoa supaya ada kesehatian di antara kalian untuk memberi sebagian yang kalian punya untuk Tuhan. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

0 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7190

Gempa Lombok