Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
751


Setiap harinya, kita dihadapkan dalam banyak pilihan. Beberapa diantaranya bisa jadi keputusan kecil dan kurang penting, tapi ada pula keputusan yang punya andil cukup besar dalam kehidupan kita. Misalnya saja saat memilih pekerjaan, atau saat harus memilih pemimpin daerah.

Saking banyaknya pilihan yang ada, seringkali kita berpikir kalau sangat mustahil rasanya mengambil keputusan yang benar-benar tepat. Dibawah ini merupakan 5 cara efektif yang bisa kita gunakan saat berhadapan dengan keputusan-keputusan yang cukup besar.

Teknik ini merupakan cara yang bisa membuat kita jauh lebih berhati-hati saat menganalisa keadaan, kemudian mengungkapkan permasalahan yang terjadi yang kemudian membawa kita pada keputusan yang jauh lebih tepat.

1.  Formulasikan pertanyaan kita

Dengan kata lain, kita harus tahu apa yang sedang kita cari. Mungkin kedengarannya sangat mudah. Tapi prakteknya, seringkali kita mempertimbangkan mana yang lebih praktis dan instan tanpa menimbang tujuan keputusan kita tersebut. Jadi, cari apa yang menjadi tujuan kita, kemudian berikan keputusan yang sesuai dengan tujuan tersebut.

2.  Kumpulkan setiap informasi

Diluar sana, kita akan menemukan banyak informasi yang terkait dengan keputusan yang akan kita ambil. Memahami maksud yang jelas terhadap setiap pilihan kita dapat membantu kita menentukan mana keputusan yang paling relevan. Informasi ini bisa saja berasal dari orang yang ahli atau mereka yang berpengalaman. Informasi yang kita miliki bisa membuat kita menimbang mana keputusan yang paling tepat dan menguntungkan.

Baca juga: Pengin Karirmu Naik Level? Perluas Kapasitasmu Dengan Gunakan 4 Cara Belajar Ini, Yuk

3. Aplikasikan informasi tersebut

Kita bisa melakukan sesuatu berdasarkan sebuah pertanyaan kritis yang ditanyakan pada diri sendiri. Saat menghadapi sebuah pilihan, tanyakan kembali pada diri sendiri mengenai hal-hal ini;

  • Konsep mana yang paling sesuai dengan saya?
  • Atas dasar apa yang membuat kita harus memilih A atau B?
  • Apakah penafsiran kita terhadap informasi tersebut terdengar logis?

Sebagai contoh, ketika kita menerima sebuah sms yang berisi kita memenangkan lotre senilai 100 juta rupiah, kita harus mulai mempertanyakan, "apa pendekatan kita terhadap situasi ini? Apakah pengirim sms ini mengatakan hal yang sejujurnya? Apakah terdengar logis kalau aku menerima 100 juta hanya melalui sebuah sms dari nomor tertentu?"

4.  Pertimbangkan hal-hal lain yang berkaitan

Coba bayangkan saat kita memilih seorang presiden berdasarkan janjinya bahwa ia akan menurunkan harga bahan bakar. Memang awalnya akan terdengar menguntungkan. Tetapi kalau dilihat dalam jangka panjang, murahnya bahan bakar dapat memicu polusi udara yang jauh lebih banyak lagi karena ada banyak orang yang jauh memilih menggunakan kendaraan sendiri dibandingkan kendaraan umum. Pikirkan hal-hal yang terlibat jika dalam setiap pilihan kita sebagai bahan pertimbangan dapat membuat kita mendapatkan sebuah keputusan terbaik.   

5. Cari tahu sudut pandang orang lain

Sudut pandang orang lain dapat membuat kita mengeksplorasi alternatif-alternatif pilihan lainnya sekaligus mengevaluasi pilihan kita sehingga kita bisa mendapatkan sebuah keputusan yang terbaik. Mulai sekarang, cobalah untuk belajar mendengarkan orang lain. Karena dari mereka, kita bisa memperoleh informasi yang lebih mengenai keputusan yang akan kita pilih.

Tentu saja, lima cara diatas hanyalah sedikit dari banyaknya cara kita menjadi kritis saat dihadapkan pada pilihan. Satu hal yang pasti adalah selalu bertanya kepada Tuhan apakah pilihan yang akan kita ambil ini akan menyenangkan hatiNya. 

Sumber : ted

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Antonius Adi 21 May 2019 - 18:03:50

Halo selamt mlm, sy ada permasalahan, apakah bs di.. more..

1 Answer

Nicholas Mattheus 21 May 2019 - 14:37:53

Tunduk

0 Answer

Niketut Blegur 19 May 2019 - 22:01:49

menurut perjanjian lama kurban dibagi menjadi 2 ya.. more..

0 Answer


Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Kopdar Superyouth


7247

Testify20