Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1277


Dalam hidup ini, kita butuh kekuatan lebih dari sekadar kemauan saja. Adapun kekuatan yang kita punya asalnya dari Tuhan.

Buah Roh adalah kualitas yang Tuhan sediakan dalam hidup kita saat Roh Kudus berdiam dalam hati kita. Buah Roh itu terdiri dari kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.

Bagaimana Allah mencurahkan buah ini di dalam hidup kita? Hal ini pun bukan karena kemauan kita sendiri. Kita tidak datang dan berkata, “Aku akan jadi orang yang lebih sabar!” Hal itu tak akan pernah berhasil.

Sesuatu yang kita inginkan supaya terjadi dalam hidup kita gak akan terjadi kalau hanya diucapkan. Buahnya hanya akan muncul secara alamiah dari dalam, dengan catatan kalau Roh Kudus Tuhan bekerja di dalam kita.

Baca Juga :

Perkenalkan Namanya ‘Roh Kudus’, Dia Adalah Pribadi Penolong Kita

Roh Kudus Siap Mengamplas Kita Untuk Memiliki Hati Seorang Hamba

Bagaimana Roh Kudus bekerja dalam hidup kita? Dalam 2 Korintus 3: 18 dikatakan, “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”

Saat Tuhan menciptakan jamur, Dia butuh waktu enam jam untuk melakukannya. Saat Tuhan ingin membuat pohon oak, Dia butuh waktu 60 tahun untuk menciptakannya. Pertanyaannya adalah ‘Apakah kamu mau hidup seperti jamur atau pohon oak?’

Kita bahkan gak mengumpulkan rasa sakit dan kebiasaan kita dalam waktu semalam. Kita butuh waktu lama untuk mengalami beragam kondisi.

Contoh sederhananya, ada seseorang yang bertanya tentang masalah pernikahannya. “Aku mau menyelesaikan masalah pernikahanku, bagaimana caranya?” tanyanya.

Dia sudah menikah selama 15 tahun. Tapi masalah dalam pernikahannya sudah terjadi selama 10 tahun belakangan. Apakah masalah itu bisa diselesaikan dengan jawaban lima detik? Sama sekali tak akan terjadi! Karena masalah hanya akan selesai kalau mereka menyelesaikannya satu per satu.

Roh Kudus bekerja di dalam kita untuk membuat kita serupa seperti Dia. Karakter kita mencerminkan kebiasaan kita. Saat kita tahu bahwa sebagai pribadi yang sudah hidup dan percaya di dalam Tuhan dan pribadi yang mengaku sudah menerima Roh Kudus, sudah jadi tanggung jawab kita untuk memulai kebiasaan baru yang membantu kita untuk berubah.

Perubahan kita tidak ditentukan oleh kata-kata motivasi dari pendeta atau nasihat dari pemimpin rohani. Tapi perubahan itu akan terjadi kalau kita sendiri mau membiasakan diri untuk mengubah hal-hal yang tidak baik dari hidup kita. Untuk itulah kita butuh Roh Kudus sebagai penuntun, pengingat dan pemberi arahan.

Kita butuh Roh Kudus untuk membawa kita kepada perjalanan baru bersama Tuhan dan seiring dengan perjalanan itu, kita bisa menghasilkan buah yang baik untuk bisa dirasakan dan dicicipi oleh orang lain.

“Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.” (Efesus 4: 21-24)

Sumber : Disadur dari tulisan Rick Warren/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week 2


7227

advertise with us