Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
442


Udah berusaha segiat mungkin untuk menurunkan berat badan, namun tetap tak turun juga, dalam hal ini kadang kita merasa sangat frustasi, bukan? Menimbulkan pertanyaan dan kesal karena apa yang kita lakukan sepertinya sia-sia.

Meningkatnya berat badan kadang bisa menjadi efek samping dari sejumlah kondisi kesehatan yang kita miliki dan kita tidak sadari lho!

Dikutip dari Cheatsheet, dibawah ini adalah beberapa penyakit yang mungkin kita idap tanpa disadari. Sangat disarankan untuk kamu pergi ke dokter memeriksakan diri :

1.  Hypothyroidism

Kelenjar tiroid kamu dan hormon yang dihasilkannya bisa mengontrol metabolisme tubuhmu.

Menurut Mayo Clinic, ketika kelenjar tiroid berhenti memproduksi hormon tiroid yang cukup maka inilah yang disebut hipotiroidisme, yang menyebabkan kita sering merasa kelelahan dan mengalami kenaikan berat badan.

Gejala ini bisa terjadi ketika dalam kondisi depresi. Jadi, periksakanlah ke dokter untuk mengetahui kadar  hormon kamu dan mendiagnosis dan membantu kamu untuk menyingkirkan masalah tiroid ini.

Meskipun sampai sekarang belum ada obat untuk hipotiroidisme, minimal dokter akan meresepkan obat oral yang bisa membantu kondisi hormon tiroid tetap normal sehingga metabolisme tubuhmu bisa kembali normal.

2. Sidrom Ovarium Polikistik

Sama halnya dengan hipotiroidisme, sidrom ovarium polikistik ini juga merupakan kondisi kesehatan yang disebabkan oleh karena ketidakseimbangan hormon.

Mayo klinik mengatakan wanita setidaknya harus memiliki dua dari gejala ini seperti datang bulan tidak teratur dan kista ovarium untuk dapat menerima diagnosis PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

PCOS inilah yang akhirnya bikin berat badan wanita menjadi semakin naik, dan gejala semakin memburuk.

Kalau kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur, dan berat badan kamu naik dengan tidak jelas, maka kita sarankan untuk segera pergi ke dokter. Periksalah dan mereka akan merekomendasikan gaya hidup atau mungkin meresepkan obat yang bisa membantu kita mengelola gejala tersebut.

3. Sidrom usus yang teriritasi

Kalau kamu terus menerus merasa kembung dan mengalami sakit perut, atau mungkin kamu mengalami perubahan seperti kebiasaan buang air besar, maka kamu bisa saja sedang mengalami sidrom iritasi usus besar.

Menurut Healthline, penyakit ini adalah gangguan yang sebenarnya tidak menyebabkan kerusakan fisik, tapi sering menyebabkan rasa sakit dan nggak nyaman.

Gejala ini akan bikin hari-hari kita merasa tidak sehat, dan makan lebih sedikit. Atau mungkin kamu bisa makan lebih banyak sehingga kamu mengalami kenaikan berat badan

Livestrong.com merekomendasikan agar kita memakan makanan yang memiliki serat tinggi serta olahraga agar penyakit ini reda.

Selain itu, kita juga harus menghindari daging merah dan kafein. Nah, mengelola gejala ini akan bikin kita terhindar dari naiknya berat badan .

Semua orang bisa mengalami kenaikan berat badan, tetapi jika proses naiknya berat badan kamu serasa tidak normal, sebaiknya langsung waspadai dan konsultasi dengan dokter.

Sebagai orang Kristen, tidak apa-apa jika kita percaya bahwa kita akan sehat-sehat, sekalipun kita mengalami kenaikan badan tidak normal, tetapi kita juga perlu bijak dan harus mengetahui apakah kita baik-baik saja secara kedokteran atau tidak.

BACA JUGA ARTIKEL INI Setelah Beraktivitas Seharian Penuh, Perawatan Sederhana Ini Bikin Tidur Jadi Enak

Jangan anggap remeh dengan kesehatanmu ya! Tuhan memang sanggup menyembuhkan tetapi kita juga harus tahu berusaha mencegah atau mengobatinya. Yuk, periksakan kesehatanmu sekarang!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer

ceven lodiko 14 October 2018 - 09:31:31

Gms

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7269

advertise with us