Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
453


Pernah gak sih kamu ada dalam kondisi dimana kamu ngerasa gak pernah kenyang dan mulut gak berhenti ngemil? Ternyata kondisi ini disebabkan sama pola makan kita loh! Semakin banyak kalori yang kita makan, semakin sering pula kita merasa lapar. Kog gitu?

Jawabannya adalah, kalori yang masuk dalam tubuh cenderung membuat kita kehilangan kadar gula darah. Saat kadar gula darah makin rendah, otak kita akan terpicu untuk makan. Otak butuh sejumlah glukosa (gula darah) sebagai bahan bakar untuk melakukan fungsinya.

Baca Juga:

Rasa Lapar Ternyata Bukan Hanya Karena Butuh Makan Loh, Ini 3 Penyebab Lainnya

6 Cara Praktis Kurangi Ngemil Berlebihan

Tahukah kamu kalau ternyata sekitar 70% glukosa darah berfungsi untuk menjaga diri dan sekitar 3% nya untuk menyeimbangkan berat badan.

Jadi, sewaktu kadar gula darah rendah, otak akan mengirimkan sinyal. Itu sebabnya, kamu mungkin bisa merasa kesal atau kalut mental. Selain itu, kamu juga bisa merasa lebih lapar.

Saat dalam kondisi ini kebanyakan orang pasti akan memilih untuk mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti kue, snack jagung, minuman ringan atau permen. Semakin cepat otak diberi makan, semakin cepat pula otak akan merasa lebih baik.

Membiasakan diri dengan pola makan ini, tanpa sadar hanya akan membuat tubuh kekurangan gula darah karena makanan yang mengandung karbohidrat itu hanya akan menyebabkan peningkatan hormon insulin yang berfungsi mengatur kadar glukosa darah.

Tingginya hormon insulin yang diproduksi dalam tubuhlah yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Kelebihan lemak ini tentu saja bukan cuma buruk, tapi juga bisa menyebabkan peradangan.

Lalu apa sih cara sehat yang bisa kita dilakukan untuk mencegah kebiasaan suka ngemil karena mudah merasa lapar?

Ada dua cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini:

Pertama, aturlah pola makanmu. Kamu bisa melakukannya dengan menyusun pola makan setiap hari. Misalnya, memilih sarapan, makan siang dan makan dengan menu yang nutrisinya yang seimbang. Langkah ini penting sekali dicoba selama 20-40 hari pertama.

Kedua, konsumsilah makanan yang mengandung omega 3. Cara sehat lain yang bisa dilakukan untuk memberi makan otak dan mengontrol hormon insulin dalam darah adalah mengkonsumsi minyak ikan cod. Minyak ikan kaya akan omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan juga membantu menurunkan peradangan dalam tubuh.

Cobalah untuk mengkonsumsi omega 3 setiap hari. Selain dari minyak ikan, kandungan nutrisi ini juga banyak ditemukan pada kacang atau biji rami. Tapi bagi kamu yang ingin mengkonsumsinya dengan cara yang lebih praktis bisa mendapatkannya dalam bentuk kapsul yang banyak dijual di toko obat.

Nah, cobalah melakukan dua cara di atas setidaknya selama sebulan pertama. Kamu pasti akan mengalami perubahan dalam pola makanmu. 

Sumber : Charismamag.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week 2


7227

Superyouth