Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
410


Telur adalah salah satu alternatif makanan yang murah dan gampang diolah. Telur pun sering dijadikan sebagai lauk untuk sarapan, entah di dadar, dicampur nasi goreng atau diolah jadi omelet dengan sayuran.

Meski begitu para ahli kesehatan tetap memperingatkan tentang efek negatif telur jika dikonsumsi terlalu sering. Ada banyak penderita penyakit yang disebabkan oleh telur diantaranya adalah penyakit jantung dan juga kolesterol tinggi.

Tapi kabar baiknya, baru-baru ini dokter dan ahli nutrisi mengklaim bahwa telur kaya dengan kandungan vitamin, mineral dan protein. Bahkan mereka membuktikan bahwa telur sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan jantung.

Pertanyaannya, bisakah telur dikonsumsi setiap hari? Peter Schulman, MD, seorang kardologi dan profesor medis dari Universitas Connecticut menyampaikan beberapa fakta ini:

Pertama, telur bisa sebabkan kolesterol, tapi hal ini bukanlah hal yang terlalu buruk bagi kesehatan.

Telur memang mengandung kolesterol paling tinggi dibanding makanan lainnya. Di masa lalu, telur bahkan dianggap sama berbahayanya dengan merokok.

“Sekarang kita tahu bahwa penyebab peningkatkan kolesterol adalah lemak jenuh dalam makanan yang dikonsumsi dan bukan tingginya kolesterol dalam makanana. Saat kita mengkonsumsi kolesterol, zat ini akan dipecah di usus. Kolesterol sendiri tidak diserap sepenuhnya di dalam tubuh,” kata Dr. Schulman.

Meskipun mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol bisa meningkatkan kadar kolesterol seseorang. Tapi dia menyampaikan supaya kita juga mempertimbangkan bahwa rasio kolesterol buruk (LDL) hanya akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).


Kedua, mengkonsumsi telur tidak ada kaitannya dengan penyakit jantung

Para ilmuwan menyampaikan bahwa telur bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Peneliti juga menyampaikan bahwa mereka yang mengkonsumsi telur tidak lebih buruk daripada mereka yang tidak mengkonsumsi telur.

Tapi penelitian yang dilakukan beberapa tahun belakangan ini membuktikan kalau kebiasaan makan telur tiap hari sama sekali tak berkaitan dengan penyakit jantung.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Heart menunjukkan bahwa makan telur justru memiliki efek perlindungan. Mereka yang memakan sebutir telur setiap hari ditemukan memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung dan risiko kematian sebesar 18% lebih rendah. Mereka sembilan tahun lebih panjang umur dari orang yang tidak makan telur. Selain itu, mereka juga mengalami risiko stroke hemoragik 26% lebih rendah.

Baca Juga :

Suka Campur Susu Waktu Masak Telur Orak Arik? Justru Salah Besar Kalau Tahu Alasan Ini

Cara Mudah Memilih Telur Segar dan Berkualitas

Ketiga, telur kaya akan nutrisi dan protein

Ada banyak alasan bagi kita untuk rajin mengkonsumsi telur, diantaranya bahwa telur kaya akan vitamin E, lutein, selenium dan folat yang baik untuk kesehatan otak, penglihatan dan peradangan pada tubuh. Telur juga mengandung protein (sekitar 6 gram per butir) yang berfungsi untuk membantu menghilangkan rasa lapar dan membuat perut tetap merasa kenyang selama berjam-jam.

“Kalau ada orang yang hendak menurunkan berat badan, yang paling penting adalah makan sarapan yang baik. Kalau kamu makan sarapan yang tinggi karbohidrat dan tanpa protein, kamu hanya akan cepat lapar,” terang Dr. Schulman.

Jika ingin lebih sehat lagi, kita bisa menikmati sarapan berkarbohidrat tinggi (seperti oatmeal) dan menambahkan satu atau dua butir telur. Telur juga mengandung sekitar 70 kalori per butirnya. Hal ini tergantung pad acara penyimpanannya.

Selain itu dia juga menyarankan untuk mengkonsumsi telur yang direbus. Karena pilihan ini jauh lebih sehat dibanding dengan telur yang didada. Atau telur bisa dimasak dalam panci dengan sedikit minyak zaitun. “Hindari untuk menambahkan mentega,” katanya.

Selain itu, Dr. Schulman juga menyarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi hidangan telur yang dibeli dari restoran. Karena bisa jadi porsinya akan jauh lebih besar dan teknik memasaknya yang kurang sehat.

Terakhir, dia memberi tips menyimpan telur yang baik supaya tak mudah rusak. Cara terbaik yang dianjurkan adalah dengan menyimpannya jauh dari tepung roti. 

Sumber : Health.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

johny santoso 18 June 2018 - 14:02:48

perceraian

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7436

advertise with us