Cara Mudah Memilih Telur Segar dan Berkualitas
Sumber: Fhm.co.id

Entertainment / 19 March 2015

Kalangan Sendiri

Cara Mudah Memilih Telur Segar dan Berkualitas

Lori Official Writer
8720
Benarkah telur dengan ukuran lebih besar dijamin berkualitas lebih baik? Banyak orang yang keliru dengan hal ini, karena ukuran telur tidak menentukan kondisi di dalamnya.

Ternyata, memilih telur sebelum memutuskan untuk membelinya memerlukan keahlian atau cara tersendiri, seperti diuraikan berikut ini.

1. Pilihlah yang berukuran sedang/kecil

Ukuran telur yang besar, bisa jadi memiliki cangkang yang lebih tipis sehingga mudah ditembus oleh bakteri dan kuman. Sedang telur yang lebih kecil akan cenderung memiliki cangkang yang lebih tebal.

2. Pilih telur yang bersih dan tidak retak

Telur yang baik dan berkualitas dapat dinilai dari kondisi kulitnya. Telur yang retak dikhawatirkan dapat menjadi celah bagi bakteri Salmonella masuk ke dalam telur. Pilihlah telur dengan kondisi cangkang yang bersih dan mulus.

3. Telur digoyang-goyang

Sebelum yakin dengan kondisi telur, ambil telur lalu goyang-goyang terlebih dahulu sdi dekat telinga Anda. Jika telur mengeluarkan suara atau kulit telur yang bergoyang maka telur dipastikan sudah tidak baik. Sebaliknya, jika tidak mengeluarkan suara maka dipastikan telur masih segar dan baik.

4. Teropong telur

Cara yang tak kalah sederhana untuk melihat kualitas telur adalah dengan menggunakan teropong telur. Teropong ini etrbuat dari tripleks yang dibentuk menyerupai kotak dan diberi lampu di dalamnya. Kotak ini kemudian diberi dua lubang di atasnya untuk mengintip telur. Teropong telur yang dimasukkan dalam kotak dengan lampu. Jika terlunya tidak jernih pertanda telur sudah tak lagi segar.

5. Rendam dengan air dingin

Berbeda dengan langkah sebelumnya, yang satu ini berfungsi untuk mengetahui sampai kapan telur bisa bertahan. Anda bisa mencoba hal ini dengan merendam telur dalam air dingin, kemudian amati telur jika terlihat miring maka telur sudah berusia 3 hari. Sedang jika telur berdiri atau tegak maka telur baru diproduksi sekitar 10 hari. Tetapi jika posisinya sudah mengapung berarti telur sudah rusak dan busuk.

Sebagai salah satu bahan makanan yang wajib ada di rumah, sangat baik bila setelah dibeli telur disimpan di tempat dingin  agar telur tetap segar dan terhindar dari bakteri.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami