Hindari Gigit Jari Di Akhir Bulan. Anak Kosan Wajib Tahu Soal Ini Biar Dompet Tetep Tebel!

Finance / 22 May 2018

Kalangan Sendiri

Hindari Gigit Jari Di Akhir Bulan. Anak Kosan Wajib Tahu Soal Ini Biar Dompet Tetep Tebel!

Naomii Simbolon Official Writer
2865

Bicara soal keuangan, biasanya kita sangat sulit bersyukur dan mengucapkan "terima kasih” kepada Tuhan.

Sebagian dari kita pasti suka mengeluh dan berkata secara tidak langsung bahwa keuangan kita selalu memburuk.

Apakah kamu salah satunya?

Memang sih, untuk segala sesuatu akan terlihat buruk dan menyedihkan jika kita lupa untuk mengucap syukur .

Pas baru-baru merantau, beberapa kali saya selalu meminta bantuan kepada saudara dan juga orangtua. Karena jujur, saya sulit sekali mengatur keuangan. Orangtua saya selalu berkata "jangan ikuti dunia, biarkan dunia mengikutimu. Uang akan habis kalau terus-terusan dipaksa keluar di tempat yang tidak seharusnya."

Kalau di pikir-pikir, mama benar banget.

BACA JUGA ARTIKEL INI : May 15th, 2018 Pengen Buka Bisnis Sendiri Sesuai Keahlian? Yuk, Ikuti 5 Kiat Ini Untuk Memulainya

Sering sekali, kita tergiur dengan tawaran diskon dan gaya hidup disekitar kita sehingga kita lupa dan bablas mengeluarkan uang dari saku, dan pas akhir bulan seperti sekarang ini, kita mulai gigit jari, cari pinjaman bahkan minta ke orang tua. Duh!

Masa sih anak Tuhan melulu berhutang dan minta-minta ke orang tua padahal udah kerja? Ini bukan untuk kamu saja, tetapi untuk aku juga!

Nah, dikutip dari FirstThing, dibawah ini ada beberapa cara biar anak kosan nggak gigit jari di akhir bulan. Yuk ikuti!

1. Belajar masak dong, terus bawa bekal ke kantor deh!


Kadang-kadang sih memang malas. Mulai dari malas bangun tidur hingga malas pergi belanja ke pasar.

Tapi kalau mau irit memang harus berani berkorban, salah satunya berkorban bangun pagi-pagi untuk masak atau berkorban mencium aroma pasar yang mungkin tidak kamu sukai.

Jangan coba-coba belanja ke mall kalau mau irit ya! Karena pasar jauh lebih murah daripada mall.

Nah, dengan memasak dan bawa bekal ke kantor maka uang kamu akan irit kan?

Bayangkan saja jika sehari kamu makan siang 15 ribu itu artinya selama sebulan kamu akan menghabiskan uang sekitar : 15 x 22hari = 330 ribuan dan kamu bisa hemat 50 persen jika masak dan bawa bekal dari rumah lho! Selain itu, masak di rumah jauh lebih sehat dibanding harus beli diluar, dan kamu  juga bisa belajar menciptakan menu-menu baru. Istri atau suami idaman harus bisa diandalin lho, apalagi soal memasak!

2. Coba cari side job, biar lebih produktif dan banyak pengalaman


Generasi Millenial zaman now, seharusnya ahli dalam soal teknologi bukan sih? Harus update dan jauh lebih produktif.

Jangan mau lipat tangan dan bermalas-malasan dirumah saja dong!

Sebagai orang Kristen, kita harus berani meng-upgrade diri, salah satunya dengan cari side job.

Tapi cari side job yang nggak menganggu pekerjaan utama kamu ya, dan sesuai dengan hobi kamu.

Misalnya, kalau kamu suka menulis, jadilah kontributor sebuah website, atau berani melemparkan tulisan ke majalah, bahkan kamu bisa bergabung dalam sebuah agency yang terima freelance penulis.

Kalau kamu suka make up, cari side-job make up artis atau anak-anak kecil, bergabunglah dengan sebuah sanggar tari atau komunitas yang membutuhkan hobi dan keahlian kamu.

Nah, dengan punya side job, kamu bisa jauh lebih produktif dan mendapat uang tambahan. Kalau kamu bisa lebih hemat, itu artinya kamu bisa menabung kan? Terus, pas akhir bulan kamu tetap ada uang pegangan.

3. Jangan pernah pergi ke mall kalau cuma lihat-lihat doang. Apalagi bagi kamu yang suka shoping.


Tahu nggak sih, sebagai anak Tuhan kita diciptakan untuk memberkati orang lain. Salah satunya dengan memberi, bisa memberi pertolongan, tenaga bahkan uang.

Daripada kamu ke mall hanya untuk iseng karena bosan di kosan, terus ujung-ujungnya tergiur diskonan, mending uangnya kamu simpan dan bergabung dalam sebuah kegiatan sosial atau komunitas dimana uang kamu bisa ditabur dengan tepat.

Kalau kamu mau mendapatkan buah dari sebuah benih, kamu harus tabur benihnya dulu. Tapi ingat, tabur di tanah yang subur ya.

Begitu juga, kalau kamu mau keuangan kamu diberkati, jangan menabur di mall atau di toko baju, tetapi taburlah di tanah yang subur yang memuliakan nama Tuhan Sang Sumber.

Sebagai anak Tuhan, kita harus bijak. Jangan melulu menyenangkan kedagingan kita tanpa memikirkan hari kedepan ya!

Nah, itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bahkan bisa menghemat keuangan kamu. Apapun yang ada di muka bumi ini harusnya berada di bawah kuasa kita, karena Allah sudah memberikan otoritas itu untuk kita. Salah satunya soal mengatur keuangan! So, silahkan dilakukan ya. Semoga dengan cara ini, keuangan kamu jauh lebih membaik! Tuhan Yesus Memberkati.

 

Sumber : firstthing/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami