Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Gembala yang Baik Tak Pernah Meninggalkan DombaNya, Tahukah Kamu Siapa Dia? Sumber :

21 May 2018

 1109
[Daily Devotional]

Gembala yang Baik Tak Pernah Meninggalkan DombaNya, Tahukah Kamu Siapa Dia?

Mazmur 23: 1-3

TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 141; Yohanes 1; 2 Samuel 9-10

Kita sering kali mendapati ayat yang berkata bahwa Yesus adalah gembala kita. Salah satu kitab yang menyebutkan hal ini tertulis dalam Mazmur 23: 1-4, “TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”

Sayangnya dalam budaya saat ini, istilah ‘gembala’ adalah sesuatu yang sulit dipahami.

Tapi suatu hari aku mulai memahami hal ini setelah Yesus berpesan bahwa kita adalah domba dan Dia adalah gembala.

Aku ingat saat suatu kali keluarga kami pergi dengan kendaraan ATV di dekat rumah kami. Itu adalah pengalaman pertamaku. Jadi, aku berada di ATV yang dikendarai ayah. Itu adalah perjalanan yang menyenangkan dan menikmati hari yang indah.

Kami mendaki bukit setidaknya satu jam dan tiba ke lembah kecil. Ayahku mulai melambat dan aku melihat sekelilingnya untuk mencari tahu. Aku tersentak dan menyusut kembali pada apa yang kulihat.

Kotoran domba ada dimana-mana. Sepasang mata domba kurus keronta menatapku hampa. Ada banyak sekali tulang belulang berserakan. Sebagian tulang tersebut masih diselubungi oleh bulu. Aku memperhatikan gerakan di depanku dan menyadari seekor domba mengangkat kepalanya. Beberapa diantaranya ternyata masih hidup.

Hatiku tersentuh karena keputusasaan yang dialami domba-domba ini. Mereka nyaris mati, burung gagak bahkan mematuknya.

Bagaimana aku akan menyelamatkan dan membawa domba itu keluar dari tempat ini! Dia bukan domba mati seperti banyak domba lain di lembah ini. Tapi aku sama sekali tak bisa berbuat apa-apa.

Domba-domba itu lalu menundukkan kepalanya kembali. “Ayah. Apa yang salah dengan mereka,” tanyaku.

“Itu adalah tempat domba-domba yang sakit. Para gembala membawa mereka ke sini untuk menunggu kematiannya,” jawab ayah.

Hatiku terasa hancur. Kenapa gembala dari domba-domba ini meninggalkan mereka? Kenapa mereka dibiarkan mati begitu saja? Tindakan itu benar-benar kejam.

Saat kami keluar, aku menggenggam erat sebuah rak kargo dan berdoa, “Tuhan sekrang aku tahu yang Engkau maksud dengan ‘bayangan lembah kematian’ yang Engkau sampaikan di Mazmur. Aku baru saja melewatinya.”

Pernahkah kamu menemukan diri di tempat seperti ini, tanpa harapan? Alkitab menyampaikan kalau kita ibarat domba-domba yang hilang, sekarat dan butuh pertolongan. Domba yang butuh seorang juruslamat. Bbukan seperti gembala dari domba-domba di lembah itu, gembala kita tidak pernah meninggalkan kita saat kita mengalami masa-masa paling gelap, terendah atau saat paling menakutkan. Sebaliknya, Dia menyertai kita (Mazmur 23: 4) dan di versi Alkitab yang lain berkata kalau Dia selalu dekat dengan kita. Dia tidak meninggalkan kita untuk mati di lembah kekelaman. Sebaliknya, Dia mencari kita.

“Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.” (Yesaya 40: 11)

Dia adalah gembala yang baik, yang memberi makan kawanan dombaNya. Dia menggendong dombaNya dan menjaga mereka. Gembala yang baik akan membebaskan dombaNya, yaitu kita, dari lembah.

Jadi, ajaklah sang gembala untuk masuk ke dalam hidupmu.

 

Hak cipta Elizabeth Veldboom, diterjemahkan dari Cbn.com

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

johny santoso 18 June 2018 - 14:02:48

perceraian

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7436

advertise with us