Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
969


Dewasa ini kita sudah mulai sanggat jarang menemukan sebuah keluarga yang membiasakan makan malam bersama. Kebanyakan alasan dari mereka adalah kesibukan oleh masing-masing anggota keluarga. Sehingga lambat laun tradisi ini sangat sulit untuk dipertahankan.

Makan malam tidak hanya sekadar membuat perut kenyang terisi, tetapi juga dapat membangun sebuah hubungan yang lebih baik antara anggota keluarga. Kali ini, beberapa penelitian dibawah ini akan membahas mengenai 4 alasan kenapa makan malam bersama keluarga sangatlah penting bagi seluruh anggota keluarga.

1. Menurunkan resiko kebiasaan-kebiasaan buruk

Kebiasaan makan bersama keluarga dapat menurunkan tingkat depresi yang dialami oleh masing-masing anggota keluarga. Sekaligus  juga membuat mereka bisa menjaga diri dari dorongan-dorongan kebiasaan buruk seperti mabuk-mabukan.

Makan malam dapat membangun sebuah kedekatan antara anggota keluarga, kebiasaan ini mendorong kita untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan seluruh anggota keluarga. Dilansir dari Columbia University's National Center tentang ketergantungan dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang, remaja  yang memiliki kebiasaan makan bersama keluarga (lima sampai 7 kali per minggu) memiliki kecenderungan untuk menjauhi alkohol dan obat-obatan terlarang jika dibandingkan dengan remaja yang menjalani kebiasaan ini kurang dari 3 kali dalam seminggu.

"Remaja yang mengaku jarang menghabiskan waktu untuk makan bersama keluarga memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk memiliki kebiasaan mabuk dan 1,5 kali lebih mungkin memakai obat-obatan terlarang dibandingkan dengan mereka yang sering menghabiskan waktu bersama keluarga untuk makan," terang penelitian tersebut.

Baca juga: Jangan Lagi Ada Kasus Good Friend, Inilah Batasan Pertemanan Setelah Menikah

2. Mendorong anak memiliki performa lebih baik secara akademik

Ditulis oleh Anne Fishel, seorang dosen psikologi dan penulis Home for Dinner, "Peneliti menemukan bahwa bagi anak-anak, percakapan yang ada waktu makan bersama dapat meningkatkan perbendaharaan kata lebih baik daripada membacakan sebuah cerita kepada mereka.

Kosakata yang didapatkan atau didengar di meja makan dapat membantu mereka dalam membaca nantinya. Dan ketika anak-anak nanti tumbuh besar, hal ini dapat meningkatkan performa akademisnya."

Dalam bukunya juga ia menuliskan kalau salah satu faktor anak-anak memperoleh hasil akademik yang lebih kuat adalah komunikasi intens yang dibangun oleh setiap anggota keluarga.

3. Menurunkan resiko obesitas dan kelainan makan lainnya

Makan malam keluarga menjadi sebuah peluang dalam mendisiplinkan setiap anggota keluarga. Salah satu tindakan disiplinnya adalah dalam hal pola makan. Dengan adanya kebiasaan ini, kita bisa tahu nutrisi yang masuk dan dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga yang biasanya jauh lebih sehat dibandingkan makan diluar.

Baca juga: Pejuang LDR, Saat Doi Melakukan 6 Tanda Ini, Persiapkan Hati Buat Kemungkinan Terburuk

4. Meningkatkan self-esteem dan mampu berinteraksi dengan baik terhadap orang lain

Penelitian yang dikemukakan oleh Emory University mengungkapkan kalau anggota keluarga yang secara rutin makan bersama memiliki self esteem yang lebih tinggi sekaligus memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain jauh lebih baik.

Kita bisa melihat kalau dari meja makan, kita bisa membahas jauh lebih banyak tentang sejarah keluarga. Perkenalan ini kemudian menjadi dorongan bagi diri mereka untuk mengenal siapa mereka lebih baik lagi. Hal ini dapat membuat mereka memiliki ketahanan yang menuntun mereka pada kebiasaan-kebiasaan buruk.

Keajaiban yang terjadi bukan karena makanan yang kita santap, tetapi percakapan dan komunikasi yang tercipta saat makan. Meskipun tidak ada yang bisa menjamin kalau masalah tidak akan timbul ketika kita menerapkan kebiasaan ini, setidaknya kebiasaan makan malam bersama dapat membuat kita lebih peka terhadap hal yang terjadi pada seluruh anggota keluarga.

 

Sumber : purewow.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us